Efek-efek Komunikasi Massa yang Terjadi Pada Komunikan - Analisis - www.indonesiana.id
x

Picture From: https://pin.it/1PeGAF6

Muhammad Raynaldi Fauzy

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 11 Januari 2022

Kamis, 13 Januari 2022 06:18 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Efek-efek Komunikasi Massa yang Terjadi Pada Komunikan

    Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan tentang efek-efek yang terjadi dari komunikasi massa

    Dibaca : 299 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Muhammad Raynaldi Fauzy - Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka - Ilmu Komunikasi

    Pengertian Komunikasi & Komunikasi Massa

    Komunikasi merupakan aktivitas antar sesama manusia untuk menyampaikan sebuah pesan. Komunikasi adalah hal yang sangat melekat pada diri manusia. Sebagai makhluk sosial manusia memerlukan komunikasi dengan manusia lainnya untuk membentuk suatu hubungan satu sama lain dalam kehidupan sehari-hari.

    Sedangkan komunikasi massa merupakan suatu upaya atau kegiatan untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat luas atau kepada publik yang bisa disampaikan menggunakan media massa, seperti media cetak, media elektronik, siaran radio atau televisi, dan menggunakan media online.

    Media massa yang biasa digunakan untuk melakukan komunikasi massa diantaranya ada media cetak berupa koran atau majalah. Kemudian ada media elektronik seperti radio dan televisi. Lalu pada masa modern seperti sekarang ini komunikasi massa dapat dilakukan melalui media online seperti Instagram, youtube, dan banyak media online lainnya.

    Komunikasi massa bersifat terbuka terhadap masyarakat luas yang berbeda-beda baik dari segi umur, pekerjaan, maupun kebutuhan. Komunikasi massa juga bersifat umum hal ini dikarenakan pesan yang disampaikan lewat komunikasi massa tertuju kepada masyarakat luas. Pesan-pesan yang disampaikan melalui komunikasi massa berupa fakta yang bersifat penting dan menarik karena ditujukan untuk masyarakat luas.

    Secara umum, komunikasi massa berfungsi untuk menyampaikan informasi serta bisa juga untuk menyampaikan hiburan. Selain itu komunikasi massa juga bisa digunakan sebagai media dakwah seperti ceramah secara tidak langsung atau menggunakan media massa sehingga bisa menjangkau masyarakat secara lebih luas dan efektif.

    Efek-Efek Dalam Komunikasi Massa

    Dalam melakukan komunikasi massa juga terdapat efek-efek dari komunikasi massa di dalamnya. Efek dalam komunikasi massa yaitu dampak atau respon yang terjadi dari seseorang yang menerima pesan yang disampaikan melalui komunikasi massa atau menggunakan media massa. Efek-efek yang terdapat dalam komunikasi massa diantaranya adalah, efek kognitif, efek afektif, dan efek behavioral.

    Menurut Donald K. Robert, efek hanyalah perubahan perilaku manusia setelah diterpa pesan media massa”. Oleh karena fokusnya pesan, maka efek harus berkaitan dengan pesan yang disampaikan media massa (Ardianto, 2004:48).

    Efek Kognitif

    Efek kognitif yaitu merupakan efek yang berhubungan dengan pengetahuan atau informasi yang diterima oleh komunikan atau penerima pesan dalam komunikasi massa. Efek kognitif membahas tentang bagaimana komunikan atau penerima pesan dapat menangkap, mengerti, serta mempelajari informasi yang bermanfaat dari media massa.

    Efek Afektif

    Jika dibandingkan dengan efek kognitif, efek afektif pada komunikasi massa memiliki level yang lebih tinggi daripada efek kognitif. Efek afektif berhubungan dengan perasaan, emosi, dan sikap yang terjadi setelah menerima pesan-pesan atau informasi dari media massa. Fungsi media massa pada komunikasi massa tidak hanya menyampaikan pesan atau informasi kepada masyarakat luas. Melainkan setelah menyampaikan pesan atau informasi, masyarakat luas dapat memahami serta merasakan pesan atau informasi yang disampaikan. Beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya efek afektif diantaranya yaitu, suasana emosional, skema kognitif, dan situasi terpaan.

    Suasana emosional yaitu merupakan respon kita terhadap informasi atau pesan yang diterima oleh komunikan, komunikan akan merasakan pesan tersebut dengan perasaan emosional yang terdapat pada dirinya.

    Skema kognitif yaitu merupakan sebuah pemikiran komunikan yang menjelaskan tentang pesan atau informasi yang diterimanya.

    Situasi terpaan merupakan kondisi dimana komunikan menerima pesan atau informasi dalam situasi atau kondisi sekitarnya yang sesuai dengan pesan atau informasi yang diterimanya.

    Efek Behavioral

    Efek behavioral merupakan respon yang timbul pada diri komunikan dalam bentuk perilaku, tindakan, atau kegiatan. Setelah komunikan menerima sebuah pesan atau informasi pada media massa, lalu komunikan telah mengerti dan merasakan pesan atau informasi yang disampaikan, komunikan akan melakukan tindakan selanjutnya yaitu berupa perilaku, tindakan, atau kegiatan tertentu yang dilakukan oleh komunikan sesuai dengan pesan atau informasi yang diterima.

    Contoh dari efek behavioral dalam komunikasi massa ialah ketika komunikan menerima pesan atau informasi berupa cara membuat kue bolu, setelah komunikan mengerti isi dari informasi tersebut dan dapat merasakan pesan yang disampaikan komunikan tersebut akan mencoba untuk membuat kue bolu sesuai dengan yang diterimanya dalam media massa.

     

    Referensi

    Budi, R. (2010). Pengantar Ilmu Komunikasi. Makassar. Kretakupa Print.

    Halik, A. (2013). Komunikasi Massa. Makasar: Alaudin University Press.

    Fitriansyah, F. (2018). Efek Komunikasi Massa Pada Khalayak (Studi Deskriptif Pengguna Media Sosial dalam Membentuk Perilaku Remaja. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 18(2), 171-178.

    Winarni. (2003). Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. UMM Press.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.