Unisa Yogyakarta Mulai Melakukan Kuliah Hybrid di Masa Pandemi - Analisis - www.indonesiana.id
x

KAMPUS UNIVERSITAS AISYIYAH YOGYAKRTA

C3_ Fadhilah Zalfa Cahyaningrum

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 11 Januari 2022

Rabu, 19 Januari 2022 06:14 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Unisa Yogyakarta Mulai Melakukan Kuliah Hybrid di Masa Pandemi

    Kampus UNISA telah melaksanakan Kuliah Hybrid pada saat angka covid menurun

    Dibaca : 171 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Yogyakarta - Pandemi Covid-19 mulai menurun dan berbagai universitas baik negeri maupun swasta mulai menyesuaikan diri dengan keadaan yang baru, termasuk Unisa Yogyakarta. Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta mulai mengadakan perkuliahan secara hybrid. Tidak hanya mahasiswa tingkat akhir saja yang merasakan perkuliahan hybrid, tetapi mahasiswa baru juga ikut menjalani perkuliahan hybrid. 

    Sistem perkuliahan hybrid merupakan penggabungan kuliah tatap muka dan kuliah daring. Sistem ini memanfaatkan inovasi dan kemajuan teknologi sehingga menghasilkan interaksi dan partisipasi yang lebih maksimal dibanding hanya dengan daring saja. 

    Perkuliahan Hybrid dinilai lebih efektif dan efisien. Seperti yang kita tahu, setiap mahasiswa memiliki cara belajar yang berbeda - beda antara satu sama lain. Misalnya Mahasiswa A sangat bisa menerima materi perkuliahan disaat pembelajaran daring tetapi mahasiswa B lebih bisa menerima materi perkuliahan secara tatap muka. Manfaat utama dari hybrid learning ini adalah fleksibilitas untuk dapat menentukan akan mengikuti kelas secara tatap muka atau dengan model asinkronus (online).

    Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (Unisa) merupakan institusi pendidikan tinggi yang berdiri sejak 6 Juni 1991. Tahun 2016, tepatnya pada tanggal 10 Maret 2016, STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta berubah bentuk menjadi Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta melalui Surat Keputusan (SK) Kemenristek Dikti nomor 109/KPT/I/2016. Kampus UNISA berwawasan kesehatan, profesional qur'ani, dan Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta telah menjalin kerjasama dengan berbagai institusi dari sektor pemerintah maupun swasta, baik dalam maupun luar negeri. UNISA saat ini memiliki 3 Fakultas dan 20 Program Studi dengan mahasiswa yang berasal dari seluruh provinsi di Indonesia. 

    Pada pelaksanaan sistem perkuliahan hybrid mahasiswa Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta dengan pembagian mahasiswa dibagi menjadi 2 shift. Dalam satu minggu Mahasiswa Semester 1 Prodi TLM melaksanakan kuliah tatap muka hanya satu kali.

    Misalnya hari Senin kelas A Prodi Teknologi Laboratorium Medis melaksanakan perkuliahan tatap muka, sedangkan kelas B Prodi Teknologi Laboratorium Medis pada hari Senin melaksanakan perkuliahannya secara daring. Keesokan harinya, kelas B prodi Teknologi laboratorium medis melakukan perkuliahan secara offline sedangkan Kelas A melaksanakan perkuliahan secara daring. 

    Dalam pelaksanaan kuliah online atau daring, UNISA menyediakan plattform E - learning yang bernama Lensa Unisa. Didalam Lensa Unisa terdapat rekaman materi pembelajaran dan tempat untuk mengumpulkan tugas, selain itu Lensa Unisa juga digunakan untuk mengerjakan Kuis, UTS, maupun UAS. Lensa Unisa yang bersifat asynchronous yang tepat untuk model pembelajaran yang ramah sinyal. Selain itu, Lensa Unisa dapat digunakan untuk menyimpan semua proses pembelajaran dan sebagai agregator daring untuk PTMA maupun SPADA.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.