Budaya Organisasi Mahasiswa - Humaniora - www.indonesiana.id
x

tanggung jawab mahasiswa universitas trilogi

Mutia Zahra

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 Januari 2022

Selasa, 25 Januari 2022 13:18 WIB

  • Humaniora
  • Topik Utama
  • Budaya Organisasi Mahasiswa

    Organisasi mahasiswa

    Dibaca : 445 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Budaya organisasi adalah perangkat sistem nilai-nilai (values),keyakinan-keyankinan (beliefs), asumsi-asumsi (assumptions) atau norma-norma yang telah lama berlaku, disepakati dan diikuti oleh para anggota suatu organisasi sebagai pedoman perilaku dan pemecahan masalah-masalah organisasinya.

    Untuk memenuhinya, budaya organisasi memiliki peranan sangat penting dalam suatu universitas. Insan Unggul Inovasi adalah nilai-nilai Universitas Trilogi yang terdiri dari Integritas, Kebersamaan, Kemandirian, Keunggulan, dan Inovasi berkelanjutan. Universitas Trilogi membangun presepsi melalui Akademisi. Disamping kita memiliki nilai-nilai Universitas Trilogi, dipandang perlu untuk menguatkan kembali budaya organisasi (organizational culture) yang sesuai dengan nilai-nilai yang kita anut bersama:

    1. Keluarga besar, menjadikan warga dan civitas akademika Universitas Trilogi sebagai Keluaga Besar Universitas Trilogi yang terkait satu sama lain dalam komitmen bersama menumbuhkan kampus Trilogi sebagai Rumah Besar Bersama
    2. Budaya Melayani, Prinsip melayani. Setiap anggota keluarga Universitas Trilogi adalah pelayan bagi anggota keluarga dan pemangku kepentingan lainnya. Melayani merupakan prinsip dasar kehidupan kampus Universitas Trilogi. Kepemimpinan dalam kampus berorientasi 'servant leadership' (kepemimpinan yang melayani).
    3. Budaya Bersih, Kebersihan merupakan tanggung jawab bersama. Anggota keluarga Universitas Trilogi wajib memastikan kampus Trilogi bebas dari sampah sekecil apapun, sehingga kualitas kebersihan kampus Trilogi seperti hotel bintang lima. Semua anggota keluarga Universitas Trilogi tanpa terkecuali wajib memungut sampah jika ditemukan ada sampah di depan matanya.
    4. Menjaga Ekosistem Lingkungan, Anggota keluarga Universitas Trilogi wajib menjaga ekosistem lingkungan yang berkelanjutan dilandasi prinsip-prinsip ekonomi biru.
    5. Pendekatan Humanistis, Pendekatan humanistis diartikan memanusiakan warga dan pemangku kepentingan lain. Prinsip ini antara lain dijabarkan dengan tidak adanya pendekatan kekerasan baik fisik ataupun mental dalam kehidupan kampus. Anggota keluarga Universitas Trilogi wajib memperlakukan sesama anggota keluarga dan pemangku kepentingan lainnya dengan hormat, ramah dan santun.

    Sosialisasi Budaya Organisasi adalah kegiatan dimana anggota organisasi mempelajari seluk beluk organisasi dan bagaimana mereka arus berinteraksi dan berkomunikasi diantara anggota organisasi untu menjalankan semua aktivitas.

     

    Organisasi Mahasiwa adalah salah satu bagian yang penting dalam dunia akademisi kampus, dikarenakan dengan organisasi mahasiswa mampu memahami banyak hal diluar kuliah atau tentu saja sebagai bahan pengembangan diri dan prestasi, baik itu di bidang olahraga, jurnalistik, himpunan mahasiswa yang kaitannya dengan jurusan masing – masing, kegiatan alam bebas dan lain sebagainya. Saya merasakan betapa banyak manfaat dan skill yang dapat diraih dari kita berorganisasi. Hal ini mungkin banyak dirasakan juga oleh mahasiswa yang juga berorganisasi, karena bagi kami mahasiswa, organisasi adalah seni. Dimana kami akan merasa berkontribusi melalui kampus kami salah satunya melalui organisasi, baik itu dari segi kompetisi, acara yang kami selenggarakan ataupun jaringan yang telah dibangun melalui sebuah organisasi.

     

    “Pentingnya nilai-nilai budaya organisasi dalam mempengaruhi perilaku dan sikap individu. Penelitian tersebut menunjukan bahwa adanya hubungan antara person organizationfit dengan tingkat kepuasan kerja, komitmen dan turn over karyawan. Dimana individu yang sesuai dengan budaya organisasi mempunyai kecenderungan kepuasan kerja dan komitmen yang tinggi terhadap organisasi dan mempunyai intensitas yang tinggi untuk terus bekerja/tinggal di organisasi dan sebaliknya.“

     

    #universitastrilogi

    #teknososiopreneur

    #insanunggulinovasi

    #cdpp



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.