x

Iklan

Nurraidah Khairunnisa

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 25 Januari 2022

Jumat, 28 Januari 2022 07:20 WIB

Menanamkan Sikap Tanggung Jawab Dan Kemandirian Dalam Belajar

Secara umum, konsep tanggung jawab adalah kesadaran seseorang atas suatu tindakan atau perilaku yang disengaja, meskipun ia tidak memperlakukannya dengan sengaja. Anda dapat mengambil tanggung jawab ketika seseorang dalam keadaan sadar. Jika seseorang memiliki rasa tanggung jawab, maka ia tergolong orang yang jujur dan sangat peduli. Namun, jika satu orang kehilangan kualitas tanggung jawab, ada pihak lain yang memaksakan tanggung jawab itu. Dengan cara ini, kewajiban dapat dilihat dari kedua belah pihak, sisa pihak yang timbul atau berkembang untuk kepentingan pihak lain.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Disusun Oleh :Putri Aulianti Firdausi, Nurraidah Khairunnisa, Putri Ardiani Karomah, Anna Nurmala, Nabila 

Secara umum, konsep tanggung jawab adalah kesadaran seseorang atas suatu tindakan atau perilaku yang disengaja, meskipun ia tidak memperlakukannya dengan sengaja. Anda dapat mengambil tanggung jawab ketika seseorang dalam keadaan sadar. Jika seseorang memiliki rasa tanggung jawab, maka ia tergolong orang yang jujur ​​dan sangat peduli. Namun, jika satu orang kehilangan kualitas tanggung jawab, ada pihak lain yang memaksakan tanggung jawab itu. Dengan cara ini, kewajiban dapat dilihat dari kedua belah pihak, sisa pihak yang timbul atau berkembang untuk kepentingan pihak lain.

Budaya Sivitas Universitas trilogi memiliki 5 nilai dasar yaitu integritas, Kebersamaan, Kemandirian, keunggulan, dan Inovasi Berkelanjutan. Budaya sivitas ini berguna menanamkan sikap bertanggung jawab untuk mencapai tujuan tanpa mendahulukan kepentingan sendiri dan mengutamakan kepentingan bersama. Penanaman tanggung jawab ini dapat diimplementasikan pada keluarga dengan cara hormat, patuh, serta menyayangi kedua orang tua. Lalu penanaman tanggung jawab kedua ada di masyarakat, seperti membantu masyarakat kerja bakti dan hidup rukun bersama. Ketiga tanggung jawab terhadap Tuhan, yakni setiap pemeluk agama wajib menjalankan tugasnya masing-masing sesuai dengan ketentuan agamanya. Tidak hanya beribadah, tetapi juga membutuhkan seseorang untuk bersikap baik dan memiliki sikap toleran terhadap semua orang. Dan yang keempat tanggung jawab kepada bangsa dan negara, yaitu dengan cara menjaga suatu kesatuan dan  persatuan serta mencintai tanah air atau negara sendiri.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Budaya yang ditanamkan kepada mahasiswa Universitas Trilogi inilah yang membuat mahasiswa memiliki sikap yang dapat meningkatkan rasa tanggung jawab dan kemandirian dalam belajar. Itu merupakan salah satu keberhasilan dosen dalam pencapaian prestasi dan sikap (efektif) mahasiswa. Ceramah diberikan dalam proses pembelajaran yang menerapkan metode pembelajaran dengan baik. Pendekatan ini menekankan pada kemandirian dan tanggung jawab pada mahasiswa serta membiasakan mereka untuk mengembangkan ranah emosional yang berpedoman pada nilai-nilai karakter.

#UniversitasTrilogi

#Teknososiopreneur

#insanunggulinovasi

#PGSD

#CDPP

#CitraDiridanPribadiProfesional

#TanggungJawab

Ikuti tulisan menarik Nurraidah Khairunnisa lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu