x

Iklan

Luluk Jayanti

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 27 Januari 2022

Jumat, 28 Januari 2022 07:00 WIB

Pentingnya Kolaborasi Dalam Dunia Pendidikan


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 Pada saat ini kita memasuki era dimana semua orang akan melakukan kerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Pengertian kolaborasi adalah kerja sama antar dua pihak atau lebih untuk mencapai tujuan bersama. Kolaborasi saat ini sangat penting karena dengan adanya kolaborasi individu atau lembaga dapat mencapai tujuan yang diinginkan dan bersifat saling menguntungkan.

 Kolaborasi dalam dunia Pendidikan bisa dimulai dari dalam kelas. Saat guru atau dosen memberikan pengetahuan akan pentingnya kolaborasi dan memberikan tugas kelompok. Hal-hal kecil dalam kelas seperti itu akan membentuk karakter seseorang untuk terus melakukan sebuah kolaborasi daripada melakukan persaingan. Karena dimasa yang akan datang kolaborasi akan sangat penting.

Berikut adalah pentingannya kolaborasi dalam dunia Pendidikan :

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

• Mencapai tujuan bersama dengan lebih cepat

Kolaborasi memungkinkan seseorang atau lembaga mencapai tujuan bersama. Hal itu karena kolaborasi menyatukan beberapa pihak untuk melakukan satu tujuan tertentu.

• Saling berbagi ilmu

Dengan kolaborasi kita dapat belajar banyak hal dari anggota tim lain setiap kali berkumpul untuk berkolaborasi. Sebuah instusi Pendidikan yang menghargai kolaborasi akan dengan terbuka mendorong murid atau mahasiswa untuk saling berbagi ilmu. Contohnya dengan diadakannya seminar di sekolah atau universitas.

• Mengetahui potensi dalam diri

Bekerja secara kolaboratif dapat membantu lebih sadar akan kekuatan dan juga kelemahan yang dimiliki. Kolaborasi akan membantu meningkatkan keterampilan terbaik dan mengidentifikasi bagian mana yang memerlukan bantuan dari orang-orang dengan keahlian berbeda. Hasilnya, kamu dan rekan tim dapat bekerja sama lebih baik untuk mengisi kesenjangan kompetensi.

• Membantu memecahkan masalah

Kolaborasi memungkinkan hasil yang lebih maksimal karena melibatkan berbagai profesional dengan keterampilan dan pengetahuan yang beragam. Hal ini membuat kita dapat melihat dari berbagai perspektif. Ketika kita dapat memanfaatkan keahlian banyak orang, kemungkinan besar kita juga akan menyelesaikan masalah lebih cepat dan mendorong hasil yang lebih baik dalam jangka panjang.

 Pentingnya kolaborasi dimasa sekarang juga harus dibarengi dengan skill yang dibutuhkan untuk melakukan kolaborasi yang efektif. Skill tersebut adalah kemampuan komunikasi, menghargai pendapat, serta kecerdasan emosional.

 Salah satu universitas yang menerapkan dan mengajarkan mahasiswanya untuk melakukan kolaborasi adalah Universitas Trilogi. Universitas Trilogi menerapkan tiga pilar dasar kepada mahasiswanya yaitu Teknososiopreneur, Kolaborasi, dan Kemandirian. Hal itu juga dicerminkann Universitas Trilogi dengan melakukan kolaborasi dengan universitas lain. 

Ikuti tulisan menarik Luluk Jayanti lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler