Manfaat Ilmu Kewirausahaan Untuk Generasi Milenial - Analisis - www.indonesiana.id
x

MUHAMMAD ARSY FAHREZI

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 22 Januari 2022

Jumat, 28 Januari 2022 17:48 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Manfaat Ilmu Kewirausahaan Untuk Generasi Milenial

    Saat kita berwirausaha terkadang ada saja yang menjadi hambatan, mulai dari modal serta adanya ancaman-ancaman lain yang dapat membuat wirausaha kita menjadi gagal. Sebelum melakukan wirausaha ada baiknya mengetahui ilmu-ilmu dalam berwirausaha. Dalam artikel ini akan dijelaskan apa saja yang harus diperhatikan dalam berwirausaha.

    Dibaca : 320 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Kesempatan yang dimiliki seorang pengusaha untuk mencapai tujuan usahanya yaitu imbal hasil, dengan cara melakukan usaha yang memanfaatkan berbagai sumber daya yang dimilikinya disebut Opportunities (peluang). sedangkan faktor luar yang dapat menghalangi perusahaan atau pemilik bisnis untuk menjalankan rencana atau meraih target. Contohnya adalah tren pasar yang melemah, perubahan politik, teknologi, dan sosial yang tidak mendukung usaha, serta perilaku konsumen yang menurunkan permintaan disebut dengan  Threats (ancaman).Opportunities (peluang) dan Threats (ancaman) adalah hal eksternal yang mempengaruhi bisnis atau hal-hal yang terjadi di luar perusahaan Anda pada pasar yang lebih besar. Anda dapat memanfaatkan peluang dan melindungi dari ancaman, tetapi Anda tidak dapat mengubahnya. Kewirausahaan (entrepreneurship) atau Wirausaha adalah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu. Hasil akhir dari proses tersebut adalah penciptaan usaha baru yang dibentuk pada kondisi risiko atau ketidakpastian.

    Dalam dunia wirausaha (entrepreneurship) kita pasti akan melewati 3 tahapan yaitu; mindset, action dan success/filled.

    1. Mindset

    Faktor penting untuk terjun ke dunia wirausaha yaitu mengubah mindsetnya. Pengertian mindset ialah sebuah pola pikir/kebiasaan berpikir, dimana sebagai entrepreneur kita perlu mengubah mindset dari mencari kerja menjadi pencipta lapangan kerja.

    Lalu, bagaimana mengubah pola pikir tersebut?

      1. Mengikuti acara talkshow
      2. Membaca biografi (Entrepreneurship)
      3. Mengikuti workshop
      4. Membaca kisah sukses para entrepreneur yang memulai bisnis dari nol.
      5. Mengikuti seminar/pelatihan.

     

    1. Action atau Tindakan

    adalah karakter wirausaha. Menjadi wirausaha berarti mau mengambil inisiatif, mau melakukan ACTION, mau mengambil tindakan untuk mengambil peluang yang ada. Wirausahawan bukan sosok yang mudah berdiam diri. Mereka mengutamakan tindakan dalam kesehariannya.

     

    1. Success/Filled

    bahwa seorang wirausaha yang sukses adalah wirausahawan yang telah mencapai tujuan yang telah dibuatnya atau telah mencapai target yang telah ditentukan.Tentu, mencapai kesuksesan tidak lah semudah membalikkan telapak tangan. Seorang yang terjun dalam dunia bisnis harus berani berkorban untuk mencapai kesuksesan. Mulai dari pengorbanan waktu, uang dan pikiran. Seorang wirausahawan juga harus berani mengambil risiko kegagalan. Dunia wirausaha penuh dengan ketidakpastian. Ini lah yang membuat hanya sedikit orang yang berani masuk dalam dunia wirausaha. Dunia wirausaha adalah tempat untuk orang yang berani mengambil risiko terbesar mulai dari kegagalan, kebangkrutan dan juga risiko yang tidak terduga lainnya.

     

    Perbedaan PENGUSAHA dan ENTREPRENEUR?

    Dalam wirausha,seseorang  mempunyai kemampuan atau berani berusaha mandiri yang mampu mengolah segala sumber daya dan upaya meliputi kepandaian mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai lebih tinggi. Sedangkan,

    orang yang mengusahakan untuk menjalankan kegiatan usaha jual-beli atau produksi yang bertujuan mendapatkan keuntungan dan menanggung resiko yang akan terjadi disebut dengan pengusaha.

     

    JIWA KEWIRAUSAHAAN

    Tentu saja dalam dunia entrepreneur, kita memerlukan jiwa entrepreneur yang penuh percaya diri, memiliki motif berprestasi, memiliki inisiatif, memiliki jiwa kepemimpinan dan berani mengambil resiko dalam menjalakan usaha itu sendiri.

    Peran penting untuk mejalankan wirausaha (entrepreneurship) adalah berani mengeluarkan modal yang besar untuk keperluan tidak terduga. Biasanya, kendala awal bagi pemula wirausaha adanya keterbatasan modal untuk menjalankan usaha tersebut. Sehingga usaha tersebut tidak berjalan secara maksimal. Keuntungan berwirausaha, Dalam dunia wirausaha (entrepreneurship) kita dapat Mengembangkan Bakat dan  Potensi Diri menjadi sesuatu yang baru dan berguna. tidak hanya itu,kita juga bisa  Memperluas Relasi untuk menjadi ladang investasi yang saling menguntungkan.

     

    MANFAAT KEWIRAUSAHAAN BAGI GENERASI MILENIAL

    Generasi milenial yaitu generasi yang menarik untuk diperhatikan. Perilakunya, pola pikir serta manajemen keuangan dalam berwirausaha, menjadi arahan perkembangan ekonomi dan bisnis di suatu negara, termasuk di Indonesia.

    Hal tersebut menjadi pertimbangan untuk beberapa anak muda untuk mengambil jalan sebagai wirausahawan milenial, walaupun bekerja dan menjalani profesi tertentu juga bukan pilihan yang buruk. Berikut ini adalah manfaat kewirausahaan bagi generasi milenial

     

    1. Menumbuhkan Sikap Percaya Diri

    Untuk merintis menjadi wirausaha generasi milenial bukanlah hal yang mudah.tapi,bagi Anda yang memiliki komitmen dan tidak pernah putus asa , pada akhirnya akan mencapai kesuksesan yang membantu menumbuhkan kepercayaan diri anda.

     

    1. Memiliki banyak peluang dan belajar dari kegagalan

    Ketika bekerja untuk orang-orang, kita cenderung mendapatkan kegagalan saat berkarir. Bahkan, untuk menjadi wirausahawan besar dan sukses, diperlukan kegagalan untuk pembelajaran bisnis sehingga Anda tidak mudah menyerah. Dengan mengalami kegagalan bisnis di usia muda, kita sebenarnya memiliki lebih banyak kesempatan untuk mencoba berbagai hal. Jika kita sudah terbiasa pada akhirnya kita akan menemukan solusi untuk setiap masalah bisnis.

     

    1. Memahami perkembangan teknologi

    Keuntungan lain dalam menjalani wirausaha pada usia muda yaitu sangat dekat dengan teknologi terbaru. Pesatnya perkembangan teknologi seperti saat ini, membuat wirausahawan dapat memperoleh kenyamanan akses Internet sebagai media pemasaran, promosi, atau bisnis.

     

    1. Kenali pasar untuk kaum muda yang sedang Tren.

    Pada usia kita yang relatif muda, tentu kita dapat memahami selera pasar berdasarkan usia yang sama. Generasi milennial dengan baik mengetahui dan memahami apa yang menjadi tren. Jadi, tidak perlu menunggu waktu lama untuk memulai wirausaha untuk menjadi pengusaha sukses.

     

    Kesimpulan dari artikel ini adalah bagi mahasiswa Universitas Trilogi sebelum berwirausaha adalah pentingnya mengetahui ancaman, peluang dan pengambilan keputusan dalam berwirausaha. Selain itu memiliki jiwa kewirausahaan, serta mengetahui manfaat dari berwirausaha. Agar usaha yang dijalankan sesuai dengan rencana.

     

    Kelompok 10:
    1.Shania Ananda - 21101045
    2.Qinara Azra Puja Kaspia - 21101036 
    3.Nabillah Arrasifah - 21101034
    4.Ayesha Aristia Indra Salshabilla - 21107020
    5.Muhammad Arsy Fahrezi - 21107021

    Ikuti tulisan menarik MUHAMMAD ARSY FAHREZI lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.