x

Iklan

Dewi Shinta

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 27 Januari 2022

Senin, 31 Januari 2022 09:14 WIB

Komunikasi untuk Bernegosiasi

Assalamualaikum wr.wb. Puji syukur atas rahmat Allah SWT, berkat rahmat serta karunia-Nya sehingga artikel dengan berjudul "KOMUNIKASI DAN NEGOSIASI" dapat selesai.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Komunikasi dan Negosiasi

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

KOMUNIKASI DAN NEGOSIASI


  Komunikasi memainkan peran penting dalam negosiasi. Apa itu negosiasi?
Negosiasi tidak lain adalah diskusi di antara individu-individu untuk mencapai alternatif yang akan memuaskan semua. Bagaimana sebuah diskusi yang efektif mungkin? Hanya melalui komunikasi.

Komunikasi yang efektif berbanding lurus dengan negosiasi yang efektif. Semakin baik komunikasi, berdiskusi bukan berarti berkelahi dan berteriak, melainkan sekedar bertukar pikiran, pikiran dan pendapat satu sama lain. Seseorang perlu memiliki keterampilan komunikasi yang baik untuk diskusi yang sehat dan efektif.

Komunikasi adalah seni, seseorang harus menguasainya untuk unggul dalam semua jenis negosiasi. Orang lain tidak akan pernah tahu tentang pemikiran atau ide Anda kecuali sampai Anda membagikannya dengan mereka. Seseorang tidak dapat melihat materi abu-abu Anda. Banyak tergantung pada bagaimana Anda berbicara.

Seseorang harus sangat bijaksana mengubah pikirannya menjadi pidato dengan hati-hati memilih kata-kata yang relevan. Hati-hati dengan kata-katamu. Seseorang seharusnya tidak pernah menggunakan kalimat yang menghina atau kata-kata unggas dalam pidatonya. Pahami kekuatan bicara. Cara Anda mempresentasikan pemikiran Anda sangat penting. Jangan berbicara hanya untuk kepentingan itu. Pikiran serampangan dan ide-ide abstrak hanya menyebabkan kebingungan. Seseorang harus berbicara dengan jelas apa yang dia harapkan dari orang lain. Jangan makan kata-kata Anda dan mencoba membingungkan orang lain. Pikiran dan ide Anda harus diungkapkan dengan jelas agar orang lain dapat memahaminya dengan baik. Jadilah tajam dan tepat dalam pidato Anda .

Komunikasi yang efektif juga penting dalam negosiasi gaji . Ekspresikan ekspektasi gaji Anda dengan jelas di depan perekrut. Jika Anda ingin gaji Anda lebih dari yang dia kutip, sebutkan dengan sangat jelas tetapi sopan. Cobalah tingkat terbaik Anda untuk meyakinkan perekrut mengapa Anda membutuhkan kenaikan gaji dan mungkin bagaimana Anda akan membenarkannya begitu Anda bergabung dengan organisasi. Tidak ada yang perlu ditakuti; bahkan organisasi membutuhkan orang-orang berbakat seperti Anda. Belajarlah untuk sedikit bijaksana. Gaya Anda, aksen Anda, pengucapan Anda juga penting. Berikan penekanan pada kata-kata yang menurut Anda penting. Jika Anda tidak puas dengan tawaran itu, lebih baik menolaknya tetapi dengan cara yang sangat sopan. Ingat kita semua berasal dari keluarga yang baik dan harus berperilaku seperti orang terpelajar dan berbudaya.

Sebuah komunikasi yang efektif adalah sangat penting dalam kesepakatan bisnis juga . Syarat dan ketentuan harus disebutkan dengan jelas untuk transparansi yang lebih baik dan jangan mencoba menyembunyikan apa pun dari pihak kedua. Itu selalu lebih baik untuk bergantung pada mode komunikasi tertulis seperti email, surat, dokumen atau perjanjian untuk keandalan yang lebih baik. Gunakan terminologi perusahaan, jargon profesional dan jangan pernah menggunakan pernyataan yang tidak relevan dalam pidato Anda. Itu dinilai sangat tidak profesional.

Seseorang juga harus sangat berhati-hati dengan nada dan nada suaranya. Selalu ingat pertempuran bisa dimenangkan hanya dengan bersikap sopan dan sopan. Jangan bersikap kasar dan kasar pada orang lain. Bicaralah dengan perlahan dan meyakinkan dengan nada yang dapat didengar oleh semua orang. Jangan berbicara terlalu cepat atau terlalu lambat. Orang lain harus memahami ucapan Anda. Jangan pernah keras atau berteriak pada siapa pun. Tidak etis untuk berbicara buruk atau menghina siapa pun hanya untuk sebuah kesepakatan. Hubungan lebih penting dan harus dihargai.

Komunikasi non verbal juga memainkan peran penting dalam negosiasi yang efektif . Ekspresi wajah kita, gerakan tangan, postur sangat penting dan tidak boleh diabaikan.

 

Disussun Oleh:

Kelompok 8 : 21101090_Encep Bandi

                      21101100_Doni Saputro

                      21101109_Dewi Shinta

                      21101104_Adinda Liza Khairunnisa

                      21101095_Deshinta Magdalena Tondang

 

#universitastrilogi

#teknososiopreuner

#insanunggulinovasi

#manajemen

#citradiridanpribadiprofesional

#komunikasidannegosiasi

 

Ikuti tulisan menarik Dewi Shinta lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB