x

Iklan

Aula Firdaus

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Januari 2022

Rabu, 2 Februari 2022 08:14 WIB

Penerapan Kuliah Daring di Universitas Aisyiyah Yogayakarta Pada Masa Pandemi

Disini saya akan membuat esai bagaimana cara mahasiswa unisa bisa menghadapi corona pada masa seperti ini

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Akibat pandemi Covid-19 metode ini awal tahun 2020 kuliah di Universitas Aisyiyah Yogyakarta menggunakan metode daring atau bisa dikatakan online dan untuk praktikum pun di adakan secara online karena banyaknya penularan yang ada di Yogyakarta. Dengan metode daring bisa di maksimalkan oleh Universitas Aisyiyah Yogyakarta. Berbagai sarana komunikasi yang diperlukan dalam pembelajaran akhirnya dapat dimanfaatkan secara optimal untuk tetap memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi mahasiswa. Sarana aplikasi online yang digunakan Universitas Aisyiyah Yogyakarta adalah Zoom, Google meet, Google classroom, Grup whatsapp, Youtube, dan Lensa UNISA (E-Learning Universitas Aisyiyah Yogyakarta).

Hal tersebut menyebabkan meningkatnya penggunaan media sosial di kalangan mahasiswa dan karena pandemi covid-19 Universitas Aisyiyah Yogyakarta mempunyai aplikasi sendiri yang dengan nama UNISA_SwaMahasiswa, aplikasi ini diciptakan untuk mahasiswa presensi atau buat absen bagi mahasiswa Unisa. Selain itu Universitas Aisyiyah Yogyakarta juga mempunyai website resmi belajar yang bernama E-Learning Universitas Aisyiyah Yogyakarta yang di ciptakan untuk pembelajaran secara Asynchronous dan bisa dibuat untuk meng-uploud tugas. Hal ini bersifat bagus karena di dalam E-Learning tersebut dapat menyimpan materi materi pembelajaran dari bapak/ibu dosen. 

Tetapi semenjak tahun ajaran baru 2021/2022 Universitas Aisyiyah Yogyakarta sudah menggunakan sistem hybrid atau bisa dikatakan menjalankan dua sistem perkuliahan, pembelajaran teori dilaksanakan dengan sistem online dan pembelajaran kuliah praktikum dan kuliah tutorial dilaksanakan secara offline atau tatap muka. Penggunaan sistem hybrid ini ternyata lebih efektif karena mahasiswa yang kurang paham dapat bertanya secara langsung dengan bapak/ibu dosen pada saat kuliah dilaksanakan secara offline atau tatap muka, tidak hanya itu mahasiswa juga bisa merasakan kumpul-kumpul dengan teman teman.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Tidak lupa penggunaan sistem offline di kampus maupun di luar kampus ini juga masih menjalankan protokol kesehatan. Juga tidak hanya pembelajaran saja yang sudah mulai offline tetapi banyak event-event di Universitas Aisyiyah Yogyakarta ini sudah di selenggarakan secara offline.

Maka dari itu banyaknya kegiatan di kampus maupun di luar kampus yang bersifat offline ini menyebabkan peningkatan keketatan protokol kesehatan yang ada di Universitas Aisyiyah Yogyakarta, contoh Universitas Aisyiyah Yogyakarta meningkatakan level protokol kesehatan adalah sebelum masuk ke lingkungan kampus harus melakukan skrining di gerbang depan kampus yang dilakukan oleh satpam-satpam Universitas Aisyiyah Yogyakarta, ada juga Universitas Aisyiyah Yogyakarta mengadakan vaksin masal untuk masyarakat yang mau di vaksin, undangan vaksin tersebut meliputi mahasiswa Universitas Aisyiyah Yogyakarta, dosen dan karyawan Universitas Aisyiyah Yogyakarta, masyarakat sekitar, dan siswa-siswi SMA di Yogyakarta. Hal ini berdampak baik untuk mencegah penularan covid-19 dan membuka lapangan vaksin karena di rumah sakit sangat penuh antrian untuk melakukan vaksin.

Ikuti tulisan menarik Aula Firdaus lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler