Tanamlah Karaktermu, Tuailah Kesuksesanmu - Pendidikan - www.indonesiana.id
x

Marlena firgiana

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Februari 2022

Jumat, 18 Februari 2022 16:54 WIB

  • Pendidikan
  • Topik Utama
  • Tanamlah Karaktermu, Tuailah Kesuksesanmu

    Karakter, watak, atau pribadi mewujudkan cerminan pribadi seseorang. Seseorang yang memiliki karakter yang baik pasti dalam penggunaan bahasa, mereka selalu menggunakan bahasa yang lemah lembut, sopan, santun, jelas, dan lugas. Sehingga mudah untuk menerima pekerjaan dengan jujur. Begitupun sebaliknya, jika seseorang memiliki karakter atau kepribadian yang buruk, mereka akan selalu menggunakan bahasa yang kasar.

    Dibaca : 2.516 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

        Pendidikan merupakan hal yang di anggap penting dalam berbangsa dan bernegara, karena di suatu bangsa, membutuhkan orang-orang yang memiliki pendidikan supaya bisa membangun bangsa yang maju. Tapi tak hanya pendidikan saja, karakter juga sangat di utamakan, karena orang-orang zaman sekarang  ini, tidak hanya melihat betapa tinggi pendidikan atau gelar yang sudah dia raih, karakter dan pribadi pada setiap orang juga sangat di pentingkan.

        Karakter, watak atau pribadi mewujudkan cerminan pribadi seseorang. Seseorang yang memiliki karakter yang baik, pasti dalam penggunaannya dia selalu menggunakan bahasa yang baik, sopan, lemah lembut, santun, lugas. Sehingga mudah untuk melaksanakan pekerjaan dengan baik dan jujur. Begitupun sebaliknya, jika seseorang memiliki karakter atau kepribadian yang buruk, mereka akan selalu menggunakan bahasa yang kurang baik, sehingga mencitrakan pribadi yang tidak berbudi. Maka akan sulit menerima pekerjaan dengan baik dan benar. 

        Sama hal nya dengan kehidupan zaman sekarang ini, Menurunnya kualitas moral dalam kehidupan di kalangan manusia, terutama di kalangan siswa, sehingga di haruskan adanya penerapan pendidikan karakter untuk siswa. Sekolah di tuntut untuk mengajarkan dan menanamkan karakter baik kepada siswa serta membantu siswa membentuk dan membangun karakter yang baik. 

        Saat ini sudah banyak sekolah-sekolah di Indonesia yang sudah mengajarkan karakter baik kepada siswa siswinya melalui pelajaran khusus. Dimana dalam pelajaran ini, mereka di ajarkan bagaimana cara menghormati kepada kedua orang tua, guru-guru, orang lain, dan terhadap lingkungan sekitarnya. Dan juga di ajarkan bagaimana cara-cara menanamkan karakter yang baik.

         Adapun 5 nilai karakter yang harus di pelajari dalam membangun jejaring nilai yang harus di kembangkan menjadi prioritas yaitu religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas. Karakter-karakter tersebut harus di miliki oleh setiap orang agar menjadikan seseorang tersebut mampu mencitrakan sebagai orang yang berbudi luhur dan akan meraih kesuksesan pada masa depan, karena sudah tertanam jiwa-jiwa yang baik pada dirinya. 

        Maka sebaiknya ajarkan karakter yang baik pada usia sedini mungkin. Sehingga saat mereka dewasa sudah tertanam karakter yang baik pada dirinya. Tak sedikit karakter yang harus di tanamkan, salah satunya adalah nilai kejujuran. Memang kejujuran adalah nilai yang sangat penting, tetapi tak hanya itu saja. Tetapi harus ada karakter keadilan, tekun, yang pastinya penting juga untuk di tanamkan. Karena seperti yang sudah di lihat betapa banyak ketidakadilan terutama di negara Indonesia ini. Maka seharusnya kita berkarakter adil kepada semua orang tanpa mebeda-bedakkannya. 

        Semoga dengan penerapan pendidikan karakter di sekolah, lingkungan sekitar rumah, semua potensi kecerdasan anak akan berdasarkan pada karakter-karakter yang bisa membawa mereka menjadi penerus bangsa. Seperti negara yang bebas akan korupsi, ketidakadilan, kebodohan, penindasan, terorisme dan masalah yang lainnya.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.