Kini Unit Bisnis Ponpes Semakin Mudah Go Digital Melalui PonpesGo

Rabu, 23 Februari 2022 08:07 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Unit Usaha Ponpes Perlu Melakukan Transformasi Digital Agar Naik Kelas

Apa tantangan utama unit usaha pondok pesantren seperti koperasi, minimarket dll yang berada di Indonesia? Selain masih dikelola manual dan bahkan semi-manual, pengelolaan keuangannya pun juga masih menggunakan kelembagaan konvensional. Ini yang menyebabkan pondok pesantren sulit mengelola unit bisnisnya untuk bersaing ke tingkat yang lebih tinggi. Demkian pemaparan pembukaan Yeni Nur Haryati, S.E., M.Si. Konsultan Partner Syncore Indonesia saat berbicara dalam Webinar Transformasi Digital Pondok Pesantren bersama puluhan pengurus pondok pesantren se-Indonesia

Yeni bercerita pengalamannya mendampingi ratusan unit usaha pesantren yang seringkali hanya difokuskan mendukung usaha utama pesantren yaitu pemondokan. Sehingga abai dalam masalah penataan kelembagaan dan struktur organisasi, upskilling kemampuan sumber daya manusia pengelolanya dan juga pelaporan keuangan yang masih belum tertata rapi. Sebagian besar pesantren masih hanya fokus pada perbaikan kualitas pemondokan ketimbang unit usaha.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ini menjadi alasan mendasar Syncore Indonesia meluncurkan Program PonpesGo, yang bertujuan mengajak pengurus pondok pesantren di seluruh Indonesia untuk melakukan transformasi digital unit usahanya secara efektif dan efisien. Pengurus Ponpes akan dilatih memetakan masalah unit usahanya melalui cek kesehatan usaha (CKU), kemudian melakukan asesmen (diagnosis) pemetaan masalah, memetakan potensi, melakukan pendampingan perbaikan struktur organisasi dan kelembagaan (SOTK), pelatihan pembuatan laporan keuangan secara digital dan menyajikan laporan keuangan secara profesional standar akuntansi serta yang paling menarik adalah dilatih digital marketing untuk mengakses pasar yang lebih luas.

Program PonpesGo sendiri telah mendapat kepercayaan dari banyak pesantren dan juga institusi besar seperti Bank Indonesia Perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta. Bersama Bank Indonesia Perwakilan DIY, Ponpesgo.id mendampingi lebih dari 15 pesantren di Provinsi DIY untuk bertransformasi digital dalam kurun waktu 3 sampai 6 bulan saja.

Jika Anda pengurus pondok pesantren tertarik untuk melakukan transformasi digital unit usaha maka dapat bergabung melalui link di: www.ponpesgo.id. 

 

Bagikan Artikel Ini

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
img-content
img-content
Lihat semua