x

image: shutterstock

Iklan

Sendycha Nawangsari

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Februari 2022

Selasa, 1 Maret 2022 11:28 WIB

Pendidikan Karakter Awal, Sebuah Kunci Kesuksesan


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pendidikan berkarakter merupakan salah satu aset sebuah bangsa untuk tetap menjadi bangsa yang merdeka jika suatu negara menerapkan pendidikan berkarakter maka bangsa tersebut merupakan bangsa yang besar. Kemampuan pendidikan berkarakter adalah untuk melatih suatu bangsa memiliki pendidikan moral yang tinggi dan bersahaja ,jika suatu bangsa tidak memiliki pendidikan karakter yang baik maka bagaikan suatu pondasi negara itu tidak akan baik baik saja

Bangsa yang besar adalah bangsa yang memiliki karakter yang baik karena jika seorang memiliki karakter yang baik maka bangsa tersebut bisa cepat tumbuh dan berkembang. Pendidikan karakter bisa dilatih di mana saja mulai di sekolah hingga lingkungan rumah. Pendidikan karakter di sekolah bisa tumbuh karena didikan dari guru, sedangkan pendidikan di lingkungan rumah bisa bersumber dari keluarga atau bahkan tetangga, maka dari itu dalam artikel ini saya akan membahas sedikit tentang pentingnya seseorang memiliki pendidikan karakter.

Manusia yang bijak adalah manusia yang memiliki karakter dan budi pekerti yang baik, banyak kegiatan di sekolah atau masyarakat yang bisa menjadikan sebagai sebuah alat yang bisa untuk melatih memiliki jiwa yang berbudi pekerti luhur karena jika seseorang tidak memiliki budi pekerti atau karakter yang baik maka manusia tersebut tidak akan bisa tumbuh dan hidup di masyarakat apalagi Indonesia adalah negara yang demokrasi. Pentingnya karakter dalam setiap diri manusia sangat diharuskan demi bisa memenuhi kewajibannya sebagai warga negara. Pijakan moral yang bisa dimulai dari awal adalah dengan menjadikan agama sebagai peran utama dalam diri manusia, karena ketika orang tersebut memiliki karakter yang baik maka pendidikan karakternya juga akan baik , tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa semua hal pun bisa baik asal bagaimana kita mengolah dan mngontrol kemampuan dalam diri masing masing setiap individu harus tahu bahwa pendidikan karakter baik bagi setiap individu. Banyak fungsi dari pendidikan karakter yang bisa kita cermati dan kita contoh. Tujuan dari pendidikan karakter adalah untuk mendisiplikan diri dari setiap hal yang ada di lingkungan sosial, kita tentu menemui bahwa banyak di sekolah hingga ke perguruan tinggi dan juga guru serta dosen yang mengarahkan supaya rajin belajar dan tidak melupakan bahwa sikap adalah kunci sukses seseorang. Dalam hal itu bisa kita buktikan bahwa karakter memegang peranan yang penting karena bisa membuat kita memiliki kepribadian yang baik sehingga dapat menjadikan kita orang yang sukses. Setelah lulus dari bangku sekolah serta perguruan tinggi banyak perusahaan yang membutuhkan kita untuk melakukan sebuah pekerjaan, sebelum itu interview dalam melamar pekerjaan sangatlah penting karena dapat mengetahui sikap dan karakter seseorang dalam bertindak dan berperilaku. Ketika memiliki karakter yang buruk maka perusahaan itu akan berfikir beribu-ribu kali untuk menerima lamaran tersebut karena mereka tahu karakter adalah hal yang paling utama dalam memajukan sebuah perusahaan. Ketika kita mampu memimpin diri kita dengan karakter yang baik maka segala sesuatu pun tentunya akan dapat lebih baik dan terarah, termasuk semua individu harus berusaha untuk memiliki karakter yang baik .

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sedikit penjelasan saya di dalam artikel ini dan sudah jelas bahwa pendidikan karakter adalah rahasia sebuah bangsa yang besar dan bermartabat. Jangan sampai jika suatu bangsa atau individu tidak mempunyai karakter yang baik dan unggul akan membuat ketimpangan yang ada. Pendidikan karakter lah yang memajukan seorang individu dalam hal apapun mulai pendidikan hingga kesejahteraan hidup.

 

 

 

 

 

Ikuti tulisan menarik Sendycha Nawangsari lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB