x

Sumber gambar: https://www.idntimes.com/life/career/amp/marliana-kuswanti/cara-jitu-biar-kamu-lancar-menulis-c1c2

Iklan

Elly Prastika

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 Maret 2022

Senin, 7 Maret 2022 09:35 WIB

Yuk, Percaya Diri untuk Menulis

Sebuah tulisan tentang refleksi dalam upaya menumbuhkan kepercayaan diri dalam menulis dan menghilangkan keraguan akan hasil tulisan

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sebagian orang mungkin gemar untuk menulis, tetapi sering dihinggapi rasa tidak percaya diri dengan hasil tulisannya, ada  banyak keinginan untuk menghasilkan tulisan-tulisan yang luar biasa seperti yang kita baca pada media cetak ataupun elektronik, namun kita dihajar oleh rasa minder terlebih dahulu sebelum kita mulai beraksi. Akhirnya, kita batal menjadi pribadi yang produktif. Sungguh, rasa tidak percaya pada diri kita sendiri adalah hal yang sangat mengganggu apabila tidak segera kita hilangkan,  apakah kamu salah satunya?

Nah! Kira-kira bagaimana sih menumbuhkan rasa percaya diri untuk menulis? Yuk, kita simak tip-tip berikut ini!

  1. Buang Semua Keraguanmu

Menulis tidak membutuhkan keraguan, itu hanya akan mengacaukan ide-ide kita dalam menulis. Cukup mulai dan lakukan semampumu tanpa takut akan kesalahan atau kegagalan dalam tulisanmu. Memulai menulis tidak harus mendapat nilai sempurna, tolak ukurnya adalah rasa kepuasan kita akan hasil dari tulisan kita sendiri. Dimana saat kita membacanya berulang-ulang akan timbul rasa bangga dan tidak percaya bahwa kita dapat menuliskan kata-kata pada sebuah kertas.

  1. Percayalah Pada Kemampuanmu
Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Bangunlah rasa percaya pada dirimu bahwa apa yang kamu tuliskan adalah sebuah pencapaian yang positif dalam hidupmu, menuliskan sebanyak-banyaknya untuk memulai sebuah kebiasaan yang bermanfaat. Tanamkan dalam dirimu bahwa kamu mampu untuk menulis setiap hari dan produktif dalam bidang kepenulisan. Percayalah bahwa tulisanmu mampu diterima dan dinikmati para pembaca dengan caramu sendiri, sebab selera membaca seseorang sangatlah bervariatif.

  1. Mulailah Untuk Menulis

Menulislah kapanpun kamu mau.  Tidak harus tulisan formal atau tulisan dengan banyak referensi, bisa dimulai dengan menulis status dimedia sosial dengan kata-kata yang lebih panjang dari biasanya atau menuliskan perasaan hatimu pada sebuah buku harian yang lucu. Menulislah dengan bebas, senang hati dan lepaskan semua kata-kata yang terjebak dikepalamu dalam bentuk tulisan manis.

  1. Carilah Inspirasi Dan Pengalaman Sebanyak-banyaknya

Dalam bidang kepenulisan, ada banyak tempat belajar dan mencari pengalaman. Selain belajar bab kepenulisan secara formal kita juga bisa belajar menulis dari buku-buku yang ada disekeliling kita. Bacalah berbagai genre buku yang kamu temui maka kamu akan mendapatkan banyak gaya bahasa dan gaya kepenulisan yang luar biasa banyaknya dari ide-ide penulis yang berbeda, hal tersebut dapat memperkaya kosakata dan ide menulismu. Selain itu, mencari inspirasi dapat menjadi cara yang jitu untuk mengembangkan kemampuan menulis kita. Cobalah mendatangi tempat-tempat yang indah dan syahdu dan satukan hatimu dengan suasana yang diciptakan tempat tersebut, dalam hatimu akan timbul kata-kata yang mewakili perasaanmu terhadap tempat yang indah itu, nah! Kata-kata dalam hatimu tersebut dapat kamu tumpahkan dalam sebuah tulisan yang indah pula.

  1. Kamu Bisa Menulis!

Ya! Kamu bisa menulis. Dan kamu akan menjadi penulis yang handal suatu hari nanti, sebab  seiring berjalannya waktu  kesalahan-kesalahan yang kita lakukan dalam menulis akan dapat kita perbaiki dengan banyaknya pengalaman yang telah kita dapatkan. Jangan takut memulai dan beraksi, tekad kita adalah motivasi  terbaik dalam menuntun kita untuk menimba pengalaman dan ilmu hingga mampu menghasilkan tulisan yang baik.

            Sungguh, rasa tidak percaya dirimu tersebut akan menghalangimu untuk belajar, ia akan menghambat kamu dalam berproses. Jadi buanglah semua keraguan terhadap dirimu sendiri, dan mulailah mengambil langkah baru dalam hidupmu sebagai seorang penulis handal. 

Ikuti tulisan menarik Elly Prastika lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler