x

image: ACR

Iklan

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Selasa, 8 Maret 2022 19:10 WIB

Cara Berhenti Menjadi Pengecut

Hal tentang keberanian adalah bahwa ada keseimbangan. Penting untuk membela apa yang Anda yakini, tidak membiarkan orang lain memanfaatkan Anda, dan memastikan Anda diperlakukan dengan hormat. Namun, terkadang pilihan terbaik tidak selalu merupakan pilihan yang berani. Terkadang lebih baik hidup secara metaforis untuk bertarung di hari lain daripada mati dalam pertempuran.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Apakah Anda seorang pengecut? Apakah Anda merasa membuat pilihan yang salah dengan tidak memenuhi harapan Anda sendiri? Apakah Anda lalai dari tanggung jawab hidup Anda?

Atau mungkin itu sesuatu yang lebih pribadi. Mungkin Anda merasa perlu lebih nyaman dengan konfrontasi dan berurusan dengan orang-orang nakal yang Anda temui di dunia.

Hal tentang keberanian adalah bahwa ada keseimbangan. Penting untuk membela apa yang Anda yakini, tidak membiarkan orang lain memanfaatkan Anda, dan memastikan Anda diperlakukan dengan hormat. Namun, terkadang pilihan terbaik tidak selalu merupakan pilihan yang berani. Terkadang lebih baik hidup secara metaforis untuk bertarung di hari lain daripada mati dalam pertempuran.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Bagaimana Anda berhenti menjadi pengecut? Nah, mari kita lihat beberapa tip untuk menopang keberanian Anda sendiri.

1. Tentukan nilai Anda.

Apakah Anda memiliki nilai? Tidak semua orang melakukannya. Banyak orang tidak memikirkan nilai-nilai mereka sendiri atau apa yang sebenarnya mereka perjuangkan. Dan ada kebenaran yang disayangkan bahwa beberapa orang tidak benar-benar mendukung apa pun. Betapa malangnya bagi mereka untuk menjadi begitu pemalu sehingga mereka menolak untuk membela sesuatu.

Apakah Anda menghargai kejujuran? Harga diri? Melakukan hal yang benar? Apa panggilan untuk Anda? Apa yang berbicara kepada jiwa Anda sebagai sesuatu yang berharga dan berharga? Dan apa yang dapat Anda lakukan untuk mewujudkan cita-cita itu dengan lebih baik?

Saya, penulis, menemukan nilai-nilai saya dalam filosofi Stoicisme. Manusia ada untuk membantu sesamanya. Kebajikan adalah Kebaikan tertinggi. Hidup dengan Kebajikan berarti bertindak dengan keadilan, kebijaksanaan, keberanian, dan kesederhanaan. Itu bukan sesuatu yang saya selalu benar. Tetapi itu adalah sesuatu yang saya temukan mendorong saya melalui kecemasan saya sendiri, penyakit mental, dan tantangan hidup.

Apa nilai-nilai Anda? Apakah Anda memiliki? Jika tidak, lakukan beberapa bacaan dan temukan sesuatu yang cocok dengan Anda. Filsafat dan agama sama-sama tempat yang bagus untuk dilihat. Mengenai agama, Anda tidak perlu percaya pada aspek supernatural untuk meminjam nilai-nilai mereka jika itu menarik bagi Anda.

2. Rangkullah ketidaknyamanan.

Keberanian bisa menjadi tidak nyaman. Faktanya, mungkin akan lebih sering merasa tidak nyaman daripada tidak sampai Anda benar-benar terbiasa keluar dari zona nyaman Anda. Menjadi berani berarti bersedia menghadapi yang tidak diketahui. Yang tidak diketahui adalah sesuatu yang manusia biasanya merasa tidak nyaman.

Kabar baiknya adalah Anda dapat mendekati yang tidak diketahui dengan alat dan pengetahuan. Selain itu, Anda mungkin memiliki pengalaman dan pengetahuan yang akan membantu Anda melewatinya. Dan jika tidak, Anda selalu dapat mengembangkannya.

Ketika dihadapkan pada pilihan yang sulit dan kebutuhan untuk berani, ingatkan diri Anda, “Itu normal untuk merasa tidak nyaman ketika melakukan hal yang benar. Keberanian itu tidak nyaman, tetapi ketidaknyamanan tidak akan membunuhku.” Kecuali jika Anda berada dalam situasi di mana Anda bisa terluka, dalam hal ini Anda ingin berhati-hati saat melanjutkan.

Misalnya, mungkin tampak seperti ide yang baik untuk turun tangan dan menghentikan perkelahian, tetapi itu juga cara yang baik untuk terluka atau terbunuh. Anda mungkin mencoba membantu orang tersebut di lapangan, tetapi jika kepalanya terbentur atau tidak berjalan dengan baik, mereka mungkin tidak menyadari bahwa Anda sedang mencoba membantu. Terkadang hal yang lebih berani untuk dilakukan adalah memberi tahu pihak berwenang dan menjauh dari suatu situasi.

3. Paparkan diri Anda pada ketidaknyamanan yang lebih kecil untuk membangun toleransi.

Jadi, demi argumen, katakanlah Anda sangat takut akan hal tertentu yang benar-benar ingin Anda lakukan. Ini akan membawa banyak perubahan besar yang benar-benar menakutkan. Satu hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu membangun toleransi Anda terhadap ketidaknyamanan itu adalah dengan mengurangi ketidaknyamanan yang dapat Anda atasi. Beberapa orang akan menyebut ini sebagai bentuk "terapi paparan." Artinya, Anda mengekspos diri Anda pada hal yang mengganggu Anda sedikit demi sedikit sehingga Anda bisa membangun toleransi terhadapnya.

Anda mungkin menemukan bahwa pendekatan semacam ini mengurangi atau menghilangkan kekuatan kecemasan Anda tentang melakukan hal itu.

Apa saja hal-hal kecil yang dapat Anda lakukan untuk membangun toleransi? Sebagai contoh, katakanlah Anda takut ketinggian. Anda mungkin mempertimbangkan pergi ke kolam renang lokal dan menyelam dari papan loncat. Ya, ini sedikit menurun, tetapi Anda tidak akan terluka karena melakukannya. Paling-paling, Anda hanya akan merasa tidak nyaman. Kemudian, jika mereka memiliki papan loncat yang lebih tinggi, Anda dapat meningkatkannya sampai Anda merasa nyaman dengannya.

Mungkin Anda ingin lebih jujur tentang siapa Anda dengan dunia. Kemudian, alih-alih membuka pintu sepenuhnya, Anda selalu dapat memilih untuk membiarkan bagian-bagian kecil dari diri Anda keluar sampai Anda merasa cukup percaya diri untuk melangkah keluar sepenuhnya.

4. Jaga pikiran Anda tetap kuat.

Keberanian adalah tentang kekuatan mental. Kita membutuhkan stabilitas dan tekad untuk secara konsisten melakukan hal yang benar dalam menghadapi kesulitan karena keberanian seringkali membutuhkan kesulitan. Kesulitan itu mungkin datang dari keadaan eksternal, seperti orang lain atau konsekuensi dari melakukan apa yang benar. Tetapi, di sisi lain, itu mungkin datang secara internal, dari kecemasan Anda sendiri tentang hasil atau berada dalam konfrontasi dengan orang-orang.

Pikiran yang kuat membuat lebih mudah untuk menangani semua hal itu. Memperlakukan tubuh dan pikiran Anda dengan benar akan membantu Anda meningkatkan keberanian Anda sendiri. Sulit untuk menghadapi keadaan sulit ketika Anda lelah atau lelah dari apa yang terjadi dengan hidup Anda. Jauh lebih menggoda untuk mengikuti arus, bahkan jika arus itu bukan hal yang benar untuk dilakukan.

Bantulah diri Anda sendiri dan berolahraga, makan lebih baik, tidur lebih nyenyak, dan cobalah mengelola stres Anda. Jangan biarkan dunia mengalahkan Anda hingga tunduk.

5. Rangkul dan pelihara empati Anda.

Empati adalah bagian penting dari keberanian karena dapat memberikan dorongan tambahan untuk meringankan penderitaan orang lain. Keberanian terkadang bisa berbentuk membela orang lain ketika mereka tidak bisa membela diri sendiri. Keberanian bisa datang untuk membela atau membantu seseorang yang Anda sayangi ketika hal-hal tidak baik untuknya. Mungkin juga memilih untuk melakukan hal yang benar ketika orang lain tidak melakukannya.

Namun, kita sering melakukan hal-hal ini, bukan untuk diri kita sendiri, tetapi untuk orang-orang rentan yang mungkin membutuhkan bantuan ekstra itu. Sulit untuk duduk diam dan menyaksikan ketidakadilan terungkap ketika Anda merasa berempati atas penderitaan orang itu. Tetapi kita tidak selalu melakukan pekerjaan yang baik dengan menempatkan diri kita pada posisi orang lain.

Bagaimana cara menumbuhkan empati? Cara yang baik untuk melakukannya adalah dengan menempatkan diri Anda pada posisi untuk melihat apa yang dialami orang lain. Lakukan pekerjaan sukarela untuk orang lain. Kunjungi rumah orang tua untuk menghabiskan waktu bersama orang-orang yang kesepian. Bahkan ada saluran YouTube dan media sosial dengan orang-orang yang berbeda dari lapisan masyarakat yang kasar berbagi cerita mereka. Dan kemudian Anda dapat meluangkan waktu merenungkan berjalan satu mil di sepatu mereka.

6. Pilih jalan yang lebih sulit.

Keberanian dan kepengecutan seringkali menjadi pilihan. Kita secara aktif memilih jalan yang paling tidak tahan, tidak melakukan perjuangan, hanya mengikuti arus damai dan tenang. Tetapi itu tidak selalu merupakan pilihan yang baik. Keadilan seringkali tidak damai atau tenang. Seringkali tidak nyaman dan sulit. Dan meskipun kita mungkin terbiasa memilih jalan yang paling tidak tahan, yaitu pengecut, kita juga dapat memilih untuk berhenti melakukan itu.

Tidak ada yang menghalangi Anda untuk menjalani kehidupan yang lebih baik yang Anda inginkan daripada pikiran Anda sendiri. Yang perlu Anda lakukan adalah memutuskan untuk melakukannya, menerima konsekuensi dari tindakan tersebut, dan memilih untuk bertindak dengan berani.

"Terapi itu tidak sesederhana itu!"

Itu, dampaknya mungkin sulit untuk dihadapi. Mendorong pendapat yang tidak populer mungkin sulit dan menyebabkan konflik dengan orang lain. Tetap saja, hei, begitulah adanya. Begitulah orang-orang.

Dan Anda tidak akan sempurna setiap saat. Yang penting adalah Anda terus mencoba untuk memilih keberanian ketika kepengecutan ada di meja. Semakin banyak Anda melakukannya, semakin mudah hasilnya.

Pilih jalan yang sulit. Pilih keberanian.

***
Solo, Selasa, 8 Maret 2022. 11:42 am
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko

 

Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB