x

Iklan

Bambang Udoyono

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Maret 2022

Jumat, 11 Maret 2022 17:20 WIB

Cara Dapat Inspirasi

Banyak orang menunggu inspirasi. Sejatinya ada cara untuk mendapatkan inspirasi. Artikel ini memaparkan caranya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Banyak orang mengatakan mereka menunggu inspirasi dulu agar bisa berkarya.  Kebanyakan orang pasif saja.  Ada juga yang melakukan meditasi dsb.  Tapi mari kita perhatikan kata kata seorang pelukis tersohor dari Spanyol bernama Pablo Picasso tentang inspirasi.

 

Inspiration exists, but it has to find you working (Pablo Picasso)  Artinya inspirasi itu ada, tapi ia harus menemukan kamu sedang bekerja.  Demikian kata Pablo Picasso, sang pelukis tersohor dari Spanyol.  Ternyata inspirasi harus dipicu oleh kegiatan kerja dulu.  Picasso sudah membuktikan dalam seni lukis.  Meskipun demikian saya yakin kata katanya berlaku di semua bidang, tidak hanya di bidang seni saja.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Anehnya kegiatan bekerja yang memicu inspirasi itu tidak selalu berhubungan dengan kegiatan utama.  Misalnya kegiatan utama menulis, maka bisa saja inspirasi itu datang mendadak ketika penulis sedang traveling atau sedang berkebun, atau sedang  membaca.  Dalam pengalaman saya asal fokus pikiran kita ada pada kegiatan utama, menulis misalnya, maka kegiatan lain bisa memicu datangnya inspirasi.

Saya teringat cerita Archimedes menemukan hukumnya.  Dia diberi tugas oleh raja untuk meneliti apakah mahkota raja benar benar terbuat dari emas atau bukan.  Archimedes belum punya metoda untuk mengecek kebenaran emas tersebut. Maka dia pusing.  Siang malam dia memikirkannya.  Suatu hari ketika dia sedang mandi berendam di kolam dia mengamati air di bak mandinya.  Ketika tubuhnya masuk ke air, sejumlah air keluar kolam.  Peristiwa yang sepintas sederhana itu mendadak memunculkan gagasannya. Seketika dia bangkit dan berteriak “Eureka” (Saya tahu). Peristiwa itu membangkitkan gagasan Archimedes untuk menghitung berat jenis benda.  Dari situ dia bisa mengetahui benda itu emas asli atau bukan karena setiap benda berat jenisnya berbeda.

 

Prinsip yang sama berlaku untuk setiap bidang.  Asal pikiran kita terfokus pada suatu pokok tertentu maka suatu saat gagasan bisa datang mendadak ketika kita sedang melakukan sebuah kegiatan lain.

 

Tentu saja kegiatan utama bisa juga menimbulkan gagasan. Misalnya sebagai penulis saya setiap hari menulis.  Saya selalu menulis catatan harian.  Tidak jarang saya menulis catatan tentang sebuah pokok lalu timbul gagasan.  Misalnya saya pernah mencatat bahwa di dalam Islam bumi itu mencatat semua kegiatan manusia di atasnya. Kelak dalam pengadilan akherat bumi akan bersaksi berdasar catatannya.  Ada seorang ulama yang mengatakan bahwa kita sebaiknya selalu berzikir di mana mana karena nanti setiap inci bumi akan bersaksi untuk kita. Itulah sebabnya juga orang bergeser tempat sesudah solat sunnah.  Gunanya untuk memperbanyak saksi kelak.  Pokok ini menimbulkan gagasan saya menulis sebuah novel yang tokoh utamanya punya kemampuan berkomunikasi dengan bumi. Dia bisa membaca catatan bumi tersebut untuk melacak sebuah perbuatan jahat.

 

Saya yakin semua bidang bisa menerapkan quote Picasso tersebut di atas.  Bisnis, politik, adminstrasi,  menulis, apapun itu asal pikiran kita sepenuhnya berfokus ke situ maka akan ada inspirasi setelah dipicu oleh kegiatan lain. Semoga kita semua mampu mendapatkan inspirasi dari kombinasi kegiatan utama dan kegiatan sampingan.  

Ikuti tulisan menarik Bambang Udoyono lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler