x

Iklan

GUSPITER DHARMAWAN

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 Maret 2022

Senin, 28 Maret 2022 06:59 WIB

Risk With Strategic Alliance

artikel tentang RISK WITH STRATEGIC ALLIANCE

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

SALAH SATU STRATEGI YANG DAPAT DIGUNAKAN DALAM BERBISNIS 
Guspiter Dharmawan 115190325

 Kita akan membahas strategi dimana dalam membuat maupun menjalankan usaha 
diperlukan strategi agar menjadi lebih unggul dibandingkan dengan yang lainnya. Strategi pada 
hakikatnya adalah perencanaan (planning) dan manajemen (management) untuk mencapai 
suatu tujuan. Akan tetapi untuk mencapai tujuan tersebut, strategi tidak berfungsi jika 
pemimpin organisasi tidak dapat menetapkan strategi yang tepat saat menjalankan 
organisasinya, selain itu pemimpin organisasi juga harus dapat memanfaatkan keadaan
lingkungan dengan memilih sumber daya internal yang tepat dan berkualitas. Ketetapan 
strategi yang ditetapkan pemimpin suatu organisasi, didasarkan pada pemikiran strategi yang 
dimiliki serta pengalaman pembelajarannya dalam situasi lingkungan yang terus berubah.
(sumber: https://www.jojonomic.com/blog/aliansi-strategis/)

 Dalam memilih sebuah strategi, seorang pemimpin harus mempelajari dan memahami 
manfaat dan resiko setiap strategi. Salah satu strategi yang mungkin dapat dipakai adalah 
alliance strategis. Aliansi Stategi merupakan kesepakatan formal antara dua atau lebih 
perusahaan independen tentang persetujuan untuk bekerjasama secara kooperatif menuju 
beberapa tujuan (Thompson et al. 2016). Sedangkan menurut Basanko et al, (2013) Aliansi 
strategis adalah keputusan yang berada diantara keputusan untuk membuat (make) atau 
membeli (buy), perusahaan tidak sepenuhnya melakukan aktivitas bisnis (make) dan tidak pula 
sepenuhnya bergantung pada perusahaan-perusahaan independen untuk melakukan aktivitas 
bisnisnya (buy). Jadi dapat disimpulkan aliansi strategis merupakan pemanfaatan peluang 
untuk mengatasi keterbatasan perusahaan dengan melakukan hubungan kerjasama yang 
dibangun oleh dua atau lebih organisasi untuk saling memberikan kontribusi sumber daya 
dalam mencapai tujuan bersama dan mencapai keunggulan kompetitif dan saling 
menguntungkan satu sama lain. Kerjasama yang dilakukan misalnya dalam hal tanggung 
jawab, keuangan bersama, kontribusi sumber daya, kapabilitas, risiko, pengendalian bersama 
dan saling ketergantungan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 Dalam melakukan aliansi strategi harus diperhatikan dan dipahami 4 jenis aliansi strategi 
sehingga pemimpin organisasi tidak salah mengambil keputusan dalam menggunakan strategi 
ini, berikut jenisnya: Joint venture dimana dua atau lebih perusahaan menciptakan perusahaan 
yang independen dan legal dan mandiri. Dimana mereka saling berbagi sumber daya serta 
keahlian sehingga daya saing merek meningkat.; Equity strategic alliance dimana dua atau 
lebih perusahaan memiliki persentase kepemilikan yang dapat berbeda dalam perusahaan untuk 
membentuk secara bersama namun tetap mengabungkan sumber daya dan kemampuan untuk 
mengembangkan keunggulan bersaing.; Nonequity strategic alliance dimana dua atau lebih 
perusahaan memiliki hubungan kontraktual untuk menggunakan sebagian sumber daya dan 
kapabilitas yang unik untuk mengembangkan keunggulan bersaing.; Global Strategic Alliances
adalah kerjasama secara partnerships antara dua atau lebih perusahaan lintas negara dan lintas 
industry dan juga lintas industri. 

 Setelah sudah menentukan jenis mana yang ingin digunakan, kita harus melihat manfaat 
dan resiko yang akan kita hadapi jika menggunakan alliance strategi. Manfaat yang kita dapat 
saat menggunakan alliance strategi adalah mengurangi biaya melalui skala ekonomi; dapat 
meningkatkan pengetahuan; Meningkatkan akses pada teknologi baru; membantu untuk 
membangun, memperkuat, atau mempertahankan kompetensi inti atau keunggulan kompetitif 
serta saling melengkapi dan mengurangi kelemahan sehingga mempercepat pengembangan 
teknologi baru, dan dapat berinovasi sehingga dapat bertahan dan melawan pesaing. Selain itu 
Memungkinkan partner untuk konsentrasi pada aktivitas terbaik yang sesuai dengan 
kapabilitasnya; Mendapatkan pembelajaran dari partner dan mengembangan kompetensi yang 
mungkin untuk memperluas akses pasar; Memperoleh kecukupan sumber daya dan kompetensi 
yang sesuai agar organisasi dapat hidup. Akan tetapi dari sekian banyaknya manfaat dari 
strategi aliansi, terdapat beberapa kelemahan seperti mungkin saja sesama mitra aliansi justru 
berbalik menjadi pesaing, sukar untuk mengintegrasikan pembelajaran/budaya perusahaan, 
karena masing-masing perusahaan memiliki karakter yang berbeda, oleh karena itu perlu 
adanya komunikasi yang baik antar kedua belah pihak dan membangun hubungan satu sama 
lain selain itu perlu juga adanya peran pemimpin untuk mengelola sumber daya secara efisien. 
 Hal yang harus perlu diperhatikan jika ingin menerapkan strategi aliansi strategi harus
memiliki tujuan strategi yang jelas, mendapatkan mitra yang sesuai dan harus saling 
melengkapi dan bertanggung jawab; mengadakan insentif atau penghargaan karena Kerjasama 
dalam aliansi tidak pernah terjadi secara otomatis,apalagi sebelumnya mitra adalah saingan
sehingga dibutuhkan suatu pengukuran kinerja yang tepat seperti pencapaian target yang jelas 
untuk memberikan insentif; meminimalisir konflik antara mitra; berbagi informasi dengan 
saling komunikasi satu sama lain dan melakukan kunjungan lapangan sehingga akan 
membangun kepercayaan dan mempertahankan dan memajukan kinerja perusahaan; beroperasi 
dalam waktu yang lama sehingga dapat mengembangkan beberapa proyek Bersama; fleksibel 
dalam upaya menggapai peluang baru dan tidak menutup diri dari perkembangan jaman dan 
trend yang ada. Setiap pihak harus memiliki visi, misi dan tujuan yang jelas dan terarah, 
memiliki tanggung jawab dan komiten yang jelas dan tidak tergoyahkan dan berkomiten untuk 
tidak takut akan kegagalan, membuat kesepakatan aliansi yang kuat misalnya dengan buat surat 
perjanjian kedua belah pihak dan saling memiliki pengetahuan tentang bagaimana cara 
berbisnis dan memiliki keteguhan untuk bertahan di masa-masa sulit dan masa-masa senang.
Langkah- Langkah yang harus dilakukan jika ingin melakukan aliansi strategi: 
- Melakukan persiapan, serta memikirkan dampak positf dan resiko yang akan dihadapi
dengan membuat gambaran garis besar yang akan dilakukan kedepannya oleh para
pihak.
- Menentukan produk/ layanan yang ingin dijalankan bersama serta melakukan 
pengembangan strategi maupun sumber daya yang ada. 
- Melakukan penilaian rekanan dengan melihat kelebihan maupun kelemahan sehingga 
dapat menentukan masa depan usaha yang dibangun apakah akan berhasil atau hancur.
- Berkomitmen dan membuat perjanjian secara legal sehingga kedua belah pihak tidak 
ada yang dirugikan, selain itu juga harus melakukan negoisasi yang berisi pasal-pasal 
terkait prosedur yang jelas dan dapat dipahami serta interaksi hukuman/ penalti untuk 
kinerja yang buruk, dan jika isi kontrak ada pihak yang tidak setuju maka harus di cari 
jalan tengah dan membuat surat perjanjian pemutusan aliansi jika misalnya terjadi 
konflik yang tidak ada jalan keluar dan harus disetujui oleh kedua belah pihak.
- Setelah kedua belah pihak setuju maka kegiatan usaha dapat berjalan dan harus 
melakukan penyesuaian dan penentuan misalnya sumber daya yang digunakan untuk 
aliansi, menghubungkan dan menyesuaian anggaran dan sumber daya dengan prioritas 
strategik, penegasan kinerja dan hasil dari aktivitas aliansi. dan harus melakukan 
evaluasi jika ada kinerja yang kurang baik, 
 Dalam melakukan kerjasama, tidak boleh ada pihak yang bertindak untuk merugikan pihak 
lain dan mengambil keuntungan dari pihak lain oleh karena itu dibutuhkan komunikasi yang 
baik antar kedua perusahaan dan dalam melakukan strategi aliansi diperlukannya kepercayaan
karena kepercayaan tidak dapat dipaksakan, melainkan harus didapatkan sehingga terciptanya 
keterbukaan dan transparansi agar tercapainya tujuan yang di cita-citakan oleh masing-masing 
pihak

Ikuti tulisan menarik GUSPITER DHARMAWAN lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB