x

Foto bersama

Iklan

Melisa dwi Hestiani

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 Maret 2022

Kamis, 31 Maret 2022 18:40 WIB

Pengenalan Software dan Hardware Komputer Guna Meningkatkan Wawasan Teknologi Kepada Siswa/i SDN Iwul 03

Pengabdian Kepada Masyarakat Yang Di Lakukan Oleh Mahasiswa/i S-1 Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Pamulang Kepada SDN Iwul 03 dengan judul "Pengenalan Software dan Hardware Komputer Guna Meningkatkan Wawasan Teknologi Kepada Siswa/i SDN Iwul 03", Rabu (23/03/2022).

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Rabu (23/03/2022) mahasiswa/i S1 Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Pamulang (UNPAM) mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan mengangkat tema "PENGENALAN SOFTWARE DAN HARDWARE KOMPUTER GUNA MENINGKATKAN WAWASAN TEKNOLOGI KEPADA SISWA/I SDN IWUL 03" yang berlokasi di SDN Iwul 03 yang beralamat di Jl. Lengkong Barang RT. 01/03, Iwul, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kegiatan ini merupakan program dari Universitas Pamulang yang dilakukan oleh Mahasiswa/i minimal pada Semester 5, beranggotakan 10 mahasiswa/i S1 Teknik Informatika Fakultas Teknik yaitu Melisa Dwi Hestiani, Dewy Suciati, Kiki Alfiansyah, Deni Pratama Setiabudi, Habibie Pratama, Raka Ahmad Saputra, Tomy Himawan, Muhamad Sahrul, yang diketuai oleh Rivan Ahmad Fauzi dengan dosen pembimbing PKM yaitu Ibu Leni Susanti, S.Kom.,M.Kom. Di hadiri oleh peserta SDN Iwul 03 sebanyak 30 siswa/i, dan juga di hadiri oleh Kepala Sekolah SDN Iwul 03 yaitu Ibu Sri Ratnasari HS.S.Pd serta di dampingi oleh Bapak Ilham Susanto dan Ibu Siti Julaeha SW.S.Pd selaku guru pendamping peserta pada kegiatan PKM.

Acara ini dipandu oleh Saudari Dewy Suciati dan Saudara Rendi Pratama Juniar selaku master of ceremony pada acara PKM tersebut. “Kami sangat menyadari betul bahwa pada era 5.0 sudah seharusnya anak-anak diperkenalkan terkait teknologi komputer yang memang saat ini anak-anak pada usia 11-12 tahun tepatnya duduk pada bangku kelas 6 SD sudah harus menjalankan ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer),” ujar Ibu Sri Ratnasari HS.S.Pd selaku Kepala Sekolah SDN Iwul 03 dalam sambutan pembukaan kegiatan PKM, Rabu (23/03/2022).

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Beliau mengatakan, dengan diadakannya kegiatan seperti ini pada sekolah kami diharapkan anak-anak bisa memahami serta mengimplementasikan teknologi terutama pada komputer dengan sebaik mungkin.

Pada sambutan dosen pembimbing kami Ibu Leni Susanti, S.Kom.,M.Kom beliau melakukan sedikit survei kepada peserta untuk melihat sejauh mana pengetahuan para peserta terhadap komputer. Dan yang didapati dari hasil survei tersebut hampir semua peserta tidak mengetahui apa itu komputer bahkan semua peserta belum pernah menggunakan komputer.

Kemudian disambung oleh Kepala Sekolah SDN Iwul 03 Ibu Sri Ratnasari HS.S.Pd, “Dan kegiatan PKM ini sangat tepat dilakukan pada sekolah kami karena kurangnya sarana dan prasarana yang menunjang pada sekolah kami,” ujar nya.

Pada penyampaian materi pertama disampaikan oleh saudara Rivan Ahmad Fauzi yang memaparkan materi tentang pengertian komputer serta komponennya. Penyampaian pada materi kedua disampaikan oleh saudara Deni Pratama Setiabudi dan Kiki Alfiansyah yang membawakan materi berisi tentang cara kerja komputer serta fungsi dari software komputer. Dan materi terakhir dibawakan oleh saudari Melisa Dwi Hestiani yang memaparkan materi tentang fungsi dari hardware komputer.

Para peserta sangat antusias pada kegiatan tersebut karena pemberian materi menggunakan Microsoft Power Point yang ditampilkan menggunakan proyektor yang dioperatori oleh Habibie Pratama. Tidak hanya pemberian materi saja tetapi ada games serta praktik dalam mengerjakan pengelolaan salah satu software komputer (microsoft word) untuk membuat anak-anak nyaman dan mudah memahami.

Terdapat dokumentasi untuk mengabadikan kegiatan tersebut yang dilakukan oleh Raka Ahmad Fauzi, Tomy Himawan, Muhamad Sahrul. Acara tersebut diakhiri dengan memberikan souvenir serta makan siang kepada para peserta dan cendera mata kepada SDN Iwul 03 serta Dosen Pembimbing kami Ibu Leni Susanti, S.Kom.,M.Kom.

Kami selaku Mahasiswa/i Universitas Pamulang Fakultas Teknik yang bertugas sangat berterima kasih kepada pihak yang sudah hadir dan antusias para peserta yang mengikuti kegiatan ini, harapan kami dengan adanya kegiatan ini dapat membantu peserta dalam menambah wawasan teknologi komputer sejak dini.

Dan semoga kedepannya SDN Iwul 03 bersedia untuk bekerja sama kembali dengan Prodi S1 Teknik Informatika dalam menyelenggarakan kegiatan seperti ini.

 

 

       
      Registrasi sekaligus pemberian masker dan snack box                                           Opening Ceremony oleh MC

 

     

Sambutan Dosen Pembimbing oleh Ibu Leni Susanti, S.Kom, M.Kom              Sambutan Kepala SDN Iwul 03 oleh Ibu Sri Ratnasari HS.S.Pd

 

      

                          Penyampaian materi pertama                                     Games pada saat ice breaking setelah penyampaian materi pertama

 

 

         

                Penyampaian materi kedua                                   Penyampaian materi ketiga               Praktik penggunaan software (microsoft word)

 

 

                                        

                                       Penyampaian materi menggunakan PPT                            Pemilihan pemberian hadiah siswa/i paling aktif

 

               

                            Penyerahan plakat untuk SDN Iwul 03                                                    Pemberian souvenir & makan siang untuk peserta

 

 

       

           Penyerahan plakat untuk Dosen Pembimbing                                                                         Foto bersama

 

 

                                                     Foto anggota pengabdi dengan dosen pembimbing & kepala SDN Iwul 03

Ikuti tulisan menarik Melisa dwi Hestiani lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler