x

Iklan

Marisa Putrimaharani

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 11 Juni 2022

Minggu, 12 Juni 2022 23:33 WIB

Kekurangan dan Kelebihan Arbitrase

Abitrase dalam dunia ekonomi dan keuangan praktiknya berupa memperoleh keuntungan dari perbedaan harga yang mana terjadi pada dua pasar keuangan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Arbitrase berasal dari kata arbitrare yang artinya diambil dari bahasa latin yang bermakna "kekuasaan untuk menyelesaikan suatu perkara menurut kebijaksanaan" dan seperti yang tertulis dalam buku Hukum Perdagangan Internasional karya Serlika Aprita dan Rio Adhitya tertulis bahwasanya arbitrase merupakan sebuah proses pemeriksaan sengketa yang mana dilakukan oleh yusial dan dilakukan oleh para pihak yang bersengketa. Dalam pemecahan permasalahan sengketa bukti-bukti itu juga harus dilakukan oleh pihak-pihak ketiga.

Perlu diketahui bahwasanya lembaga arbitrase juga memiliki kelebihan serta kekurangan dalam praktik persidangannya dengan pengadilan umum diantaranya adalahh:

1. sidang pada permasalahan sengketa arbitrase bersifat tertutup sehingga ini menjamin kerahasiaan sengketa kedua belah pihak tentulah terjamin.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

2. sering terjadi keterlambatan procedural dan juga administrative namun dalam persidangan arbitrase ini tentu saja hal itu dapat dihindari.

3. kelebihan selanjutnya adalah para pihak yang bersengketa dapat memilih sendiri arbiter sesuai dengan keyakinan masing-masing dan dapat menilai sendiri dari segi pengetahuan,penampilan,kejujuran dan keadilannya.

4. dalam persidangan arbitrase para arbiter akan mengusahakan win-win solution untuk setiap masalah persengketaannya.

5. sebuah keputusan arbitrase  bersifat mengikat (final and binding) sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan

6. dalam persidangan arbitrase para arbiter haruslah mengusahakan perdamaian kedua belah pihak.

Diantara kelebihan persidangan arbitrase diatas maka adapula kekurangan yang dimiliki dalam persidangan arbitrase diantaranya adalah :

1. sebuah keputusan arbitrase ditentukan oleh kemampuan arbiter yang bersangkutan dalm memberikan suatu keputusan yang memuaskan dengan berpegang dengan rasa keadilan kedua belah pihak.

2. jika terjadi kekalahan antara salah satu pihak dan pihak yang bersangkutan tidaklah mau untuk melakukan keputusan arbitrase maka akan diturunkan suatu perintah pengadilan untuk mengeksekusi putusan arbitrase tersebut.

3. keputusan arbitrase asing masihlah sangat sulit dilakukan prakteknya.

4. para pihak yang bersangkutan dalam arbitrase sebagian besar merupakan sebuah perusahaan besar sehingga dalam menyatukan kehendak para pihak yang bersengketa bukanlah hal yang mudah.

Instansi : UIN Sultan Maulana Hasannudin Banten

Mata kuliah : Arbitrase Syariah

Dosen pengampu : Syaiful Bahri, S.Ag, M.M

Demikianlah kekurangan serta kelebihan dalam persidangan arbitrase semoga materi yang disampaikan dapat berguna bagi pembaca.

Ikuti tulisan menarik Marisa Putrimaharani lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu