x

Iklan

118_Tubagus Arbyan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 14 Juni 2022

Selasa, 14 Juni 2022 07:44 WIB

Tantangan Manajemen Sumber Daya Insani

Mengetahui apa saja tantangan MSDI saat ini dan masa yang akan datang

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Menurut Edwin B. Flippo, manajemen personalia/SDM adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian dari pengadaan, pengembangan, kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan, dan pemberhentian karyawan atau pegawai, dengan maksud terwujudnya tujuan organisasi, individu, karyawan dan masyarakat. Perusahaan membutuhkan adanya Manajemen sumber daya manusia untuk membantu terwujudnya tujuan perusahaan.

Byars dan Rue (1997) menyatakan bahwa tantangan Manajemen sumber daya manusia saat ini dan mendatang adalah muncul isu-isu keberagaman di tempat kerja, adanya perubahan tuntutan dari pemerintah, adanya perubahan struktur organisasi. adanya perkembangan teknologi khususnya teknologi informatika, dan adanya isu pendekatan manajemen yang cenderung kearah pemberdayaan karyawan dan tim kerja mandiri. tantangan yang akan dibahas di artikel ini yaitu :

A. Tantangan Internal

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

B. Tantangan Eksternal

C. Tantangan Individual

D. Tantangan Sosial Politik

E. Tantangan Professional

F. Tantangan Teknologi

 

A. Tantangan Internal

Faktor-faktor internal organisasional adalah atribut-atribut yang mencerminkan kondisi organisasi saat ini dan arahnya ke masa mendatang. Praktik-praktik manajemen sumber daya manusia (termasuk perencanaan tenaga kerja) haruslah selaras dengan empat elemen organisasional seperti tujuan organisasi, sumber daya finansial, budaya organisasi dan struktur organisasi, yang dijelaskan lebih lanjut sebagai berikut :

1. Tujuan organisasi

Tujuan organisasi adalah obyek dimana organisasi mengarahkan sumber-sumber daya dan perhatiannya, yang berkaitan dengan penciptaan dan pemeliharaan nilai sosial dan tanggung jawab masyarakat ; jenis dan tingkatan keluaran; keistimewaaan-keistimewaan produk dan jasa; aktivitas dan kinerja manajerial; tingkat kemampuan; penggunaan sumber daya; serta sikap dan kinerja karyawan, termasuk kepuasan kerja, perputaran karyawan, ketidakhadiran dan komitmen.

tujuan organisasi merupakan hal yang penting bagi perusahaan karena beberapa alasan, antara lain :

a) memberikan pedoman terhadap arah upaya individu dan kelompok di dalam sebuah organisasi.

b) tujuan mempengaruhi bagaimana organisasi merencanakan dan mengorganisasikan aktivitas-aktivitasnya.

c) tujuan menjadi basis untuk mengevaluasi dan mengendalikan aktivitas organisasi.

2. Sumber Daya Finansial

Mengetahui sebab-sebab yang membatasi sumber daya finansial akan dapat mempengaruhi bidang-bidang seperti kompensasi, negosiasi karyawan, pelatihan dan rekrutmen.

3. Budaya Organisasi

Budaya organisasi adalah keyakinan dan asumsi dasar yang mengiakat kebersamaan setiap anggota organisasi. budaya organisasi mewarnai sikap dan perilaku yang bermanifestasi dalam interaksi sosial antar anggota perusahaan dalam bekerja.

4. Struktur Organisasi

Struktur organsasi adalah hubungan pelaporan formal, tingkat dan jenis divisi pekerja, serta merupakan alat mengoordinasikan berbagai bagian dalam organisasi. dijelaskan lebih lanjut bahwa bentuk struktur organisasi juga mempengaruhi kelayakan dan akurasi berbagai alternatif sistem manajemen sumber daya manusia.

B. Tantangan Eksternal

Tantangan eksternal adalah keseluruhan keadaan atau perubahan-perubahan yang bersumber dari lingkungan ekstrnal, yang dapat menyulitkan dan menghambat usaha peningkatkan fungsi sumber daya manusia untuk mendukung dan membantu organisasi mencapai tujuannya. Seperti yang dijabarkan sebagai berikut :

1. Keadaan dan perubahan tenaga kerja

keadaan tenaga kerja yang mempunyai aneka macam latar belakang budaya, nilai, usia, tingkat pedidikan, dan kemampuan yang dibawa pegawai ke dalam organisasi mempunyai damak terhadap MSDM dalam upaya dalam upaya mengembangkan praktek-praktek dan kebijaksanaan sumber daya manusia yang tepat. 

2. keadaan dan perubahan teknologi

sebagaimana kita ketahui, teknologi akan terus berubah, dalam arti akan ditemukan beragai alat yang dapat mengganti-kan tenaga kerja manusia yang lebih baik, efektif, efisien, dan lain-lain.

3. Keadaan dan perubahan ekonomi dan persaingan

keadaan dan aktivitas ekonomi yang senantiasa mengalami perubahan dapat mempengaruhi aktivitas bisnis.

4. Keadaan dan perubahan Pemerintahan

C. Tantangan Individual

Persoalan sumber daya manusia pada tingkat individu mengarah pada keputusan yang berhubungan dengan karyawan secara spesifik. tantangan individu ini biasa mempresentasikan apa yang sedang terjadi pada organisasi yang besar seperti pengaruh teknologi terhadap prduksi karyawan. Tantangannya yaitu :

1. Keanekaragaman Tenaga Kerja

2. Produktivitas

3. Perilaku Etis

D. Tantangan Sosial Politik

Perencanaan SDM tidak selalu berjalan dengan baik, terdapat berbagai kendala dan tantangan yang dihadapi diantaranya adalah :

1) Standar Kompetensi SDM

2) Manusia Adalah Makhluk hidup

3) Kondisi dmografis SDM

4) Kebijakan pemerintah

E. Tantangan Profesional

MSDM sangat memerlukan sekali anggota MSDM yang memiliki profesionalisme, keahlian, pengetahuan, tingkat pendidikan tertentu, dan pengalaman yang cukup. Dengan maksud agar mempunyai kontribusi yang besar terhadap pencapaian tujuan organisasi. Apalagi dalam era yang saat ini (globalisasi) sangat membutuhkan sekali orang-orang yang berkompeten dalam mengelola sebuah organisasi.

F. Tantangan Teknologi

Zaman yang semakin maju memberikan dampak pada perubahan teknologi juga, perkembangan ilmu pengetahuan membuat teknologi berkembang semakin pesat. Perubahan teknologi tersebut juga mempengaruhi sistem dunia kerja pada saat ini, di mana peran manusia mulai tergantikan oleh mesin. Hal ini tentu menjadi tantangan bagi sumber daya manusia, karena perannya kini beralih pada keterampilannya dalam menguasai teknologi.

Artikel ini dibuat sebagai tugas UTS Mata Kuliah MSDI,dengan Dosen Pengampu Dr.H. Syaeful Bahri, S.Ag, M.M.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Ikuti tulisan menarik 118_Tubagus Arbyan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler