Tantangan Manajemen Sumber Daya Insani - Analisis - www.indonesiana.id
x

118_Tubagus Arbyan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 14 Juni 2022

Rabu, 15 Juni 2022 15:20 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Tantangan Manajemen Sumber Daya Insani

    Mengetahui Tantangan Manajemen Sumber Daya Insani Di zaman ini dan zaman yang akan datang

    Dibaca : 2.981 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Menurut Edwin B. Flippo, Manajemen Personalia/Sumber Daya Manusia adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian pengadaan, pengembangan, kompensasi, integrasi, pemeliharaan dan pemisahan pegawai atau personel, dengan tujuan untuk mencapai tujuan organisasi, individu, pegawai dan masyarakat.. Perusahaan membutuhkan manajemen sumber daya manusia untuk membantu mencapai tujuan perusahaan. Byars dan Rue (1997) menyatakan bahwa tantangan manajemen sumber daya manusia saat ini dan di masa depan adalah munculnya isu keragaman di tempat kerja, perubahan tuntutan dari pemerintah, dan perubahan struktur organisasi. Adanya perkembangan teknologi khususnya teknologi informasi dan isu pendekatan manajemen yang cenderung ke arah pemberdayaan karyawan dan tim kerja yang mandiri.. tantangan yang akan dibahas di artikel ini yaitu :

    A. Tantangan Internal

    B. Tantangan Eksternal

    C. Tantangan Individual

    D. Tantangan Sosial Politik

    E. Tantangan Professional

    F. Tantangan Teknologi  

    A. Tantangan Internal Faktor-faktor internal

    organisasional adalah atribut-atribut yang mencerminkan kondisi organisasi saat ini dan arahnya ke masa mendatang. Praktik manajemen sumber daya manusia (termasuk perencanaan tenaga kerja) harus diselaraskan dengan empat elemen organisasi seperti tujuan organisasi, sumber daya keuangan, budaya organisasi dan struktur organisasi, yang dijelaskan lebih rinci. sebagai berikut :

    1. Tujuan organisasi Tujuan organisasi adalah obyek dimana organisasi mengarahkan sumber-sumber daya dan perhatiannya, yang berkaitan dengan penciptaan dan pemeliharaan nilai sosial dan tanggung jawab masyarakat ; jenis dan tingkatan keluaran; fitur produk dan layanan; kegiatan dan kinerja administrasi; tingkat kemampuan untuk menggunakan sumber daya; dan sikap dan kinerja karyawan, termasuk kepuasan kerja, pergantian karyawan, ketidakhadiran, dan komitmen.. tujuan organisasi merupakan hal yang penting bagi perusahaan karena beberapa alasan, antara lain :

    a) memberikan pedoman terhadap arah upaya individu dan kelompok di dalam sebuah organisasi.

    b) tujuan mempengaruhi bagaimana organisasi merencanakan dan mengorganisasikan aktivitas-aktivitasnya.

    c) tujuan menjadi basis untuk mengevaluasi dan mengendalikan aktivitas organisasi.

    2. Sumber Daya Finansial Mengetahui sebab-sebab yang membatasi sumber daya finansial akan dapat mempengaruhi bidang-bidang seperti kompensasi, negosiasi karyawan, pelatihan dan rekrutmen.

    3. Budaya Organisasi Budaya organisasi adalah keyakinan dan asumsi dasar yang mengiakat kebersamaan setiap anggota organisasi. budaya organisasi mewarnai sikap dan perilaku yang bermanifestasi dalam interaksi sosial antar anggota perusahaan dalam bekerja.

    4. Struktur Organisasi Struktur organsasi adalah hubungan pelaporan formal, tingkat dan jenis divisi pekerja, serta merupakan alat mengoordinasikan berbagai bagian dalam organisasi. dijelaskan lebih lanjut bahwa bentuk struktur organisasi juga mempengaruhi kelayakan dan akurasi berbagai alternatif sistem manajemen sumber daya manusia.

    B. Tantangan Eksternal Tantangan

    eksternal adalah keseluruhan keadaan atau perubahan-perubahan yang bersumber dari lingkungan ekstrnal, yang dapat menyulitkan dan menghambat usaha peningkatkan fungsi sumber daya manusia untuk mendukung dan membantu organisasi mencapai tujuannya. Seperti yang dijabarkan sebagai berikut :

    1. Keadaan dan perubahan tenaga kerja keadaan tenaga kerja yang mempunyai aneka macam latar belakang budaya, nilai, usia, tingkat pedidikan, dan kemampuan yang dibawa pegawai ke dalam organisasi mempunyai damak terhadap MSDM dalam upaya dalam upaya mengembangkan praktek-praktek dan kebijaksanaan sumber daya manusia yang tepat.  

    2. keadaan dan perubahan teknologi sebagaimana kita ketahui, teknologi akan terus berubah, dalam arti akan ditemukan beragai alat yang dapat mengganti-kan tenaga kerja manusia yang lebih baik, efektif, efisien, dan lain-lain.

    3. Keadaan dan perubahan ekonomi dan persaingan keadaan dan aktivitas ekonomi yang senantiasa mengalami perubahan dapat mempengaruhi aktivitas bisnis.

    4. Keadaan dan perubahan Pemerintahan

    C. Tantangan Individual Persoalan

    sumber daya manusia pada tingkat individu mengarah pada keputusan yang berhubungan dengan karyawan secara spesifik. tantangan individu ini biasa mempresentasikan apa yang sedang terjadi pada organisasi yang besar seperti pengaruh teknologi terhadap prduksi karyawan. Tantangannya yaitu :

    1. Keanekaragaman Tenaga Kerja

    2. Produktivitas

    3. Perilaku Etis

    D. Tantangan Sosial Politik Perencanaan SDM tidak selalu berjalan dengan baik, terdapat berbagai kendala dan tantangan yang dihadapi diantaranya adalah :

    1) Standar Kompetensi SDM

    2) Manusia Adalah Makhluk hidup

    3) Kondisi dmografis SDM

    4) Kebijakan pemerintah

    E. Tantangan SDM yang benar-benar profesional membutuhkan anggota SDM yang memiliki profesionalisme, pengalaman, pengetahuan, dan tingkat pendidikan dan pengalaman tertentu yang cukup. Dengan maksud untuk memiliki kontribusi yang signifikan terhadap pencapaian tujuan organisasi.. Apalagi dalam era yang saat ini (globalisasi) sangat membutuhkan sekali orang-orang yang berkompeten dalam mengelola sebuah organisasi.

    F. Tantangan Teknologi Zaman yang semakin maju memberikan dampak pada perubahan teknologi juga, perkembangan ilmu pengetahuan membuat teknologi berkembang semakin pesat. Perubahan teknologi tersebut juga mempengaruhi sistem dunia kerja pada saat ini, di mana peran manusia mulai tergantikan oleh mesin. Hal ini tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi SDM, karena perannya kini telah bergeser ke skill mereka dalam penguasaan teknologi.

    Artikel ini dibuat untuk memnuhi tugas UTS mata kuliah Manajemen Sumber Daya Insani dengan dosen pengampu Dr. H. Syaeful Bahri, S. Ag, MM dosen di fakultas dosen di fakultas ekonomi dan bisnis islam UIN SMH Banten

    Ikuti tulisan menarik 118_Tubagus Arbyan lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.