x

Software Akuntansi untuk Perusahaan Travel

Iklan

Siti Kurniasih 86

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 16 Juni 2022

Jumat, 17 Juni 2022 19:37 WIB

Simak 6 Langkah Proses Rekrutmen yang Efektif oleh Perusahaan


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Rekrutmen merupakan hal yang penting dalam pengadaan tenaga kerja di suatu perusahaan. Keberhasilan rekrutmen itu sendiri tentunya akan menjadi peluang bagi perusahaan dalam mendapatkan karyawan yang berkompeten di bidangnya.

Tentu dalam mendapatkan karuawan yang berkompeten di perlukan proses rekrutmen yang efektif, berikut langkah-langkah rekrutmen yang efektif:

1. Identifikasi Kebutuhan Perusahaan Sebelum Membuat Lowongan Pekerjaan. Artinya diperlukan adanya identifikasi terlebih dahulu agar dalam pencarian posisi pengganti bisa di lakukan dengan lebih mudah dan tentunya hasil dari identifikasi akan mempermudah proses rekrutmen selanjutnya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

2. Mempersiapkan Deskripsi Pekerjaan. Tujuan adanya hal ini untuk membantu mengkomunikasikan kebutuhan dan ekspektasi perusahaan terhadapa para talent, untuk itu di perlukan adanya deskripsi pekerjaan yang spesifik.

3. Memuat Rekrutmen Plan.

Susunan strategi dalam proses rekrutmen dapat memudahkan proses dari rekrutmen, dalam hal ini ada beberapa yang harus di perhatikan yaitu dalam menentukan siapa saja yang akan meninjau pemberkasan baik dalam pengumpulan resume maupun tugas individu ataupun dalam mekanisme wawancara.

4. Mulai Mencari Talent Yang tepat.

Berikut beberapa hal yang harus ada dalam poin ini:

- Persyaratan Pekerjaan

- Kriteria yang di cari

- Tempat Kerja

- Kompensasi / Tunjangan Yang di berikan

- Masa Kerja

- Informasi cara mendaftar

5. Membuat Daftar Talent Teratas

Disini akan di tentukan rangking atau nilai terbesar ke nilai terkecil ,ini tentunya di perlukan adanya ketilitian agar hasil dari rank ini sesuai dengan prosedur yang di tetapkan.

6. Lakukan Phone Screening

Saat melakukan tahap ini pastikan talent mendapatkan pertanyaan yang sesuai dengan bidangnya, yang dapat membuat perusahaan yakin dalam menerima talent tersebut.

*) Artikel ini dibuat sebagai tugas UTS mata kuliah " Manajemen Sumber Daya Insani" dengan dosen pengampu Dr. H. Syaeful Bahri, S.Ag, MM. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Ekonomi Syariah, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.

 

Ikuti tulisan menarik Siti Kurniasih 86 lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB