7 Alasan Pentingnya Memiliki Asuransi Kendaraan Untuk Mobil Pribadi - Urban - www.indonesiana.id
x

Inilah modifiasi mobil yang Aman Dari tilang

Arai Amelya

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 April 2022

Jumat, 24 Juni 2022 07:30 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • 7 Alasan Pentingnya Memiliki Asuransi Kendaraan Untuk Mobil Pribadi

    Memiliki mobil sebagai kendaraan pribadi tentu sangat menguntungkan. Namun Anda harus tahu pentingnya memiliki asuransi mobil supaya kendaraan kesayangan terlindungi dan hidup lebih tenang.

    Dibaca : 578 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Selain sebagai kendaraan yang menunjang aktivitas sehari-hari, mobil pribadi juga seringkali dimasukkan dalam daftar barang kesayangan. Alasannya beragam, bisa karena menjadi saksi perjalanan hidup, bisa pula karena merupakan barang pemberian dari orang tersayang. Itulah mengapa adalah hal penting untuk memberi proteksi terhadap mobil pribadi.

    Adapun proteksi yang bisa diberikan adalah asuransi kendaraan. Dalam dunia suransi, dikenal dua jenis asuransi kendaraan, yaitu asuransi komprenshif dan asuransi total risk only (TLO). Kedua asuransi ini punya perbedaan yang menjadi dasar atas penilaian kekurangan dan kelebihan. Dari segi premi, asuransi TLO terbilang lebih sedikit, tetapi dari segi cakupan pertanggungan, asuransi komprenshif lebih unggul dengan cakupan pertanggungan yang lebih luas.

    Lantas, apa sih pentingnya memberi asuransi terhadap mobil kesayangan?

    Yuk, simak beberapa alasannya!

    #1. Mengcover Biaya Perbaikan Jika Terjadi Kerusakan

    Manusia bisa sakit, kendaraan pun bisa rusak. Meski dua-duanya adalah hal yang tidak menyenangkan dan tidak kita inginkan, tetapi terkadang ada satu hal yang terjadi di luar kendali kita.
    Dalam hal kerusakan mobil, adanya asuransi sangat dapat membantu dalam mengcover biaya perbaikan saat mobil mengalami kerusakan karena berbagai sebab. Bisa karena kebakaran, perbatan jahat/iseng orang lain, dan akibat lainnya.

    Untuk proses klaimnya, pihak asuransi telah bekerja sama dengan berbagai bengkel di seluruh Indonesia untuk mempermudah proses klaim dalam rangka perbaikan mobil yang rusak.

    #2. Proteksi Dini Jika Mobil Mengalami Kecelakaan

    Kita tentu tidak pernah menginginkan hal buruk seperti kecelakaan terjadi. Namun, dalam mobilitas di jalan raya, terkadang kita tidak bisa menampik adanya faktor X yang bisa menimbulkan risiko terjadinya kecelakaan.
    Nah, untuk proteksi dini, asuransi mobil sangat diperlukan. Asuransi kendaaraan dapat digunakan sebagai kemudahan untuk proses perbaikan mobil pascakecelakaan. 

    #3. Memberi Proteksi Jika Terjadi Kehilangan

    Tingkat kriminalitas yang terbilang tinggi di Indonesia, membuat kita begitu “akrab” dengan berbagai macam tindak kriminal. Salah satunya pencurian mobil. Bagi yang memiliki mobil pribadi, hal tersebut tentu saja menjadi salah satu bencana yang wajib untuk diantisipasi. Selain memastikan kendaraan aman saat di-parkir, menghindari titik rawan perilaku kriminal di jalanan, menyiapkan asuransi kendaraan untuk mobil pribadi juga bisa dijadikan salah satu langkah antisipasi sekaligus proteksi.

    Dalam produk asuransi tertentu, penggantian mobil baru bisa didapatkan asalkan telah memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

    rental mobil makassar

    #4. Men-support Rencana Keuangan

    Mobil yang tiba-tiba rusak atau terlibat kecelakaan, bisa bikin pusing kepala mikirin biayanya. Mending kalau lagi ada dana lebih? Kalau tidak? Rencana keuangan yang sudah diatur sedemikian rupa, bisa terganggu.
    Itulah mengapa penting untuk menyiapkan asuransi kendaraan bagi mobil pribadi, selain memproteksi, adanya suransi juga bisa memberikan rasa tenang dan aman jika sewaktu-waktu mobil mengalami hal-hal tidak menyenangkan.

    #5. Mengatasi Penurunan Harga

    Jika dilihat secara umum, untuk urusan harga, yang namanya harga jual kembali sebuah mobil akan mengalami penurunan. Terlebih jika ada bagian dari mobil yang mengalami kerusakan. Agar terhindar dari penurunan harga jual kembali secara drastis, memberi asuransi mobil sejak awal, bisa dijadikan solusi. Dengan syarat dan ketentuan tertentu, pihak asuransi biasanya menyiapkan perlindungan berupa penggantian baru pada bagian mobil yang rusak.

    #6. Bebas Dari Tanggungan Pihak Ketiga

    Dalam banyak kasus kecelakaan, terkadang seorang pengemudi yang tidak berhati-hati pada akhirnya membuat pengemudi lainnya “terlibat” dalam kasus kecelakaan tersebut. Akibatnya, pihak yang tidak sengaja terlibat, ikut disalahkan dan dimintai pertanggungjawaban.

    Untuk kasus seperti ini, adanya asuransi paket lengkap yang bukan hanya meng-cover diri sendiri beserta mobil pribadi, tetapi juga bisa meng-cover biaya perbaikan mobil pihak ketiga yang menjadi korban kecelekaan. Dengan demikian, beban biaya yang harus dibayarkan pun akan lebih ringan.

    #7. Bisa Memanfaatkan Fitur Layanan Tambahan

    Selain manfaat utama, asuransi mobil juga biasanya menyediakan fitur layanan tambahan seperti misalnya, fasilitas derek jika mobil mengalami ban bocor, mogok karena kehabisan bakar, atau kerusakan lainnya yang membutuhkan fasilitas bengkel. Selain itu ada pula layanan hotline yang bisa dihubungi dalam keadaan darurat saat mobil mengalami kendala/kerusakan.

    Nah, itulah dia tujuh alasan pentingnya memiliki asuransi mobil untuk mobil pribadi. Di Indonesia sendiri, ada cukup banyak perusahaan asuransi yang memiliki produk asuransi kendaraan, sebut saja asuransi Sinar Mas, Autolicin, Garda Oto, BCA, dan masih banyak lagi. 

    Keempat perusahaan yang memiliki produk asuransi mobil tersebut, sudah terjamin kredibiltasnya. Terdaftar OJK dan punya rekanan bengkel di banyak kota besar di Indonesia. Asuransi mobil Surabaya contohnya. Hal tersebut penting untuk diketahui agar tidak salah dalam memilih perusahaan asuransi. 

    Bagaimana? Sudah mulai paham pentingnya asuransi untuk mobil kesayangan? Silakan kunjungi kantor perusahaan asuransi pilihanmu atau kunjungi laman website-nya untuk mendapatkan info lebih detail, ya.
    Semoga artikel ini bermanfaaat!

    Ikuti tulisan menarik Arai Amelya lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.










    Oleh: web seo

    Minggu, 26 Juni 2022 12:08 WIB

    Cara Membersihkan Thorttle Body pada Motor

    Dibaca : 463 kali