Ngomong di Depan Umum, Siapa Takut; Ini Dia 3 Tip agar Tetap Pede

Jumat, 1 Juli 2022 08:47 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

jago public speaking dengan tau rahasia ini!

Public speaking itu emang nggak gampang. Banyak orang yang gagal dan akhirnya tidak berani mencoba lagi untuk ngomong dan tampil di depan umum. Kenapa hal ini bisa terjadi? Karena untuk bisa berbicara di depan umum itu dibutuhkan keberanian dan kepercayaan diri. Berani tampil depan banyak orang, percaya diri berbicara tanpa gugup.

Percaya diri inilah yang paling sulit, karena tidak semua orang itu punya kepercayaan diri. Banyak yang tidak percaya diri alias pede saat berbicara di depan umum. Banyak juga yang belum mencoba tapi udah pesimis duluan, katanya nggak bisa pede ngomong didepan umum karena emang dia orangnya kayak gitu pemalu, ada juga yang bilang dari lahir saya memang nggak bisa.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Apakah rasa kepercayaan diri ini dibawa sejak lahir? Tidak yah! Apakah rasa kepercayadirian ini tidak bsia dipelajari? Bisa aja kalau kamu mau. Karena sebenarnya rasa percaya diri itu bisa dibangun sendiri dengan banyak latihan, dan meski awalnya nggak bisa tapi jika kamu latihan dan mau praktekin ketiga tips ini saya yakin kamu juga bisa pede buat public speaking.

Ini dia beberapa kegiatan yang dapat kamu lakukan setiap ada waktu dan weekend di rumah untuk lebih professional dalam presentasi, pidato, atau percakapan sehingga public speaking kamu tidak ada alasan lagi tidak pede!

 

1. Bicaralah ke dinding

Public speaking itu harus banyak latihan. Apakah latihannya harus didepan banyak orang? Tidap mesti. Kamu bisa latihan dengan tembok dulu sebelum dengan orang lain. Aku merekomendasikan untuk menantang dirimu sendiri untuk berbicara ke dinding setidaknya selama dua menit. Mengapa? Salah satu hal terbesar yang akan langsung menurunkan kepercayaan diri dan tingkat energi ketika kamu berbicara kepada audiens adalah ekspresi dan reaksi wajah mereka. “Meskipun, sebagian besar waktu, itu tidak ada hubungannya denganmu. Ekspresi wajah orang-orang didasarkan pada pemikiran mereka (yang jarang ada hubungannya denganmu) dan bagaimana wajah mereka bertumpu.” Jika udah bisa, kamu bisa menggantinya dengan berbicara didepan cermin. Kamu bisa melihat wajahmu sendiri dan latihan menatap matamu sendiri. Agar terbiasa menatap mata dan melihat wajah orang lain.

 

2. Rekam dirimu saat berbicara

Tips keduanya, dengan cara merekam. Salah satu cara tercepat untuk membuat daftar tugas berbicara di depan umum adalah dengan menonton dirimu sendiri berbicara. Aktifkan kamera dan rekam dirimu berbicara selama beberapa menit. “Ketika memainkannya kembali, selesaikan penilaian diri sendiri dan mulailah menulis daftar perbaikan bahasa tubuh yang dapat kamu lakukan serta semua tics gugup yang kamu miliki (mulai dari menyentuh rambut hingga menggunakan tics verbal),” kamu harus menulis semuanya sebagai catatan evaluasi public speaking kamu. Pertama-tama tonton video kembali dengan volume biasa, lalu tonton lagi dengan diam untuk melihat bagaimana komunikasi nonverbalmu atau mengalihkan perhatian dari keseluruhan pesan. Latihan ini akan membuat public speakingmu semakin berkembang.

 

3. Mulai menghitung ‘umm’ saat kamu bicara

Tips terakhir, kamu harus mulai menghitung berapa banyak kata ‘umm’ dan sejenisnya saat kamu bicara. Buatlah tujuan baru bahwa setiap kali kamu berbicara dengan orang-orang di telepon atau dengan seseorang di sekitarmu, kamu tetap sadar tentang berapa kali kamu menggunakan tics verbal (kekhasan perilaku atau ucapan yang biasanya tidak disadari) dan kata-kata pengisi (seperti: umm, uhh, jadi, seperti, sebenarnya, gitu lho, dll). Ini akan membantu memperhatikan pilihan kata dan frekuensi berapa banyak dari verbal itu masuk ke dalam kalimat. Ingin menyingkirkan semuanya? Lakukan kontak mata saat berbicara. Itu akan membantu Anda untuk fokus dan menggunakan lebih sedikit kata-kata ini. Selamat mencoba!

Hal tersebut dapat anak Anda pelajari di Merry Riana School of Public Speaking, program pengembangan diri untuk anak dan remaja yang berfokus untuk membantu anak lebih percaya diri dan pandai berkomunikasi Selain itu anak Anda juga akan berlatih Teknik public speaking sehingga saat berbicara suasana bisa lebih hidup dan pesan dapat tersampaikan dengan baik. Kalau Anda ingin meningkatkan kemampuan komunikasi anak Anda dengan pembelajaran yang seru dan menyenangkan. Anda bisa mulai mengambil langkah pertamanya dengan mengikuti Merry Riana School of public speaking

 

Isi data Anda melalui link dibawah ini

https://merryrianalearningcentre.com/sp-ps/

Bagikan Artikel Ini
img-content
Priska Sahanaya

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
Lihat semua