x

Ilustrasi Minum Kopi. Pixabay.com

Iklan

Zulfikar

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 Juli 2022

Jumat, 8 Juli 2022 17:03 WIB

Analisis Semiotika Ikon Pada Iklan Top Coffee

Analisis ini untuk memenusi syarat tugas ujian tengah semester mata kuliah Semiotika, Universitas Pamulang Semester 6.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Ikon merupakan suatu gambaran dalam bentuk linguistik ataupun bentuk citra atau image. Pada iklan di atas, terdapat ikon seorang musisi legendaris yang sangat tangguh dan berani, yaitu sosok Iwan Fals. Beliau adalah seorang legendaris yang karyanya diakui oleh masyarakat Indonesia sebagai penyanyi yang sangat terkenal dengan lagu-lagunya yang berisi kritik kehidupan sosial di Indonesia.

Dalam kaitannya dengan iklan TOP coffee, Iwan Fals dijadikan sebagai ikon dalam iklan tersebut karena semangatnya yang tinggi dalam menunjukkan perubahan. Dalam iklan tersebut, yang ingin ditonjolkan adalah semangat dari iwan Fals agar masyarakat Indonesia mengubah kebiasaannya dalam minum kopi.

Biasanya mereka minum kopi dengan mencampurkan terlebih dahulu, tetapi dalam iklan tersebut, Iwan Fals menggugah masyarakat untuk membongkar kebiasaan lamanya, dan mulai untuk minum kopi kemasan dengan citra rasa yang tinggi yang ditawarkan oleh TOP coffee.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Selain ikon Iwan Fals sebagai seorang legendaris, juga terdapat ikon 3 biji kopi utuh yang diletakkan di atas cangkir yang didalamnya berisi kopi panas yang diletakkan di atas cawan. Biji kopi yang dijadikan ikon merupakan biji kopi pilihan yang sangat luar biasa. Ini adalah ikon yang merepresentasikan produk TOP coffee yang membedakannya dengan produk yang lain.

Dari ikon ini, terdapat gambaran betapa nikmatnya kopi ini bila diminum hangat-hangat. Ikon berupa kopi ini juga menjelaskan bahwa Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat luar biasa berupa kopi yang sangat nikmat.

Ikuti tulisan menarik Zulfikar lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Hanya Satu

Oleh: Maesa Mae

Kamis, 25 April 2024 13:27 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Hanya Satu

Oleh: Maesa Mae

Kamis, 25 April 2024 13:27 WIB