x

Iklan

Ahmad Irso Kubangun

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Minggu, 10 Juli 2022 11:56 WIB

Sangat Layak, Hasil Survei Prabowo Sebagai Menteri Berkinerja Terbaik

Kinerja para Menteri dibawah kepemimpinan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Maruf Amin dinilai kinerjanya. Jabatan sebagai Menteri dalam menjalankan tugasnya membantu Presiden mendapatkan penilaian. Di era keterbukaan saat ini masyarakat juga bisa menilai secara langsung kinerja menteri salah satunya melalui survei.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kinerja para Menteri dibawah kepemimpinan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin dinilai kinerjanya.

Jabatan sebagai Menteri dalam menjalankan tugasnya membantu Presiden mendapatkan penilaian. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Di era keterbukaan saat ini masyarakat juga bisa menilai secara langsung kinerja menteri salah satunya melalui survei. 

Meskipun posisi Menteri merupakan hak prerogatif Presiden, namun penilaian tersebut sebagai bagian kepuasan publik.

Karena dengan adanya kepuasan publik ini menunjukkan bentuk pelayanan Pemerintah kepada masyarakat. 

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menjadi salah satu menteri yang memiliki kinerja terbaik.

Hal itu berdasarkan hasil Lembaga survei Political Weather Stations (PWS) yang menilai konsisten berada diurutan teratas.

Artinya, penilaian kinerja terbaik ini menunjukkan Prabowo sangat layak dan fair karena berdasarkan survei.

Meski sebagian menyangsikan hasil Lembaga survei, namun penilaian menunjukkan secara  konsisten teratas.

Jadi, sekali lagi hasil survei PWS tersebut sangat mewakili suara masyarakat seluruh Indonesia.

Bahkan, secara kasat mata sepak terjang Prabowo juga terlihat banyak prestasi yang diraihnya selama menjabat Menteri.

Publik merasa puas dengan kinerjanya di pertahanan baik kiprahnya di dalam maupun di Luar Negeri. 

Latar belakang dari Militer menjadikannya sebagai orang yang sangat tepat menduduki sebagai jabatan Menhan.

Berangkat dari pengalamannya, tentu sebagai acuan menjalankan tugas dalam pertahanan negara. 

Bahkan, dalam berbagai kesempatan hasil survei Prabowo sebagai Capres juga menempati posisi teratas. 

Namun, lagi-lagi menegaskan bahwa dirinya tetap fokus dalam menjalankan tugas pertahanan daripada kampanye.

Terbukti, fokus pada menjalankan tugas pertahanan diganjar sebagai Menteri dengan kinerja  terbaik. 

Sebagaimana diketahui, dari survei yang dilakukan Lembaga survei Political Weather Stations (PWS). PWS merilis hasil survei terbaru tentang persepsi publik terhadap kinerja pemerintah, khususnya kinerja menteri-menteri dalam Kabinet Indonesia Maju. Hasilnya, Prabowo dinilai publik sebagai menteri dengan kinerja terbaik.

Saat PWS menanyakan responden, siapakah yang kinerjanya paling baik di antara menteri-menteri dan pejabat setingkat menteri dalam Kabinet Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf, sebanyak 15,1% menyebut nama Prabowo Subianto.

Peneliti senior PWS Mohammad Tidzi AM mengatakan, survei tentang kinerja menteri dan pejabat setingkat menteri ini merupakan kali kedua yang dilakukan PWS selama 2022. Survei pertama dilakukan pada Januari 2022, lalu yang kedua pada Juni 2022.

"Dalam survei pertama bulan Januari 2022, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto juga dipersepsikan oleh sekitar 15% publik sebagai menteri dengan kinerja terbaik," kata Tidzi saat menyampaikan hasil survei yang digelar secara virtual, Rabu 6 Juli 2022.

Tidzi mengungkapkan, hasil tersebut menegaskan bahwa, Prabowo Subianto, menteri yang dikenal sungguh-sungguh dalam kerja, dan berprestasi itu juga totalitas dalam menjalankan tugas kenegaraan sebagai Menhan.

"Ini menegaskan bahwa totalitas Prabowo dalam menjalankan tugas kenegaraan sebagai Menhan dalam Kabinet Jokowi-Ma’ruf ternyata diapresiasi positif oleh publik," katanya.

Mereka yang masuk 10 besar menteri dengan kinerja terbaik adalah Menparekraf Sandiaga Uno (11.8%), Menteri BUMN Erick Thohir (11,4%), Menteri Sosial Tri Risma Harini (11,3%), Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (9,7%).

Kemudian, Mendikbud-Ristek Nadiem Makarim (8,5%), Menteri Pekerjaan Umum Basuki Hadimulyono (5,6%), Kepala KSP Moeldoko (4,8%), Menko Polhukam Mahfud MD (3,5%), dan Panglima TNI Andika Perkasa (3,4%).

"Selain Menhan Prabowo Subianto, nama-nama menteri yang konsisten berada di posisi lima besar adalah Sandiaga Uno, Sri Mulyani dan Erick Thohir," tuturnya.

Namun, dibandingkan survei Januari 2022, dalam survei kali ini hampir semua menteri mengalami sedikit penurunan kinerjanya di mata publik. Menparekraf Sandiaga, misalnya, pada survei Januari rating kinerjanya mencapai 14,5% kini turun menjadi 11,8%.

Menkeu Sri Mulyani dari 13,5% menjadi 9,7%, lalu Nadiem Makarim dari 11,1% menjadi 8,5%. "Hanya Menhan Prabowo Subianto yang tetap stabil dan terus bertengger di posisi teratas," ucapnya.

"Sedikit menurunnya rapor kinerja menteri di mata publik berhubungan dengan berkurangnya tingkat kepuasan publik terhadap pemerintahan Jokowi-Ma’ruf," ujarnya.

Berdasarkan survei PWS Januari 2022, kata Tidzi, sebanyak 65,8% publik menyatakan puas terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-Ma’ruf. Namun pada survei PWS Juni 2022 tingkat kepuasaan publik sedikit menurun menjadi 62,8%.

"Semakin menurunnya proporsi publik yang menyatakan kondisi ekonomi rumah tangganya menjadi lebih baik. Ketika PWS menanyakan apakah kondisi ekonomi rumah tangga responden semakin baik, semakin buruk, atau sama saja, hanya 26,4% yang mengaku lebih baik," katanya.

Disamping kinerja para menteri serta tingkat kepuasan publik terhadap pemerintahan Jokowi-Ma’ruf, Tidzi mengungkap PWS juga melakukan survei tentang kelayakan para menteri dan pejabat setingkat menteri maju sebagai capres 2024.

"Ketika PWS menanyakan kepada responden, siapakah diantara para menteri dan pejabat setingkat menteri dalam Kabinet Indonesia Maju yang paling layak maju sebagai capres pada Pemilu 2024, ternyata bagian terbesar publik (40,5%) menyebut nama Menhan Prabowo Subianto," ucapnya.

"Menteri atau pejabat lain yang juga dinilai publik layak nyapres pada Pemilu 2024 mendatang adalah Menparekraf Sandiaga Uno (15,4%), Kapala KSP Moeldoko (10,2%), Menteri BUMN Erick Thohir (8,7%), dan Mensos Tri Risma Harini (7,5%)," tuturnya.

 

Sumber: Okezone.com

Ikuti tulisan menarik Ahmad Irso Kubangun lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Orkestrasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Rabu, 13 Maret 2024 11:54 WIB

Terpopuler

Orkestrasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Rabu, 13 Maret 2024 11:54 WIB