x

Iklan

Hudhurul Qolby Panphila

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 9 Juli 2022

Selasa, 12 Juli 2022 06:36 WIB

Pelestarian Lingkungan Alam, Program Kuliah Kerja Nyata Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Alhamdulillah, Puji Tuhan, Atur pamuji maring Gusti.

Photo mahasiswa/mahasiswi UNUSIA kelompok KKN 07 bersama beberapa tokoh masyarakat Desa Cidokom, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, di Mushalla Al-Hidayah.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sabtu, 02 Juli 2022, Peresmian dan Pembukaan KKN di Desa Cidokom, Bogor, oleh mahasiswa/i Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (UNUSIA) berjalan dengan lancar.

Acara peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bapak Munajat selaku tokoh masyarakat di Desa Cidokom simbol diterimanya secara terbuka program KKN oleh warga setempat.

Ada peristiwa unik yaitu acara ini dilangsungkan pada Sabtu malam, sebelum acara hujan deras, namun ketika acara akan dilangsungkan hujan mendadak berhenti, seakan menunggu para warga berdatangan untuk menghadiri acara pembukaan KKN kami di sebuah Mushalla. Begitu para warga telah hadir berkumpul di dalam Mushalla. Hujan turun kembali. Dan, ketika acara telah selesai, kami bersama para pemuda desa dan warga setempat hendak pulang, hujan pun berhenti kembali.

Penyerahan sebuah bingkisan oleh Tibby Al-Burhan mahasiswa UNUSIA kepada Bapak Munajat selaku tokoh masyarakat di Desa Cidokom.

Pertanda bahwa, kami tidak hanya mendapat izin dari warga setempat untuk melaksanakan KKN. Tetapi kami juga seolah mendapat restu dari alam.

 

Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (UNUSIA) meluncurkan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Bogor, Jawa Barat dengan tema Membangun Desa. KKN ini terdiri dari banyak kelompok, mahasiswa/i dari UNUSIA yang terdiri dari berbagai macam kejuruan, dan ditempatkan di setiap Desa pedalaman di seluruh wilayah Bogor. 

 

Adapun dalam artikel ini sedikit mengisahkan tentang pengalaman kelompok KKN 07 yang ditempatkan di Desa Cidokom, Kecamatan Rumpin, Bogor. 

 

Rencananya program KKN pada kelompok ini akan menjaga pelestarian lingkungan dengan memulai pembuatan bak sampah dari bambu yang nantinya akan kami letakkan di jalan-jalan sepanjang Desa Cidokom, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor. 

Aliyudin Ismail bersama Fadli Zamzami mahasiswa UNUSIA membuat kreativitas bak sampah dari bambu.

Melihat di Desa ini sangat sedikit lokasi pembuangan tempat sampah khususnya bak sampah

 

Penulis : Hudhurul Qolby Panphila mahasiswa jurusan Sejarah Peradaban Islam —Fakultas Islam Nusantara (FIN), Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (UNUSIA) Jakarta 

Ikuti tulisan menarik Hudhurul Qolby Panphila lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu