x

Kampus Mengajar Angkatan 3 di SD N Karangnongko III Purwosari

Iklan

Nureza

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 16 Juli 2022

Sabtu, 16 Juli 2022 15:33 WIB

Mahasiswi UAD KKN Kampus Mengajar Latih Jiwa Kreatif Siswa SD N Karangnongko III

Kampus Mengajar Angkatan 3 di Gunungkidul, Yogyakarta

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Gunungkidul - Nureza  Fauziyah mahasiswi program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Ahmad Dahlan salah satu anggota kelompok program Kampus Mengajar 3  yang bertugas di SD Negeri Karangnongko III terlihat membantu siswa membuat tirai dengan memanfaatkan limbah sampah gelas plastik. Kelompok mahasiswa Kampus Mengajar angkatan 3 yang bertugas di SD Negeri Karangnongko III lakukan pelatihan membuat kerajinan dari limbah sampah gelas plastik.

Banyaknya sampah gelas plastik di sekolah tersebut, membuat guru SD Negeri Karangnongko III Bu Endah meminta para mahasiswa Kampus Mengajar 3 untuk membuat kegiatan yang memanfaatkan limbah sampah gelas plastik. Limbah sampah gelas plastik di sekolah sulit diuraikan, biasanya sampah-sampah tersebut akan dibakar. Jika sampah-sampah tersebut dibakar akan menimbulkan asap dan pencemaran udara. Maka lebih baik sampah-sampah tersebut dibuat kerajinan yang akan digunakan di ruang kelas. Kegiatan ini dilakukan untuk membentuk rasa cinta lingkungan dan meningkatkan kreativitas para siswa SD N Karangnongko III.

Dalam kegiatan ini sasaran yang ditetapkan adalah seluruh siswa SD N Karangnongko III. Pembuatan kerajinan tirai ini dilaksanakan di depan ruang perpustakaan. Masing-masing siswa membawa sampah gelas plastik yang sudah dibersihkan. Para siswa dan mahasiswa saling bekerja sama dalam pembuatan kerajinan ini. Kerajinan yang dibuat adalah tirai jendela. Tirai ini kemudian akan dipasang di jendela ruang kelas. Menurut salah satu siswa, “Saya bersemangat membuat kerajinan ini, nanti mau dipasang di kelas ya, Kak”.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Program Kampus Mengajar merupakan program kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (KEMENDIKBUD) dan merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Fokus program Kampus Mengajar antara lain; meningkatkan literasi, numerasi, adaptasi teknologi dan administrasi sekolah. Mahasiswa yang mengikuti program Kampus Mengajar akan mendapatkan konversi 20 SKS. Salah satunya yaitu konversi mata kuliah KKN. Menurut Kepala Sekolah dan para guru SD N Karangnongko III dengan adanya program Kampus Mengajar ini sangat membantu mereka di sekolah.

 

Ikuti tulisan menarik Nureza lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu