x

Iklan

reza hafiz

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 17 Juli 2022

Senin, 18 Juli 2022 09:00 WIB

Pentingnya Mengajari Anak Literasi Sejak Dini

Literasi yang dilakukan sejak dini dapat memberikan dampak positif bagi prestasi akademik anak.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Usia anak-anak yang berkisar umur 0 tahun hingga 8 tahun dimana saat itu perkembangan otak anak begitu pesat hingga mencapai 80%. Untuk itu diperlukan stimulasi yang baik agar otak anak berkembang dengan baik pula. Di rumah, orang tua memegang peranan yang sangat penting sebagai pengawas tumbuh kembang anak untuk menambah pengetahuan sang anak.
 
Namun, orang tua tidak dapat melakukan peranannya sesuai dengan keinginan, seperti menyuruh mereka untuk belajar diluar kemampuan anak dengan tujuan agar anak menjadi pintar di masa depan. Yang terpenting sebagai orang tua harus menunjukkan sikap dan perilaku yang baik dengan penuh kasih sayang karena anak suka meniru kebiasaan orang-orang terdekatnya.
 
Oleh karena itu, stimulasi literasi pada anak harus dimulai sejak dini, dimulai sejak tahun pertama kelahiran. Bisa melalui cerita dari buku. Menurut pandangan dari Officialni (2012; 4) ada tiga jenis literasi, yaitu:
  • Literasi lisan Literasi lisan adalah kemampuan untuk berbicara atau mendengarkan, dilakukan dengan memberikan lirik lagu, puisi, dan sajak.
  • Literasi visual Literasi visual adalah kemampuan mengenal penggunaan garis, bentuk dan warna yang dibuat dengan gambar sehingga menarik bagi anak.
  • Literasi teks tertulis Literasi teks tertulis merupakan kegiatan yang berhubungan langsung dengan teks tertulis melalui bentuk membaca atau menulis. Contoh literasi dini ini adalah memberikan anak buku bacaan seperti dongeng dengan gambar yang menarik.
Literasi yang dilakukan sejak dini dapat memberikan dampak positif bagi prestasi akademik anak. Anak-anak yang terbiasa diperkenalkan semenjak kecil dengan dunia literasi memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik di lingkungannya.
 
Pendidikan literasi yang diberikan pada usia dini akan memberikan banyak manfaat bagi anak, diantaranya:
  • Membantu anak dapat lebih baik dalam menulis.
  • Membuat anak-anak lebih baik dalam membaca.
  • Membuat anak pandai berhitung.
  • Anak-anak lebih pintar menyelesaikan masalahnya sendiri.
  • Anak-anak akan lebih siap ketika mereka memasuki taman kanak-kanak atau sekolah dasar.
Kesimpulannya, pendidikan literasi sejak dini akan menjadikan anak lebih cerdas secara psikologis, linguistik, kognitif, emosional, sosial, akademis dan kritis.
Dengan demikian penting bagi orang tua untuk mengenalkan literasi pada anak sedini mungkin.
 
Hal ini juga sebaiknya didukung oleh lingkungan sekitar anak agar dapat memberikan pengaruh yang baik terhadap tumbuh kembang anak.

Ikuti tulisan menarik reza hafiz lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler