x

Iklan

Sonia Adellina Almamira

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 27 Juli 2022

Kamis, 28 Juli 2022 19:08 WIB

Mahasiswa KKN Tematik Unej Kelompok 285 Melakukan Observasi Sumber Mata Air di Desa Klampokan

Mahasiswa KKN Tematik Unej Kelompok 285 Sedang melakukan observasi sumber mata air sebagai bentuk pengamatan potensi Desa yang bisa di kembangkan di Desa Klampokan Kecamatan Klabang Kabupaten Bondowoso.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kamis, 21 Juli – Desa Klampokan terletak di Kecamatan Klabang Kabupaten Bondowoso.  Desa ini memiliki beberapa potensi yang bisa dikembangkan khususnya berkaitan dengan sumber mata air. Air merupakan kebutuhan penting bagi kehidupan sehari – hari masyarakat Desa Klampokan. Menurut Bapak Denis Halimansyah, S.TP selaku kepala Desa, biasanya air sumber digunakan sebagai air konsumsi, selain itu mayoritas penduduk asli desa ini bekerja sebagai petani sehingga dengan adanya air yang melimpah sangat menguntungkan bagi pertanian mereka. 


Keberadaan air di setiap lokasi yang ada di Desa Klampokan dipengaruhi oleh adanya siklus air. Kelompok 285 melakukan pengamatan di sumber mata air sebagai bentuk pembelajaran untuk menggali potensi Desa dan mengedukasi masyarakat mengenai pemanfaatan sumber mata air yang sudah ada di Desa Klampokan. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sumber Mata Air yang Berada di Desa Klampokan, Kecamatan Klabang, Kabupaten Bondowoso


Adanya kegiatan pengamatan sumber mata air juga didampingi oleh pengarahan perangkat Desa yaitu mengenai apa saja aktivitas yang dilakukan disana setiap harinya. Pengamatan yang dilihat adalah banyak warga yang mandi dan mencuci pakaian di sumber mata air tersebut. Akibatnya sumber mata air menjadi tercemar dan mengganggu irigasi pertanian di sekitar sumber mata air tersebut. Sumber mata air di Desa Klampokan memiliki banyak potensi untuk dikembangkan lebih lanjut, dan menurut kelompok kami masih ada potensi yang bisa dikembangkan lebih lanjut untuk pemanfaatan sumber mata air di Desa Klampokan. 


Tim KKN Tematik 285 UNEJ yang di bimbing oleh Anang Andrianto,ST.,MT., dan beranggotakan John Dalton Sihombing (koor), Yuan Okta Putra, Eris Vitasari, Ismatul Azizah, Ainaya Salsabila, Sonia Adellina Almamira, Akhmad Ardiansyah, Zidan Ahmad Nabil, Dika Zulfahmi, Sela Dwi Anjarwati.

Ikuti tulisan menarik Sonia Adellina Almamira lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu