Mahasiswa KKN Unej 2022 Pelopori Program Panggung Literasi di SDN 1 Dadapan Bondowoso - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

KKN 270 DADAPAN UNEJ

Kelompok KKN 270 Desa Dadapan UNEJ
Bergabung Sejak: 22 Juli 2022

Rabu, 10 Agustus 2022 16:47 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Mahasiswa KKN Unej 2022 Pelopori Program Panggung Literasi di SDN 1 Dadapan Bondowoso

    Gerakan untuk meningkatkan tingkat literasi pada anak-anak banyak digencarkan, salah satunya gerakan yang dilakukan di SD N 1 Dadapan. Gerakan peningkatan literasi pada siswa-siswi SD N 1 Dadapan dilakukan dengan kegiatan membaca buku selama 15 menit setiap hari Rabu sebelum pelajaran dimulai dan dilanjut dengan adanya Panggung Literasi setiap hari Kamis. Pada Panggung Literasi ini setiap siswa maupun siswi diberikan kebebasan untuk menampilkan hasil bacaannya pada hari Rabu dengan sekreatif mungkin.

    Dibaca : 568 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Literasi adalah kemampuan seseorang dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan proses membaca dan menulis. Dalam perkembangannya, definisi literasi selalu berevolusi sesuai dengan tantangan zaman. Jika dulu definisi literasi adalah kemampuan membaca dan menulis. Saat ini, istilah Literasi sudah mulai digunakan dalam arti yang lebih luas.

    Panggung Literasi merupakan sebuah acara atau pertunjukkan yang digagas oleh mahasiswa KKN Unej Kelompok 270 dan SDN 1 Dadapan Bondowoso yang dimana  menampilkan siswa/siswi dari berbagai kelas (secara bergiliran) untuk mempertunjukkan  bakatnya masing masing dan untuk menimbulkan minat dan bakat para siswa/siswi dalam  bidang literasi. Hal ini ditegaskan juga oleh salah satu mahasiswa KKN Unej Kelompok 270 “Program Panggung Literasi tak hanya membiasakan peserta didik untuk membaca, melihat,  mendengar, menulis dan mengingat suatu kejadian. Namun, peserta didik dapat membiasakan  diri untuk berani menyampaikan sesuatu atau karya literasi dan mengapresiasi tanpa ada rasa  takut atau malu,” ujar Nur Fahmi.

    Diawali dengan pemberian contoh lewat Dwi Suwarnaning Tyastutik, S.Pd. selaku kepala sekolah SDN 1 Dadapan Bondowoso dengan menampilkan dan mengenalkan karya  literasi berupa buku puisi dan buku cerpen yang ditulis oleh beliau. Buku tersebut sudah  diterbitkan pula oleh Pustaka Media Guru dan Cipta Media Edukasi. Tak hanya menampilkan  dan mengenalkan buku karya literasinya, beliau juga memberikan motivasi kepada peserta  didik untuk mendorong minat baca dan tulis dengan tujuan mengembangkan kualitas  siswa/siswi SDN 1 Dadapan. Lalu, dilanjutkan oleh mahasiswa KKN Unej Kelompok 270 yang  dipimpin Luky Tri Hermawan dengan beranggotakan Rika Sofi Nurlaili, Nurhapisah, Ika Herta  Suryaningsih, Bergas Wahyu Sejati, Attalarik Zulva Ar Rafi, Dimas Ristian Putra, Nur Fahmi  Hidayat, Ghea Permata Fadillah dan Mochammad Fakhri Roivansah yang dibimbing oleh dr.  Yudha Nurdian, M. Kes.. Kegiatan Panggung Literasi diisi dengan penampilan baca puisi,  penyampaian karya literasi oleh siswa/siswi SDN 1 Dadapan Bondowoso secara bergantian,  kuis berhadiah dan pemberian motivasi kepada peserta didik.

    Kegiatan Panggung Literasi bersama Murid-Murid SD N 1 Dadapan

    Dari kegiatan Panggung Literasi yang diikuti seluruh siswa/siswi SDN 1 Dadapan Bondowoso diharapkan dapat dilanjutkan secara berkala agar minat menulis, membaca dan  keberanian menyampaikan suatu hal dapat dibiasakan sejak dini serta dapat meningkatkan  kualitas pendidikan di Desa Dadapan, Kecamatan Grujugan, Kabupaten Bondowoso yang  unggul dan dapat bersaing dengan daerah lain yang mana hal tersebut juga dapat memperbanyak prestasi.

    Ikuti tulisan menarik KKN 270 DADAPAN UNEJ lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












    Oleh: Ikhwanul Halim

    Rabu, 25 Januari 2023 13:25 WIB

    Wangi Lavender

    Dibaca : 1.628 kali