KKN Unisri di Desa Tawangsari Melakukan Pelatihan Labelling pada UMKM Gethuk Lindri

Senin, 29 Agustus 2022 18:57 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Label pada suatu produk akan menjadi suatu ciri khas tersendiri yang dimiliki oleh produk tersebut. Hal ini membuat produk lebih mudah dikenali dan berkesan bagi seorang pembeli atau konsumen. Inilah mengapa labelling pada suatu produk sangat diperlukan.

Karanganyar - Universitas Slamet Riyadi Surakarta telah melaksanakan kembali Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada tahun 2022 dengan tema KKN-T MBKM “Unisri Berkontribusi dalam Kebangkitan Pasca Pandemi” dengan menerjunkan lebih dari 1.000 mahasiswa KKN. Bagi kelompok 10 sendiri ditempatkan di desa Tawangsari, Kecamatan Kerjo, kabupaten Karanganyar.

Pandemi memberikan dampak yang signifikan dalam perekonomian Indonesia, tak sedikit UMKM atau usaha rumahan yang gulung tikar akibat dari pandemi covid-19 ini. Namun, tak sedikit juga UMKM atau usaha rumahan yang justru makin berkembang, UMKM salah satu penggerak roda perkonomian Indonesia di tengah terpuruknya perekonomian akibat pandemi covid-19. Maka dari itu diperlukan usaha untuk mempertahankan atau mengembangkan suatu bisnis.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Branding merupakan salah satu bentuk usaha mempertahankan suatu bisnis. Untuk itu dalam upaya meningkatkan branding pada salah satu usaha rumahan di desa Tawangsari, kabupaten Karanganyar yaitu Gethuk Lindri yang dikelola oleh Bu Muji. Di desa Tawangsari sendiri memiliki beberapa UMKM diantaranya adalah Gethuk Lindri, Konveksi, Anyaman plastik dan kayu, Marning, Kaligrafi krikil, Gurameh, Lele dan masih banyak lainnya.” ujar Sinta selaku pelaksana kegiatan.

Salah satu mahasiswa KKN-T MBKM UNISRI dari kelompok 10 yang ditempatkan di desa Tawangsari membuatkan desain label serta banner untuk usaha rumahan gethuk lindri milik bu Muji karena melihat bisnis ini belum memiliki label untuk produk yang dipasarkan dan juga sebagai bentuk dukungan untuk memajukan UMKM di desa Tawangsari.

“Label pada suatu produk akan menjadi suatu ciri khas tersendiri yang dimiliki oleh produk tersebut. Hal ini membuat produk lebih mudah dikenali dan berkesan bagi seorang pembeli atau konsumen. Inilah mengapa labelling pada suatu produk sangat diperlukan,” tutur Sinta.

Dari desain label yang diberikan tersebut diharapkan dapat membantu usaha gethuk lindri milik bu Muji makin berkembang dan mudah dikenali oleh konsumen sehingga meningkatkan penjualan gethuk tersebut.

 

Bagikan Artikel Ini
img-content
Sinta Kartika

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler