Investasi untuk Ibu Rumah Tangga, Siapa Bilang Ribet? - Urban - www.indonesiana.id
x

Dhea

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Selasa, 13 September 2022 19:21 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Investasi untuk Ibu Rumah Tangga, Siapa Bilang Ribet?

    Idle money di kalangan ibu rumah tangga pun sebenarnya mudah didapatkan.

    Dibaca : 641 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Siapa bilang mereka yang menyandang status ibu rumah tangga yang tidak memiliki gaji bulanan atau pendapatan tetap seperti wanita karier pada umumnya tidak bisa menambah penghasilan keluarga dari investasi? 

    Di tengah rutinitas dan kesibukan merawat anak-anak, mengantar mereka ke sekolah, mengurusi rumah dan keuangan keluarga, para ibu rumah tangga sejatinya memiliki peluang yang sangat besar untuk mendapatkan penghasilan melalui investasi reksa dana di pasar modal.

    Dengan platform modern seperti IPOTFund milik PT Indo Premier Sekuritas, para ibu rumah tangga bisa mendapatkan penghasilan tambahan untuk keuangan keluarga dengan mudah.

    Apalagi, investasi reksa dana di pasar modal kita saat ini sudah tak seribet di masa lalu. Semuanya sudah serba online dan bisa dilakukan dengan smartphone di genggaman tangan berbasis aplikasi, begitu halnya dengan IPOTFund yang sudah terintegrasi di aplikasi IPOT.

    Pakar keuangan sekaligus tokoh feminis modern Amerika Serikat, Michelle Kennedy Hogan, dalam artikelnya yang berjudul "Why is it important that women invest in the stock market?" berpendapat kalau kaum wanita yang punya idle money merupakan kekuatan sosial yang amat ideal untuk dilibatkan dalam kegiatan investasi di pasar modal karena dua alasan.

    Pertama, secara alamiah wanita khawatir akan keamanan dirinya (safety) sehingga mereka tidak segan untuk meminta petunjuk dan nasehat. Dorongan alamiah ini sejalan dengan strategi investasi reksa dana di pasar modal saat ada tuntutan untuk mendapatkan nasehat dan menghimpun informasi sebelum membeli atau menjualnya.

    Kedua, wanita memiliki naluri atau kepekaan yang tinggi dan lebih memahami siklus. Selain analisis, dalam investasi reksa dana sangat dibutuhkan kepekaan untuk membaca tren pasar.

    Selanjutnya, idle money di kalangan ibu rumah tangga pun sebenarnya mudah didapatkan. Tanpa disadari, sebenarnya banyak peluang dari anggaran bulanan yang dapat digunakan untuk investasi reksa dana.

    Para ibu rumah tangga tentu sering mendapatkan sisa uang belanja bulanan atau sisa anggaran lainnya. Bayangkan saja, jika uang kembalian belanja yang besarnya Rp 5.000 atau Rp 10.000 dikumpulkan, tanpa terasa akan jadi banyak juga.

    So, buang jauh-jauh mindset kalau investasi reksa dana itu mahal. Nabung reksa dana sangat terjangkau karena dengan modal Rp100.000 saja, siapa pun sudah bisa investasi reksa dana.

    Ikuti tulisan menarik Dhea lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.