Armenia Beli Senjata Berat dari India Senilai 245 Juta Dollar AS - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Pinaka, sistem roket buatan India yang dibeli oleh militer Armenia (sumber: businessworld.in)

Berita Geopolitik

Pengabar Berita Internasional
Bergabung Sejak: 22 September 2022

Jumat, 30 September 2022 19:51 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Armenia Beli Senjata Berat dari India Senilai 245 Juta Dollar AS

    Pemerintah Armenia dan India baru saja menyepakati kerjasama militer dalam hal pengadaan persenjataan senilai 245 juta Dollar AS. Kesepakatan ini mencakup pengadaan sistem artileri, tank anti-roket dan amunisi persenjataan untuk militer Armenia.

    Dibaca : 721 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Seperti dilaporkan The Economic Times, kesepakatan ini termasuk penting di antara kedua negara dan telah ditandatangani pada September 2022. Realisasi pengiriman senjata, menurut sumber yang tidak mau disebut namanya,  akan dikirim ke Armenia dalam beberapa bulan ke depan.

     

    Salah satu jenis persenjataan yang tercakup dalam kesepakatan ini adalah sistem peluncur multi-roket Pinaka yang dirancang, diproduksi, dan digunakan oleh tentara India. Namun tidak disebutkan kuantitas jenis persenjataan itu oleh otoritas Armenia yang berpusat di Yerevan.

     

    Pinaka pertama kali digunakan oleh tentara India dua puluh tahun yang lalu dan telah diperbarui sejak saat itu. Dua varian yang ada sekarang diperkirakan dalam menjangkau area antara 40-60 kilometer. Armenia tercatat sebagai pembeli asing pertama untuk jenis senjata ini.

     

    Pemerintah Armenia, termasuk Kementerian Pertahanan menolak untuk berkomentar ihwal pembelian senjata dari India ini. Namun kesepakatan pembelian senjata ini telah memperlihatkan kerjasama yang lebih dalam antara kedua negara. Menteri Luar Negeri kedua negara, Ararat Mirzoyan (Armenia) dan Subrahmanyam Jaishankar (India) juga telah bertatap muka empat kali dalam empat tahun terakhir.

     

    Diplomat India di Armenia, pada Juli lalu, juga menyebut kedua negara telah berdiskusi tentang kerjasama militer jangka panjang. Sementara pejabat militer Armenia juga telah berkunjung ke India pada Juni lalu. Menurut sebuah media lokal di Indonesia, pejabat militer Armenia itu datang dengan daftar belanja senjata yang akan dibeli dari India.

     

    Pakistan yang berseberangan dengan India memberi dukungan kepada Azerbaijan dalam perang Armenia- Azerbaijan di Nagorno-Karabakh pada 2020 lalu.  Sebaliknya  India mendukung perdamaian Karabakh yang dipelopori Amerika Serikat, Rusia, dan Prancis. Bahkan, India secara efektif mendukung Armenia ketika sengketa di perbatasan Azerbaijan kian intensif terjadi. (sumber : massispost.com)

     

    Ikuti tulisan menarik Berita Geopolitik lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.