Peluang Menantang di Industri Kreatif Era Digital - Urban - www.indonesiana.id
x

ilustr: jojonomic.com

Amalina Imadarty

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Oktober 2022

Rabu, 5 Oktober 2022 13:38 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Peluang Menantang di Industri Kreatif Era Digital

    industri kreatif kian berkembang pesat. Masyarakat berbagai kalangan terutama kaum muda mulai banyak melirik dan menggeluti. Bahkan industri kreatif mulai marengsek pangsa pasar di Indonesia. Seperti apakah industri kreatif itu? Apakah yang perlu disiapkan untuk terjun ke dalamnya?

    Dibaca : 1.952 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Akhir-akhir ini industri kreatif kian santer terdengar. Geliatnya yang cukup pesat membuat industri kreatif mulai diminati masyarakat berbagai kalangan terutama kaum muda. Bahkan belakangan industri kreatif mulai menguasai pangsa pasar di Indonesia.

    Seperti apakah industri kreatif itu? Seperti namanya, industri ini mengandalkan ide dan kreativitas seseorang atau sekelompok orang. Hasil dari kreativitas mereka berupa karya dan menjadi sebuah produk yang menghasilkan keuntungan.

    Jika membandingkannya dengan industri lainnya, industri ini termasuk unik dan cukup berbeda. Selain mengandalkan kreativitas, industri ini juga memanfaatkan skill atau keterampilan seseorang. Jadi, tidak heran jika sektor ini cukup banyak peminatnya, khususnya anak-anak muda.

    Secara umum, industri kreatif memiliki pengertian sebagai sebuah proses penciptaan produk ekonomi oleh seseorang atau sekelompok orang tanpa mengeksploitasi sumber daya alam. Dalam proses penciptaan produk ekonomi ini, kreativitas menjadi kunci utama.

    Pada era saat ini, industri kreatif menjadi salah satu roda penggerak perekonomian dari suatu negara. Industri ini semakin berkembang tentunya dengan dukungan dari teknologi yang semakin hari semakin canggih.

    JENIS INDUSTRI KREATIF

    Sebagai salah satu roda perekonomian dari suatu negara, industri ini memiliki beragam jenis. Tentunya masing-masing dari jenis industri ini memiliki keunikannya tersendiri. Berikut ini merupakan beberapa jenis-jenis dari industri ini:

    Aplikasi dan Pengembangan Permainan 

    Aplikasi adalah perangkat lunak yang diciptakan untuk menyelesaikan suatu masalah dan membantu aktivitas  penggunanya. Perangkat lunak juga dapat dikembangkan untuk membangkitkan tantangan dan bermain untuk berbagai tujuan, seperti hiburan, simulasi dan pendidikan. Industri kreatif di bidang ini menjual produk dan jasa di bidang aplikasi dan game. 

    Arsitektur

    Arsitektur erat kaitannya dengan kegiatan merancang desain, merencanakan konstruksi, hingga konservasi sebuah bangunan. Contoh nyata kegiatan dari arsitektur adalah landscape architecture, interior design, serta town planning.

    Periklanan

    Jenis industri ini banyak perusahaan atau bisnis gunakan untuk memasarkan produknya. Sebuah iklan yang menarik tentunya akan mendorong masyarakat untuk membeli sebuah produk. Pelaku dari industri periklanan yaitu agensi atau creative production house.

    Film/fotografi/videografi

    Industri ini memiliki potensi yang sangat besar kedepannya. Karya-karya terbaik selalu industri ini hadirkan. Tak jarang, karya-karya tersebut mendapatkan penghargaan pada dunia internasional. Tentunya kita harus bangga atas hasil pencapaian tersebut.

    Musik

    Era digital memberikan pengaruh yang cukup besar bagi industri musik. Hal ini dapat terlihat dari pergeseran distribusi musik yang awalnya dalam bentuk album fisik kini dalam bentuk digital yang dapat diakses melalui layanan streaming musik. Perubahan tersebut tentunya menjadi potensi yang cemerlang bagi industri musik di era digital ini.

    Penerbitan

    Kehadiran dari banyaknya pihak penerbitan dalam skala besar maupun kecil turut berkontribusi dalam kemajuan industri ini. Tidak hanya itu, penulis hingga para sastrawan juga memiliki peran penting dalam industri penerbitan. Mereka selalu menghadirkan karya-karya terbaiknya.

    Seni rupa

    Tak kalah hebat dengan industri lain, industri seni rupa pun selalu menghadirkan karya-karya terbaiknya. Karya tersebut mempunyai keunikan serta daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Tidak hanya itu, karya seni rupa tersebut memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi.

    Kerajinan

    Para pengrajin memanfaatkan segala bahan yang tersedia seperti keramik hingga tekstil menjadi satu produk yang memiliki nilai jual tinggi. Hasil dari para pengrajin dalam industri kerajinan ini dicari oleh banyak masyarakat.

    Fesyen 

    Jenis industri yang satu ini memberikan pengaruh yang besar bagi masyarakat. Hasil dari industri fesyen setiap waktunya akan menjadi model fesyen terbaru bagi masyarakat. Para perancang dalam industri fesyen selalu memberikan inovasi atas baju model terbaru.

    Desain komunikasi visual

    Desainer grafis harus memiliki kreativitas yang tinggi. Hal ini karena mereka harus memikirkan apa filosofi dari desain tersebut hingga membuat desainnya. Industri desain komunikasi visual memiliki potensi besar di era digital saat ini.

    Kuliner

    Para pebisnis kuliner dapat memanfaatkan kesempatan atas perkembangan industri kuliner saat ini yang pesat dengan menyajikan makanan atau minuman yang unik dan bercita rasa tinggi. Dengan hal seperti ini, bisnis kuliner akan mendapatkan omset yang tinggi. Di era digital saat ini, Anda dapat mengelola bisnis kuliner secara mudah dan terkomputerisasi.

    Televisi dan radio

    Meskipun arus informasi digital kian marak, keberadaan televisi dan radio saat ini masih menunjukkan eksistensinya. Hampir semua lapisan masyarakat bisa mengakses teknologi ini. Oleh karena itu, subsektor ini perlu didukung dengan adaya program-program acara yang berkualitas, pembentukan SDM berkualitas, dan segala hal yang berkaitan dengan kreativitas dalam subsektor ini. Peluang usaha untuk subsektor televisi dan radio ini antara lain production house untuk pembuatan acara TV, penyedia jasa penonton berbayar, agensi artis, agensi iklan TV dan radio, stasiun TV 

    Manfaat dari Industri Kreatif 

    Hadirnya industri kreatif sebagai sebuah terobosan terbaru dalam aktivitas ekonomi tentu memberikan beragam manfaat. Seperti kita ketahui bahwa saat ini sumber daya alam di dunia semakin terbatas. Oleh karena itu, industri ini menjadi alternatif atas jenis industri yang tidak memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia.

    Tidak hanya itu, hadirnya industri ini akan mendorong produktivitas dan kreativitas dari para pelaku bisnis dalam menjalankan kegiatan bisnisnya. Karena hal ini merupakan kreativitas yang menjadi kunci dari industri kreatif ini. Para pelaku bisnis harus selalu berinovasi dengan ide-ide terbarunya sebagai ide bisnis yang dapat diimplementasikan.

    Kedepannya, industri kreatif juga akan menjadi faktor pendorong dari pertumbuhan ekonomi suatu negara. Hal ini karena pertumbuhan ekonomi suatu negara salah satunya dipengaruhi oleh adanya pertumbuhan bisnis pada berbagai sektor. Pertumbuhan ekonomi yang baik akan membuat suatu negara menjadi negara maju.

    Hadirnya banyak industri dalam bidang kreatif tentunya akan memperluas lapangan pekerjaan pada suatu negara. Nantinya angka pengangguran pada suatu negara dapat ditekan.

    Ikuti tulisan menarik Amalina Imadarty lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.