x

Foto pustaka ilham - mengajari anak membaca sejak dini

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Senin, 10 Oktober 2022 06:17 WIB

Bunda, Biasakan Anak Membaca Buku, ya

Kenapa anak harus dibiasakan membaca? Agar belajar pentingnya waktu yang produktif. Itulah kebiasaan yang dibangun TBM Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Di era digital di era media sosial, banyak anak-anak usia sekolah terbawa kebiasaan buruk. Asyik bermain gawai, hingga lupa waktu belajar dan waktu ibadah. Kebiasaan buruk kini jadi momok banyak orang tua. Maka wajar, ada yang menyebut 99 persen kegagalan masa depan anak-anak itu datang dari kebiasaan buruk di masa kecil.

 

Setiap anak, apalagi usia sekolah, pasti punya kebiasaan. Ada anak yang memiliki kebiasaan baik, seperti: membaca buku, rajin mengaji, sholat tepat waktu, ramah dan tidak nakal. Tapi ada pula anak yang memiliki kebiasaan buruk, seperti:  main gawai hingga lupa waktu, nongkrong, merokok, bahkan menggangu rekannya.Maka kebiasaan memang harus dibentuk di kalangan anak-anak. Karena kebiasaan adalah alat untuk mendorong anak menapak ke atas lebih baik atau menyeretnya ke bawah menjadi lebih terpuruk.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Dalam upaya untuk membangun kebiasaan baik dan bermanfaat, Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor selalu konsisten dalam mengajak anak-anak usia sekolah untuk membaca seminggu 3 kali di taman bacaan. Dari awalnya, hanya ada 14 anak yang bergabung. Maklum sebelumnya memang tidak tersedia akses bacaan dan tidak ada minat baca. Kini setelah berjalan 5 tahun, ada sekitar 130-an anak pembaca aktif yang rutin membaca. Bahkan setiap Minggunya, setiap anak bisa membaca 3 s.d. 8 buku per Minggu. Sebuah kebiasaan membaca yang sudah terbentuk.

 

Anak-anak yang membaca, bisa jadi pemandangan langka di masa sekarang. Karena banyak anak terjebak dalam era digital, hanya suka bermain gawai. Sementara di taman bacaan, tradisi membaca terus ditegakkan. Agar anak-anak selalu dekat dengan buku, sekalipun tetap dekat dengan gawai. Tiap hari Minggu pagi, TBM Lentera Pustaka selalu menggelar laboratorium baca untuk menjadikan membaca sebagai kegiatan yang asyik dan menyenangkan.

 

Membiasakan membaca, itulah yang patut diberikan ke anak-anak usai sekolah. Karena ala bisa karena biasa. Terbiasa membaca dan dilakukan secara berulang. Taman bacaan yakin, kebiasaan yang konsisten akan berubah menjadi karakter. Dan hanya kebiasaan baik yang akan membuat apapun lebih maju, lebih bermanfaat. Kebiasaan membaca adalah kunci dari semua kesuksesan anak-anak di masa depan.

 

Maka biasakanlah anak-anak membaca buku, apapun keadannya. Karena sejatinya, semua anak sama. Hanya kebiasaan yang membedakan mereka. Agar kebiasaan baik tidak kalah dibandingkan kebiasaan buruk. Salam literasi #TamanBacaan #TBMLenteraPustaka #PegiatLiterasi

 

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler