x

Ilistrasi

Iklan

Nisrina Najla Rifa

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 17 April 2022

Selasa, 25 Oktober 2022 08:40 WIB

Resensi Novel Surat Kecil Untuk Tuhan

Novel ini mengisahkan perjuangan seorang gadis remaja yang melawan kanker ganas yang dideritanya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Resensi Novel Surat Kecil Untuk Tuhan

Sinopsis Novel Surat Kecil untuk Tuhan

Novel ini mengisahkan tentang perjuangan gadis remaja dalam melawan kanker ganas, Rabdomiosarkoma (kanker Jaringan Lunak). Dia adalah Gita Sessa Wanda Cantika atau yang dipanggil Keke. Pada saat itu Keke berusia 13 tahun, walaupun dengan penyakit kanker yang dideritanya Keke masih menjadi anak yang berprestasi dan hidup normal disekolahnya.
 
Perjuangan Keke membuahkan hasil, dengan segala usaha yang telah dilakukan orang tuanya Keke berkesempatan untuk sembuh setelah bertahan selama 6 bulan dengan kemotrapi untuk membunuh sel-sel kanker yang menggerogoti tubuhnya. Tuhan memberikan kesempatan lebih dengan memberikan nafas panjang untuk melawan kanker itu sementara.
 
Namun pada akhirnya penyakit kanker itu tidak bisa pulih dengan sepenuhnya, Keke sadar bahwa kehidupannya di dunia ini semakin singkat. Meskipun demikian, semangat Keke tidak pernah padam. Waktu terus berjalan, kondisi Keke semakin memburuk dan mengalami koma selama 3 hari. Dengan kondisi Keke yang terus menerus memburuk dokterpun menyerah terhadap kanker yang di derita Keke. Nafasnya berakhir pada 25 Desember 2006 tepat setelah ia menjalankan ibadah puasa dan Idul Fitri terakhir bersama keluarga dan sahabat-sahabatnya. Di nafas terakhir Keke ia menuliskan sebuah surat kecil kepada Tuhan.
 
Kelebihan
Kelebihan dari novel ini yaitu adanya foto dan tulisan tangan surat terakhir yang di tulis oleh Keke sendiri, kisahnya di angkat dari kisah nyata, ceritanya juga menarik emosi bagi pembacanya, dan novel ini memiliki pesan moral seperti pantang menyerah dan kesabaran yang luar biasa.
 
Kekurangan
Kekurangan dari novel Surat Kecil untuk Tuhan adalah terdapat kesalahan penulisan dibeberapa kata yang ditulis oleh penulis, sehingga membuat penafsiran ganda pada cerita.
 
Dapat disimpulkan bahwa kisah ini telah mengajarkan kita tentang arti kehidupan yang sebenranya. Keke mengajarkan kita bahwa jangan pernah patah semangat untuk selalu berjuang, memilki kesabaran yang luar biasa dalam menghadapi cobaan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ikuti tulisan menarik Nisrina Najla Rifa lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Sengketa?

Oleh: sucahyo adi swasono

1 jam lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB