x

Iklan

nivega

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Oktober 2022

Senin, 31 Oktober 2022 13:15 WIB

Mewujudkan Bangsa Cerdas dengan Budaya Literasi


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Generasi muda bangsa Indonesia tentu memiliki peran penting dalam memajukan bangsa. salah satu ciri bangsa yang maju adalah bangsa yang cerdas. Bangsa yang cerdas dapat diwujudkan dengan literasi. Literasi sangatlah penting karena sebagai penuntun dan awal terciptanya bangsa yang cerdas.

Bangsa cerdas adalah yang memiliki minat baca tinggi, seperti yang tertuai dalam Pembukaan UUD 1945, teoatnya pada alinea ke 4, salah satu dari tujuan bangsa Indonesia yaitu "Mencerdaskan Kehidupan Bangsa"

Keunggulam dari menumbuhkan minat baca dalam literasi yaitu tidak mudahnya termakan oleh berita yang tidak benar (hoax), dapat memilah milah mana berita yang benar dan tidak, selalu terus penasaran dan haus akan ilmu dan pengetahuan terbaru serta tidak mudah di adu domba karena dengan literasi manusia memiliki prinsip yang kuat dan dapat mewujudkan sebuah bangsa agar terus maju.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Tetapi, peringkat literasi bangsa Indonesia sangat membuat hati miris karena mendapatkan peringkat ke 62 dari 70 negara, dengan arti lain rangking 10 besar terakhir negara terbawah dalam literasi. Penyebab rendahnya literasi juga karena kurangnya minat akan membaca dari diri anal muda zaman sekarang, tingginya perasaan malas dan terkontaminasinya oleh budaya serba instan, yaitu budaya yang mau cepat selesai tanpa meencari tau dulu dengan membaca.

Hal ini membuat terhambatnya terwujudnya banga yang cerdas dengan salah satu metode yaitu budaya literasi, dan menjadi suatu masalah yang penting yang harus cepat ditangani bersama. cara kita untuk menanganinya bisa dengan menyediakan bus perpustakaan berjalan untuk menarik anak muda sekarang, selain itu didikan dan dukungan orabg tua maupun guru juga sangat di perlukan, sejak kecil seharusnya para orang tua mengenalkan anaknya dengan  buku dengan cara dibacakannya dongen atau diperlihatkannya gambar gambar yang ada di buku agar anak menjadi penasaran terhadap buku. Guru juga sangat berperan penting sebagai penyalur terwujudnya bangsa Indonesia yang cerdas, guru adalah pembimbing kedua sebagai pemberi motivasi dan menarik minat baca anak didiknya.

Motivasi sangatlah berperan penting karena dengan adanya motivasi, individu mempunyai acuan untuk terus berkembang maju dengan salah satunya yaitu membaca, dengan motivasi juga individu dapat mempunyai rasa semangat untuk membaca hal baru, tanpa ada paksaan jika dilandasi dengan motivasi. Oleh karena itu, untuk terwujudnya bangsa yang cerdas hal [ertama yang perlu dilakukan yaitu membiasakan dan menumbuhkan jiwa literasi untuk Indonesia lebih maju.

Ikuti tulisan menarik nivega lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler