x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Jumat, 11 November 2022 22:08 WIB

Festival Literasi di Bogor, Cara Taman Bacaan Ajak Anak-anak Membaca Buku

Festival Literasi Gunung Salak di Bogor, pestanya rakyat taman bacaan, Kanpanyekan pentingnya membaca buku dan gerakan literasi di Indonesia

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bertajuk “Nyai Sukaluyu Memangggil”, Taman Bacaan Masyarakat *TBM) Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak siap menggelar Festival Literasi Gunung Salak #5 sebagai pestanya rakyat taman bacaan. Diprediksi dihadiri 400 pemerhati literasi dan taman bacaan, acara tahunan dalam rangka HUT TBM Lentera Pustaka ini akan digelar pada Minggu, 20 November 2022 pukul 10.00 WIB di Kebun Baca TBM Lentera Pustaka Bogor.

 

Berbagai kreasi dalam upaya meningkatkan kegemaran membaca dna budaya literasi masyarakat akan ditampilkan dalam Festival Literasi Gunung Salak #5, seperti:

  1. Pentas teater dan musikalisasi puisi mahasiswa Sasindo FBS UNJ
  2. Launching 5 buku seri literasi karya Syarifudin Yunus sebagai Pendiri TBM Lentera Pustaka yaitu “Membangun Budaya Literasi dan Taman Bacaan Berbasis TBM Edutainment” dan 4 buku literasi lainnya seperti literasi untuk semua, literasi digital, literasi finansial, dan literasi budaya.
  3. Stand up comedy oleh Mudy Taylor
  4. Penobatan "Bunda Literasi Swasta" yang peduli terhadap gerakan literasi dan taman bacaan
  5. GnE Akustik Band
  6. Pentas kreasi anak-anak dan warga belajar TBM Lentera Pustaka
  7. Catwalk literasi dan senam literasi anak-anak TBM Lentera Pustaka
Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ajang tahunan  sebagai pestanya rakyat taman bacaan ini pun memberikan anugerah terbaik TBM Lentera Pustaka, keluarga literat, pembukaan "celengan" anak-anak taman bacaan sebagai bagian literasi finansial, dan jajanan kampung gratis.

 

“Festival Literasi Gunung Salak #5 ini digelar sebagai bagian untuk mengkampanyekan pentingnya giat membaca di era digital, di samping membangun budaya literasi masyarakat. Inilah pestanya rakyat taman bacaan. Agar taman bacaan bisa lebih berkembang di Indonesia” ujar Syarifudin Yunus, Pendiri TBM Lentera Pustaka dalam rilis-nya.

 

Rencananya, Festival Literasi Gunung Salak #5 akan dibuka oleh Kepala Dinas arsip dan Perpustakaan (DAP) Kabupaten Bogor dan dihadiri berbagai tamu dari semua kalangan. Sebagai cara sederhana menjadikan taman bacaan sebagai gerakan yang inklusif dan melibatkan semua pihak untuk kolaboras.

 

Maka bila cinta pada literasi dan taman bacaan, hadirilah Festival Literasi Gunung Salak #5. Karena literasi memang untuk semua. Salam literasi #TamanBacaan #PegiatLiterasi #TBMLenteraPustaka #FestivalLiterasiGunungSalak

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu