Cara Meningkatkan Membaca Ekstensif pada Siswa - Pendidikan - www.indonesiana.id
x

Najma Sabila

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 9 April 2022

Kamis, 24 November 2022 06:23 WIB

  • Pendidikan
  • Topik Utama
  • Cara Meningkatkan Membaca Ekstensif pada Siswa

    Membaca ekstensif adalah membaca dengan jangkauan objek baca sebanyak-banyaknya dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Membaca intensif adalah kegiatan membaca yang dilakukan dengan hati-hati. dengan Metode preview, reading, review menggunakan teknik melompat yang membantu siswa lancar dalam membaca ekstensif.

    Dibaca : 883 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

     

    Bagaimana meningkatkan kemampuan membaca siswa secara komprehensif Membaca memegang peranan penting dalam kehidupan untuk mencapai kesuksesan dalam hidup, karena melalui membaca seseorang memperoleh informasi yang bermanfaat. Keterampilan membaca penting bagi siswa karena fokus pembelajaran adalah membaca. Berbagai topik dan informasi untuk dikuasai siswa melalui kegiatan membaca. Siswa harus memiliki kesadaran yang tinggi akan pentingnya membaca.

    Literasi adalah kemampuan pembaca. Literasi terdiri dari dua aspek, yaitu aspek mekanis dan aspek pemahaman. Aspek mekanis atau visual mengacu pada kemampuan menggerakkan mata saat membaca. Mata dapat digerakkan perlahan atau cepat dengan pola angka vertikal, horizontal, diagonal dan blok. Pemahaman bacaan bisa ekstensif atau intensif; tepat atau dangkal; secara harfiah; kritis; dan kreatif. Keterampilan mekanik merujuk pada indera mata dan pemahaman pada otak membaca.

    Membaca ekstensif berarti membaca seluas mungkin suatu pokok bahasan dalam waktu sesingkat-singkatnya. Tujuan membaca ekstensif adalah untuk memahami isi bacaan atau informasi penting secara cepat, akurat, dan murah. Dalam waktu yang relatif singkat, siswa belum dapat memahami isi bacaan secara umum. Hal ini disebabkan kurangnya kemampuan membaca siswa.

    Selain itu, metode dan teknik membaca detail yang diajarkan oleh guru kurang tepat. Untuk meningkatkan keterampilan membaca komprehensif, siswa dapat menggunakan metode membaca, yaitu. pratinjau, membaca, metode membaca revisi. Penggunaan metode kontrol membaca pratinjau dengan teknik melompat merupakan upaya untuk mengembangkan keterampilan membaca ekstensif.

    Dalam membaca ekstensif, seorang siswa tidak bisa begitu saja menyelesaikan kegiatan membaca. Kemampuan membaca secara komprehensif membutuhkan banyak pengetahuan, seperti kosa kata, ejaan, dan kemampuan menyambung kalimat, serta kemampuan menentukan kecepatan membaca yang benar untuk memahami semua isi yang dibaca. Meningkatkan keterampilan membaca, khususnya membaca ekstensif, memang perlu segera dan semaksimal mungkin.

    Untuk mengatasi kesulitan siswa, tujuannya adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca umum mereka. Metode preview-read-review merupakan salah satu bacaan yang dianggap cocok untuk bacaan ekstensif. Metode ini cocok untuk membaca ekstensif karena langkah-langkah implementasinya meliputi preview, yaitu melihat sekilas bagian teks yang akan dibaca. Pada titik ini, pembaca diberikan pengantar untuk membaca tentang topik eksternal yang paling penting. Setelah itu, pembaca memutuskan apakah akan melanjutkan ke langkah berikutnya (membaca) atau tidak. Jika dia sudah tahu tentang apa bacaan itu, pembaca bisa berasumsi bahwa dia tidak perlu membaca.

    Langkah berikutnya, Pada tahap membaca, pembaca membaca secepat mungkin sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dan tingkat kesulitan bacaan. Pada fase review, pembaca melewati untuk memastikan mereka tidak melewatkan apa pun dan untuk memperkuat ingatan mereka tentang ide-ide kunci yang diambil selama membaca. Dengan tingkat bacaan yang jelas dan konsisten, siswa dapat membaca artikel berukuran besar dengan baik dan sesuai dengan tujuan membaca detail.Metode preview, reading, review menggunakan teknik melompat yang membantu siswa lancar dalam membaca detail. Teknik skipping ini digunakan dalam metode Preview, Read, Review karena pembaca yang menggunakan teknik ini merasa bahwa selama tahap membaca, pembaca mengalihkan pandangannya dari satu bagian penting bacaan ke bagian penting bacaan lainnya. Bagian yang penting dipahami dengan baik sedangkan bagian lain yang dianggap tidak penting dihilangkan. Hal ini memungkinkan siswa untuk membaca lebih efisien karena tidak ada waktu yang terbuang dan mereka dapat mencapai tujuan membaca ekstensif. Ini adalah beberapa metode yang dapat digunakan siswa untuk meningkatkan pemahaman bacaan mereka

     

    Ikuti tulisan menarik Najma Sabila lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.