Pengalaman Menjadi News Reporter dalam Pengembangan Websites Program Studi Ilmu Komunikasi Untag Surabaya - Humaniora - www.indonesiana.id
x

mahasiswa sedang melakukan kegiatan wawancara untuk kebutuhan artikel pada website ilmu komunikasi untag surabaya

kevin Adi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 November 2021

Senin, 28 November 2022 18:19 WIB

  • Humaniora
  • Topik Utama
  • Pengalaman Menjadi News Reporter dalam Pengembangan Websites Program Studi Ilmu Komunikasi Untag Surabaya

    pengalalaman dalam pengembangan sebuah artikel magang yang dilakukan pada websites komuntag.ac.id

    Dibaca : 447 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Program Studi Ilmu Komunikasi Untag Surabaya membuka lowongan bagi mahasiswa untuk berkontribusi pada pengembangan dan juga pengelolaan websites Komuntag  pada program magang. Program magang dilaksanakan pada 17 Oktober sampai dengan 17 November 2022. Dilaksanakan pada jam kerja pada pukul 09.00 sampai dengan 15.00. Magang merupakan kegiatan wajib yang harus di ikuti oleh semua mahasiswa karena masuk kedalam SKS yang wajib diambil.

    Hal tersebut disambut baik oleh penulis untuk dapat berkontribusi did alamnya. Sejalan dengan peminatan new media yang sedang dijalankan oleh penulis. Pada pengembangan websites penulis dituntut untuk dapat meningkatkan jumlah pengunjung pada websites tersebut. Selama magang berlangsung penulis berusaha untuk meningkatkan dengan merubah gaya bahasa yang digunakan dalam websites tersebut menjadi bahasa yang lebih dapat berinteraksi dengan mahasiswa. Penulis merasa bahwa selama ini bahasa yang digunakan dalam websites tersebut kaku. Padahal dalam websiter tersebut berisi informasi yang penting terkait berita, infomasi praktikum, informasi magang,dll.

    Selain melakukan pengembangan. Penulis juga merangkap sebagai jurnalis. Setiap harinya penulis akan diberikan bahan untuk melakukan sebuah wawancara, melakukan liputan pada acara, dan juga memikirkan artikel yang sesuai untuk kalangan mahasiswa. Hasil dari artikel tersebut akan diserahkan kepada editor sekaligus dosen pembimbing dalam kegiatan magang tersebut yaitu Ibu Dinda Lisna Amilia.

    Selama melakukan sebuah liputan beberapa hal yang harus disiapkan adalah sebuah pertanyaan, alat untuk merekam wawancara, buku catatan. Tantangan pada kegiatan wawancara pada narasumber ada pada kepadatan data. Penulis berusaha untuk menggali data sebanyak mungkin untuk kebutuhan sebuah artikel.

    Bahkan selama melaksanakan magang berlangsung terkadang ada kegiatan tambahan seperti melakukan liputan sekaligus menjadi MC dan Moderator pada suatu seminar Internasional yang diadakan berkenaan dengan hari literasi Internasional. Acara tersebut diadakan bekerjasama antara Ilmu Komunikasi Untag Surabaya dengan Departemen Komunikasi Pembangunan Xavier University Philipine.

    Dalam pengembangan untuk membuat sebuah artikel popular yang mengangkat isu seputar mahasiwa seperti mengenai kesehatan mental, tips mengatur waktu sebagai mahasiswa, tips menjaga kesehatan, dan juga artikel mengenai isu-isu tentang mahasiswa. Penulis melakukan sebuah voting pada akun media sosial yang dimiliki oleh ilmu komunikasi Untag Surabaya. Setelah melakukan sebuah voting artikel pilihan yang dipilih akan langsung dibuat oleh penulis. Dengan adanya cara tersebut websites jumlah kunjungannya meningkat.

    Berkaitan dengan pemintan yang penulis ambil pada perkulaiah mengenai new media. Seorang penulis dituntut untuk dapat menulis dalam format 5w dan 1h. Sebagai seseorang yang mengambil peminatan tersebut tentunya tidak hanya hal tersebut juga yang menjadi fokus dari pembuatan sebuah artikel. Namun sebuah artikel harus dapat menyesuaikan dengan target pembaca yang paling terbanyak dalam hal ini merupakan seorang mahasiswa karena websiters tersebut merupakan sebuah websites kampus.

    Selama melaksanakan kegiatan magang pada website Komuntag saya Kevin Adi Nugraha sebagai penulis pada artikel ini merasa sangat senang sekali karena dapat memperoleh pengalaman berharga dalam pengembanagn artikel dalam sebuah websites. Sangat senang sekali dapat mengenal tentang dunia kerja jurnalistik dalam mengembangan sebuah websites agar dapat dikenal dan diketahui oleh banyak orang.

    Ikuti tulisan menarik kevin Adi lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.