x

Iklan

Rafif Femas Ervanto

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 21 Desember 2022

Kamis, 22 Desember 2022 09:51 WIB

Pentingnya Meperhatikan Pola Makan Sehat dan Teratur

artikel ini menjelaskan tentang pentingnya memperhatikan pola makan sehat dan teratur

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pernahkah kamu mengalami sakit perut karena pola makan yang tidak teratur? Banyak orang yang kurang memperhatikan terhadap pentingnya pola makan yang teratur. Padahal pola makan yang teratur sangat berpengaruh terhadap kondisi tubuh kita untuk melakukan aktivitas sehari hari agar lebih berstamina. mengatur pola makan juga dapat mengurangi resiko terkena berbagai penyakit dan dapat membuat berat badan menjadi ideal. Maka dari itu penting bagi kita untuk memperhatikan pola makan karena makanan adalah sumber tenaga bagi tubuh kita.

Dahulu saya sering mengalami sakit maag akibat pola makan saya yang tidak teratur. Badan saya juga terkadang merasa lemas karena saya jarang sarpan, padahal itu sangat penting untuk membantu kita supaya stamina tubuh kita lebih maksimal dalam melakukan aktivitas. Sejak saat itu, saya mulai mencoba untuk memperbaiki pola makan saya menjadi lebih teratur. Dengan cara mebuat jadwal makan yang teratur dan menyiapkan makanan empat sehat lima sempurna untuk dimakan setiap hari. Ternyata apa yang saya alami ini tidak sedikit orang juga mengalami hal yang sama seperti saya.

Gerda Pot, PhD, seorang ahli diabetes dan nutrisi menyatakan “Makan secara teratur akan berpengaruh pada jam biologis tubuh. Jika terjadi gangguan pada waktu-waktu itu, bisa memicu risiko kesehatan”. Penjelasan tersebut benar adanya karena banyak resiko penyakit yang bisa kita dapatkan jika pola makan kita yang tidak sehat dan teratur seperti obesitas, diabetes, hipertensi, penyakit jantung, dan penyakit maag. Pola makan yang sehat terdiri dari pilihan makanan yang seimbang dan terdiri dari berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.  Bagi mereka yang bisa menjaga pola makan dengan sehat dan teratur maka itu bisa mencegah penyakit-penyakit tersebut.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Karena banyaknya dampak yang terjadi jika kita tidak mengatur pola makan kita, maka dari itu penting bagi kita untuk mengatur pola makan. Salah satu penyakit yang dapat kita alami seperti penyakit maag. Oleh karena itu penyakit magh dapat berpengaruh terhadap kondisi lambung kita seperti kebung, mual, hingga nyeri pada ulu hati. Tidak hanya penyakit maag, banyak penyakit lain yang akan terjadi jika kita tidak memperhatikan pola makan kita.

            Apakah dengan pola makan yang sehat dan teratur kita dapat terhindar dari berbagai macam resiko penyakit? Lalu bagaimana cara agar kita bisa menerapkan pola makan yang baik?. Banyak cara untuk kita bisa menerapkan pola makan yang teratur. Pola makan yang kita lakukan seperti makan pagi, makan siang, makan malam. Makan pagi atau sarapan pagi membantu mengisi kembali gula darah dan memberi vitamin serta nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda pada hari itu, lalu makan siang adalah waktu untuk makan di tengah hari. Makanan yang biasa disantap untuk makan siang beragam.

            Jika kalian sudah menerapkan pola makan yang teratur untuk selanjutnya coba mulai untuk menerapkan pola makan sehat. pola makan sehat sangat penting karena dapat membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.Untuk menjaga pola makan sehat, ada beberapa hal yang dapat dilakukan, di antaranya:

  1. Sesuaikan asupan nutrisi dengan kebutuhan tubuh. Setiap orang memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda-beda, tergantung pada usia, jenis kelamin, aktivitas fisik, dan kondisi kesehatan. Agar pola makan sehat, pastikan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.
  2. Konsumsi makanan bergizi seimbang. Asupan makanan yang seimbang merupakan kunci untuk menjaga pola makan sehat. Konsumsilah makanan yang mengandung berbagai jenis nutrisi, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, bahan makanan nabati, dan protein hewani.
  3. Hindari makanan yang tinggi kalori dan tidak sehat. Makanan yang tinggi kalori, seperti makanan olahan, makanan cepat saji, dan makanan yang tinggi gula, dapat meningkatkan risiko obesitas dan penyakit kronis lainnya. Sebaiknya hindari makanan-makanan tersebut atau konsumsilah dengan sangat bijak.
  4. Jangan lupa minum air putih. Air putih merupakan sumber cairan yang penting untuk tubuh, terutama saat beraktivitas. Minum cukup air putih setiap hari dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan mempertahankan berat badan yang sehat.
  5. Gunakan porsi makan yang sesuai. Jangan lupa untuk memperhatikan porsi makanan yang dikonsumsi setiap hari. Mengonsumsi makanan dalam porsi yang tepat dapat membantu menjaga berat badan yang sehat dan mencegah obesitas.

Menjaga pola makan yang sehat dan teratur itu sangat penting bagi kita, memang terlihat seperti hal yang sepele akan tetapi efeknya bisa buruk untuk Kesehatan tubuh kita. Sudah banyak juga penelitian tentang efek buruk terhadap pola makan yang tidak sehat dan teratur. Banyak cara untuk kita menjaga pola makan yang sehat dan teratur. Dengan itu sangat mudah bagi kita untuk mendapatkan informasi tentang cara menjaga pola makan yang sehat dan teratur.

Ikuti tulisan menarik Rafif Femas Ervanto lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler