x

Dosen Universitas Pamulang Prodi Teknik Informatika Dan Perwakilan PKBM

Iklan

Leni Susanti

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 22 November 2021

Kamis, 22 Desember 2022 12:44 WIB

Edukasi pentingnya Menjaga Keamanan Data bagi Siswa; PKBM Geliat Bocah Kampung oleh Dosen Universitas Pamulang Prodi Teknik Informatika

Dosen Universitas Pamulang Menyelenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di PKBM Geliat Bocah Kampung Bertema Tentang “ Edukasi pentingnya menjaga Keamanan Data bagi siswa/ siswi PKBM Geliat Bocah Kampung”

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Dalam rangka melaksanakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, dosen Program studi Teknik  Informatika Universitas Pamulang pada tanggal 20 November 2022,  melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM)  yang bertempat di Perumahan Griya Asri ,Bakti Jaya Kecamatan Setu, Tangerang Selatan, Banten.

Data pribadi menjadi salah satu hal yang sangat penting dan perlu dijaga dengan baik. Terlebih pada era digital seperti saat ini, data pribadi bisa diakses dengan mudah dengan adanya internet dan sosial media, namun siapa sangka data pribadi bisa disalahgunakan dan bisa saja menimbulkan kerugian bagi pemiliknya. Pencurian data pribadi adalah hal yang paling sering terjadi, baik secara besar-besaran maupun dalam skala kecil sekalipun.Biasanya, hasil dari pencurian data pribadi ini akan dijual di dark web.Apapun motif pencurian data pribadi ini, tentunya akan memberikan dampak buruk untuk pemiliknya.

Sepenting apa data pribadi?

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Bapak Akrom, S.Kom, M.Kom memaparkan materi sebagai narasumber

Pemaparan oleh salah satu Dosen anggota Pengabdian kepada Masyarakat Akrom, masih banyak yang belum memahami pentingnya melindungi data pribadi. Selain itu, Akrom juga menjelaskan bahwa ada berbagai alasan mengapa kita perlu menjaga data pribadi. Pertama, perlindungan data pribadi dibutuhkan untuk menghindari ancaman pelecehan seksual, perundungan online, hingga Kekerasan Berbasis Gender Online (KBGO). Kedua, perlindungan data pribadi perlu dilakukan untuk mencegah oknum atau pihak tidak bertanggungjawab dan menghindari potensi pencemaran nama baik. Kemudian alasan terkhir adalah untuk memberikan hak kendali atas data pribadi kita.

Cara Menjaga Data Pribadi di Era Digital

Seperti yang dijelaskan Akrom, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga data pribadi agar tetap aman di era digital, diantaranya:

  • Menggunakan kata sandi sosial media yang sulit dan menggantinya secara berkala.
  • Menggunakan kata sandi berbeda untuk tiap akun sosial media agar ketika salah satu akun diretas, akun yang lain tidak mudah diretas juga.
  • Tidak menampilkan informasi pribadi di media sosial untuk menghindari penyalahgunaan data oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
  • Memerhatikan alamat URL dari lampiran email dan situs yang dikunjungi supaya tidak memasuki situs palsu yang ingin mencuri data pribadi.
  • Memerhatikan izin akses yang diminta aplikasi saat ingin menginstal aplikasi baru demi menghindari akses data yang tidak dibutuhkan dalam aplikasi tersebut.
  • Atur pengaturan privasi di akun sosial media yang kita gunakan untuk menentukan siapa saja yang dapat mengakses profil dan postingan kita.
  • Berhati-hati dengan tidak membagikan informasi probadi saat menggunakan koneksi publik karena rawan peretasan.

Selesai pemaparan materi, peserta diberikan kesempatan untuk bertanya atau menjawab pertanyaan dari narasumber dan kemudian memberikan hadiah bagi yang bertanya maupun yang menjawab pertanyaan, hal ini dilakukan agar para peserta dan anggota terjalin komunikasi yang efektif dan saling memberikan feedback. 

Kegiatan ini dilakukan oleh sejumlah dosen Universitas Pamulang prodi Teknik Informatika yang diketuai oleh Aniq Astofa, S.Kom., M.Kom. yang beranggotakan Akrom, S.Kom., M.Kom.dan Fingki Marwati, S.Kom, M.Kom.serta beberapa perwakilan mahasiswa diantaranya Nasywa Sakha, Rahma Assabilla, Salsabila Az Zahra, Wulan Dwi Yanti.

Pemberian Plakat sebagai ucapan terima kasih

Setelah serangkaian acara sudah dilakukan, kegiatan berikutnya adalah memberikan plakat atau kenang-kenangan kepada pihak PKBM Geliat Bocah Kampung, penerima kenang-kenangan diwakili oleh salah satu Pembina dari PKBM Geliat Bocah Kampung yaitu Bapak Kholik. "Saya sangat berterima kasih kepada para dosen dan mahasiswa Universitas Pamulang, telah memberikan edukasi kepada kami tentang cara membuat blogspot, fungsi dan manfaatnya. Harapan kami kedepannya kegiatan pengabdian seperti ini akan terus dilakukan, dan kami sangat welcome jika dari para dosen ingin melakukan kegiatan lagi disini dengan tema yang berbeda" ucap Bapak Kholik dalam sambutannya.

Ikuti tulisan menarik Leni Susanti lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu