x

Kegiatan Praktik Komputer di Masa New Normal.

Iklan

alyaa nf

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 Desember 2022

Minggu, 25 Desember 2022 08:43 WIB

Pengaruh Teknologi dalam Kehidupan

Pengaruh Teknologi dalam Kehidupan sehari-hari maupun dalam berbagai bidang

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Semakin berkembangnya jaman, teknologi pun semakin berkembang. Ada banyak sekali pengaruh teknologi dalam kehidupan sehari-hari, contohnya aplikasi Gojek. Hal ini sangat berguna bagi kehidupan karena memudahkan kita untuk mencari layanan tranportasi yang sudah tersedia. Ada juga pengiriman makanan secara online seperti gofood kita bisa memesan makanan yang kita mau dan membayarnya kemudian menunggu makanan sampai, ada jga berbelanja secara online dan bisa bayar melalui apa yang kita mau bisa ditransfer ataupun bayar ditempat.

Masi banyak pengaruh teknologi dalam kehidupan. Untuk pelajar, misalnya, sekarang kita bisa belajar dengan jarak jauh melalui media online. Sekarang siswa pun bisa dengan mudah mengakses materi karena banyak sekali referensi yang bisa dicari di internet. Semakin banyak juga fasilitas disekolah yang menggunakan teknologi seperti penggunaan layar infocus atau pengaabsenan bisa melalui handphone saja.

Kemudian karena semakin berkembangnya teknologi kita juga menggunakannya untuk mencari uang. Banyak sekali orang yang berjualan atau berbisnis secara online. Dari begitu banyaknya manfaat tinggal kita pintar memilihnya saja bagaimana teknologi itu digunakan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Bagaimana kita memilih apakah yang kita lakukan memberikan manfaat atau malah merugikan orang lain, selain itu kita juga harus lebih mengawasi penggunaan teknologi terhadap anak-anak di bawah umur agar tidak disalah gunakan karena semua yang ada pada teknologi sekarang tidak mengenal umur.

Orang tua seharusnya membekali anaknya cara menggunakan teknologi. Contohnya teknologi internet yang baik dan benar, dan membatasi apa saja yang bisa diakses anaknya sesuai dengan umurnya. Maklum, sekarang banyak sekali anak dibawah umur yang tidak tahu apa-apa kemudian bebas saja menggunkan jejaring sosial.

Selain itu dengan adanya kemajuan teknologi sekarang yang semakin canggih membuat manusia menjadi kebih malas melakukan sesuatu. Maka dari itu membatasi penggunaan teknologi juga sangat amat penting supaya kita tetap bisa hidip secara produktif.  Kita haris menggunakan teknologi itu sebaik mungkin agar tak merusak kehidupan manusia itu sendiri.

Tetapi masih belum banyak orang yang sadar akan hal itu, maka banyak sekali terjadi kasus orang yang akhirnya malas belajar, malas bekerja atau malas beraktifitas dan akhirnya hidupya menjadi berantakan karena tidak bisa menggunakan teknlogi secara baik, dan seharusnya hal ini ada pada kesadaran orangnya agar penggunaan teknlogi tidak berdampak buruk.

Adapun juga beberapa pengaruh teknologi dalam berbagai bidang seperti bidang kesehatan, bidang pendidikan, industri dan lainya.

1. Bidang Industri

Internet menjadi salah satu dampak dari perkembangan teknologi sebagai pintu untuk masuknya pengetahuan dari berbagai belahan dunia. Hal tersebut menjadikan proses perkembangan teknologi menjadi sangat cepat. Karena begitu pesatnya perkembangan teknologi yang berpengaruh pada bidang industri, adapun beberapa dampaknya :

a. Menghemat Waktu

   Pada zaman yang serba maju dan modern ini kita dapat mencari tempat tertentu dan bahkan menentukan tujuan secara tertentu. Teknologi yang digunakan untuk menemukan sebuah tempat atau lokasi yang disebut dengan Google Maps dengan memanfaatkan google maps memudahkan kita untuk mencari lokasi secara tepat meskipun belum pernah kita kunjungi. Hal ini tentunya akan menghemat waktu dang mengetahui berapa jarak kita untuk mencapai tempat yang dituju secara cepat dan tepat.

b. Menghemat Pengeluaran

Teknologi sekarang memudahkan proses bisnis menjadi lebih cepat dan lebih efisien, maka hal itu juga dapat menghemat biaya yang dikeluarkan oleh suatu perusahaann.

c. Digitalisasi Transaksi dan Administrasi Bank

     Perbankan juga mendapatkan pengaruh yang sangat cukup banyak oleh pesatnya perkembangan teknologi. Saat ini teknologi digunakan di setiap bank, dengan adanya transaksi online ataupun mesin ATM dapat mempermudah masyarakat dalam bertransaksi.

2. Bidang Pendidikan

Dunia pendidikan tidak terlepas dari berbagai upaya modernisasi. Hal ini dilakukan sebagai bentuk perubahan, agar dunia pendidikan bisa lebih maju. Salah satu yang bisa terlihat jelas, yaitu adanya dominasi teknologi di bidang pendidikan, adapun pengaruh teknlogi dalam pendidikan yaitu :

a. Memudahkan dalam Mendalami Materi Pelajaran

Dengan adanya kemajuan teknologi dalam bidang pendidikan sangat membantu dalam mendalami materi pelajaran yang bisa diakses secara bebas diinternet, hal ini memudahkan siswa dalam memahami materi yang sedang dipelajari.

b. Mengenalkan Siswa Pada Belajar Virtual

Jika sebelumnya, siswa hanya mengenal metode pembelajaran dengan metode tatap muka. Kini dengan adanya teknologi di bidang pendidikan ini, sistem pembelajaran secara online sudah mulai bisa diikuti oleh berbagai institusi pendidikan. 

c. Memberikan Akses untuk Mencari Informasi ke Sumbernya Langsung

Jika dulu, para siswa hanya mengenal materi pelajaran hingga informasi mengenai pendidikan hanya dari yang disampaikan oleh guru atau dari buku sekolah saja. Maka sekarang setelah teknologi mulai berkembang dalam bidang pendidikan ini, siswa bisa langsung mencari informasi sendiri ke sumbernya langsung dengan melalui jejaring internet.

d. Penggunaan Alat Pendukung Berbasis Teknologi

Pemanfaatan teknologi pada dunia pendidikan ini yaitu dengan digunakannya beberapa alat pendukung yang berbasis teknologi. Hal ini bisa dilakukan pada saat pembelajaran berlagsung,Misalnya penggunaan video, penjelasan mengenai materi pelajaran denagn menggunakan gambar/foto yang diambil dari laptop, maupun materi pelajaran yang diberikan dengan metode presentasi, yang dilakukan pada sebuah proyektor.

3. Bidang Kesehatan

Seiring dengan berkembangnya jaman, perkembangan teknologi pun semakin maju. Hampir diseluruh penjuru dunia menggunakan teknologi dalam kehidupanya. Kehadiran teknologi sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia. Kehadirannya membawa pengaruh yang sangat berarti dan mempermudah manusia dalam mengerjakan pekerjaan dan menjalani aktifitas kehidupannya. Salah satunya bagi bidang kesehatan, adapun beberapa peengaruh teknlogi pada bidang kesehatan adalah:

a. Pendaftaran Digital

Dahulu awalnya pendaftaran masih manual, hanya menggunakan kertas dan pulpen, hal tersebut mengakibatkan pelayanan kepada pasien agak lama dan membuat beberapa pasie mengantri. Namun sekarang hampir semua tempat pelayanan kesehetan menggunakan sistem komputerisasi karena efek dari perkembangan teknologi. Seperti saat masuk dalam ruang UGD. Pasien bisa saja hanya perlu memencet satu tombol untuk mendapatkan nomor antrean. Pelayanan kepada pasien lebih cepat dan efisien serta tidak membuang banyak waktu dan tenaga.

b. Pendataan Pasien Secara Digital

Teknlogi juga bisa digunakan untuk melakukan pengindekan dan pelaporan yang mana akan sangat mempermudah petugas, karena data-data sudah ada di komputer, berbeda dengan yang dahulu masih harus mengumpulkan berkas-berkas pasien dan mendata kembali.

c. Pengecekan Pasien Dengan Teknologi Terkini

Teknologi saat ini dengan menggunakan komputer kita bisa mencari informasi data dan merancang atau menyusun rancangan untuk alat-alat kedokteran sehingga akan dapat merubah atau meningkatkan kualitas peralatan medis . Semua informasi medis, termasuk yang dihasilkan dari tes laboratorium, dan monitor detak jantung, dapat ditransmisikan ke dokter lain dengan menggunakan format digital. 

Adapun itu beberapa Pengaruh Teknologi dalam Kehidupan dan berbagai bidang, ini hanya sebagian kecilnya saja masih banyak pengaruh lain teknologi yang kita rasakan

Ikuti tulisan menarik alyaa nf lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

13 jam lalu

Terpopuler