x

pencurian data digital

Iklan

Muhammad Dika

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 6 Januari 2023

Sabtu, 7 Januari 2023 06:43 WIB

Akuntansi dan Artificial Intelligence


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Salah satu perkembangan dalam dunia digital saat ini yang sedang hangat dibahas adalah AI. Apa itu AI? AI atau Artificial Intelligence atau bisa diartikan sebagai kecerdasan buatan adalah sebuah program yang digunakan dalam teknologi untuk memudahkan pengguna jejaring sosial dan internet. 

Sebagai salah satu sarana informasi terlengkap yang di gunakan dalam guna mencari informasi serta hal - hal baru, adanya AI akan menjadi gebrakan baru dalam dunia media sosial ini. Dalam bermasyarakat, adanya internet sudah menjadi bagian dalam sehari - hari. Sama halnya dengan Akuntansi, yang menjadi bagian dalam melengkapi kebutuhan serta dalam bermasyarakat. 

Menurut Rudianto (2009:4) "Akuntansi adalah sistem informasi yang menghasilkan informasi keuangan kepada pihak -- pihak yang berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi suatu perusahaan" 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Informasi mengenaik keuangan seseorang atau sebuah perusahaan dapat diketahui dengan mempelajari lebih dalam serta lebih lanjut. Dengan mempelajari Akuntansi, kita dapat mengetahui kebutuhan serta apa saja yang diperlukan dalam kehidupan sehari - hari.

Jika dalam kehidupan bermasyarakat, proses menghitung maupun mengetahui anggaran serta biaya dapat dilakukan secara sederhana. Berbeda dengan masyarakat biasa, ada orang yang ahli dalam pengerjaan dan penyusunan dokumen akuntansi yang bahkan di jadikan sebagai pekerjaan utama. Akuntan, adalah seseorang yang bekerja sebagai pihak yang memberikan informasi, mengarahkan serta memberikan solusi terkait proses pengerjaan dalam sistem akuntansi.

Seorang akuntan sudah pasti biasa mengerjakan berkas maupun dokumen akuntansi yang selalu menumpuk maupun belum diselesaikan dalam sebuah perusahaan. Bayangkan saja, berapa banyak pendapatan yang diterima seorang akuntan jika keuangan sebuah perusahaan saja di berikan secara totalitas kepada sang Akuntan.

Lalu, apa hubungannya antara AI dan Akuntansi? Seperti yang diketahui, zaman semakin maju serta berkembang. Banyaknya teknologi canggih serta inovasi baru bermunculan tiada henti. segala urusan yang sulit menjadi mudah dengan adanya kemajuan zaman. Hal ini berlaku bagi kamu yang ingin ahli dalam proses Akuntansi. 

Sudah menjadi wacana besar bahwa AI akan menjadi alat pengganti dalam proses pengerjaan di bidang teknologi. Sedangkan, dalam proses hitung dan berhitung sudah ada teknologi kalkulator. AI akan membantu masyarakat yang tidak mengerti Akuntansi jadi dapat memahami dengan mudah. Apa yang akan terjadi dengan para Akuntan? Hal ini masih menjadi bahan pertimbangan, apakah hal ini benar adanya, AI akan menjadi pengganti dari manusia.

 

Muhammad Try Andika

Universitas Pembangunan Jaya

Prodi Manajemen

Ikuti tulisan menarik Muhammad Dika lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler