Nggak Biasa? Merry Riana Main Lato-Lato Begini? - Humaniora - www.indonesiana.id
x

Merry Riana Lato Lato

Cia Ciara

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 27 Oktober 2022

Kamis, 19 Januari 2023 06:53 WIB

  • Humaniora
  • Topik Utama
  • Nggak Biasa? Merry Riana Main Lato-Lato Begini?

    Lato lato kini sedang banyak dimainkan oleh masarakat, salah satunya Merry Riana.

    Dibaca : 260 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Lato-lato merupakan salah satu permainan tradisional Indonesia. Dikenal sejak jaman 90an, lato-lato biasa dimainkan oleh anak-anak  yang tinggal di kawasan pedesaan. Namun tahukah kamu bahwa lato-lato bukanlah permainan dari Indonesia?

    Lato-lato pertama kali muncul pada tahun 1960-an, kemudian populer pada tahun 1970-an di Amerika dan diberi nama clankers

    Lato-lato merupakan permainan dengan dua buah bandulan berat yang terbuat dari plastik atau pun kayu kemudian digantung pada sebuah tali yang disambung pada ujung bandulan tersebut. Memainkan lato-lato cukup sederhana, tinggal mengayunkan ke atas dan ke bawah hingga kedua saling membentur dan membunyikan suara.

    Tidak hanya masyarakat umum, para public figure pun banyak yang mengikuti trend permainan lato-lato ini. Sebut saja Presiden Joko Widodo, Gubernur Ridwan Kamil, Menteri Sandiaga Uno, Atta Halilintar, Amanda Manopo, Merry Riana dan lain-lain.

    Namun ada yang berbeda dari lato-lato yang dimainkan Merry Riana. Meskipun mengaku baru saja memainkan permainan lato-lato, namun Merry Riana asik membuat sebuah kata kata inspirasi dalam permainannya tersebut.

    Merry Riana menjelaskan bahwa bola lato-lato bisa bertahan lama bila keduanya sejajar dan seimbang. Dan akan semakin bertahan lama bila talinya tidak terpelintir.

    Merry Riana juga mengatakan, "Maka tidak semua benturan itu akan membawa kita pada kehancuran. Kadang di tangan yang tepat, setiap benturan akan membuat kita melambung ke atas."

    "Terbentur terbentuk terbentur barulah nanti akan terbentuk," tutur Merry Riana.

    Di dalam kepsyennya Merry Riana juga menuliskan bahwa, "Tidak semua benturan itu membawa kehancuran, kadang di tangan orang yang tepat, setiap benturan bisa membawa kita melambung ke atas."

    Jika diartikan dengan permainan lato-lato, hidup layaknya permainan ini. Kamu mungkin sedang banyak benturan yang terkadang terasa sangat menyakitkan. Tetapi kamu harus ingat, seberapa banyakpun benturan yang terjadi, maka pada akhirnya akan ada perubahan yang akan membuat kamu menjadi lebih kuat.

     

    Ikuti tulisan menarik Cia Ciara lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.