Gerakan UI Mengajar 12 Melaksanakan Kelas Informal Pendidikan Diri x Tubuh Sehat Ceria - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

SDN 1 Joho berfoto bersama setelah melakukan senam dan menyikat gigi di lapangan

UI Mengajar

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 27 Desember 2022

Kamis, 19 Januari 2023 11:44 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Gerakan UI Mengajar 12 Melaksanakan Kelas Informal Pendidikan Diri x Tubuh Sehat Ceria

    SDN 1 Joho telah melaksanakan kelas informal bertajuk norma kesopanan dan kesehatan tubuh yang bernama Kelas Informal Pendidikan Diri x Tubuh Sehat Ceria

    Dibaca : 225 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Pace, 14 Januari 2023 — Pada hari Sabtu, 14 Januari 2023 Gerakan UI Mengajar mengadakan kelas informal pertama yang bertema Kelas Pendidikan Diri dan Kelas Tubuh Sehat Ceria. Kelas Pendidikan Diri merupakan kelas informal yang bertujuan untuk mengenalkan norma-norma kesopanan pada anak; seperti mengenalkan kata terima kasih, permisi, tolong, dan maaf. Kemudian juga mengenalkan pada anak tentang privasi tubuh, atau bagian tubuh mana yang tidak boleh disentuh orang lain. Terakhir, mengenalkan 4 macam emosi, yaitu marah, senang, sedih, dan takut. Sementara itu, Kelas Tubuh Sehat Ceria bertujuan untuk mengenalkan pada anak tentang kesehatan tubuh; seperti mencuci tangan, menyikat gigi, dan mengenalkan makanan bergizi pada anak.

    Di titik aksi Pace, kelas informal ini diikuti oleh semua kelas dari kelas 1 sampai kelas 6 di SDN 1 Joho. Kegiatan ini diawali dengan pembukaan acara di lapangan dan senam poco-poco. Acara dilanjutkan dengan kegiatan edukasi sikat gigi dan sikat gigi bersama di lapangan. Setelah itu, siswa diminta untuk kembali ke kelasnya masing-masing untuk mengunjungi pos-pos yang sudah dibuat.

    Pos pertama merupakan pos kebersihan diri yang membahas tentang pengetahuan kebersihan tangan, cara mencuci tangan, pengetahuan kebersihan gigi, dan cara menyikat gigi. Pos kedua merupakan pos makanan bergizi, pos ini mengajarkan porsi makan yang harus dimakan dengan konsep isi piringku sesuai arahan Direktorat P2PTM. Setelah itu, siswa mengisi gambar piring dengan stiker makanan pokok, lauk pauk, sayur, dan buah-buahan.

    Pos ketiga merupakan pos tiga kata ajaib yang mempelajari tentang kata terima kasih, maaf, dan tolong. Pada pos ini, siswa menonton cuplikan video yang mengandung ketiga kata ajaib kemudian perwakilan dari anak diminta untuk mempraktikkan situasi salah satu cuplikan tersebut. Pos keempat merupakan pos mengenali dan menjaga tubuh. Pos ini memperkenalkan lagu tentang bagian tubuh yang boleh disentuh dan tidak disentuh, membagikan kertas bergambar tubuh manusia, dan mempersilakan siswa untuk menempelkan stiker berwarna hijau di bagian tubuh yang boleh disentuh dan stiker berwarna merah di bagian tubuh yang tidak boleh disentuh.

    Pos kelima atau pos terakhir merupakan pos mengenali emosi. Pos ini memberikan edukasi pada siswa tentang manajemen emosi menggunakan alat peraga. Kemudian, siswa akan mendapatkan kertas bergambar emoji dari berbagai emosi yang selanjutnya diwarnai oleh siswa. Setelah siswa mengitari semua pos, acara ditutup dengan memakan bekal yang dibawa oleh masing-masing siswa.

    Staf Departemen Sosial Masyarakat BEM UI 2022 sekaligus penaggung jawab Kelas Tubuh Sehat Ceria, Raafi Putri Ramadhani Salamah, mengutarakan bahwa edukasi dini akan berdampak pada masa depan seseorang, "Cikal bakal seorang pemuda dapat dibentuk sedari dini dengan menerapkan hidup sehat dan pendidikan moral yang baik.

    Dengan meningkatkan kepedulian atas kesehatan dan kesadaran mengenali emosi diri sendiri, diharapkan dapat membentuk pribadi yang bermanfaat dan menerapkan pola hidup yang baik dan sehat." Maka dari itu, Kelas Pedidikan Diri dan Kelas Tubuh Sehat Ceria hadir sebagai salah satu kelas informal yang dilaksanakan Gerakan UI Mengajar 12 sebagai media pembelajaran anak non-akademik.

    Ikuti tulisan menarik UI Mengajar lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.