Bahaya Gadget bagi Kesehatan Mata - Analisis - www.indonesiana.id
x

Mulai bisnis online dengan menggunakan gadget handphone dan memasarkannya via social media yang biasa digunakan sehari-hari.

Tafhajils Iqnesdha

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 25 Januari 2023

Rabu, 25 Januari 2023 21:21 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Bahaya Gadget bagi Kesehatan Mata

    Artikel ini membahas tentang dampak buruk gadget bagi kesehatan mata yang perlu kalian hindari agar tidak merusak kesehatan mata kalian, maka disini akan menjelaskan beberapa antisipasi dari dampak buruk gadget

    Dibaca : 117 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Gadget atau perangkat elektronik seperti ponsel pintar, kamera, komputer, tablet, dan televisi kini menjadi bagian hidup yang tidak bisa dilepaskan. Namun, penggunaan gadget yang berlebihan dapat menimbulkan masalah kesehatan mata.

    Bahaya Gadget Terhadap Kesehatan Mata

    Salah satu masalah yang sering dialami adalah eye strain atau kelelahan mata. Hal ini terjadi karena penglihatan yang terus menerus fokus pada layar gadget selama periode waktu yang lama. Gejala yang muncul seperti mata kering, perih, dan sakit kepala.

    Gratis Iphone 6, Earpods Dan Macbook Pada Fotografi Flat Lay Foto Stok

    Selain itu, penggunaan gadget juga dapat menyebabkan ketergantungan pada cahaya yang berlebihan. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada retina mata, yang dapat menyebabkan masalah penglihatan seperti rabun jauh dan dekat.

    Secara umum, perlu diingat bahwa gadget merupakan alat bantu yang sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari. Namun, penggunaannya harus dikontrol dan dilakukan dengan bijak agar tidak menimbulkan masalah kesehatan mata yang serius.

    Selain masalah yang telah disebutkan di atas, penggunaan gadget yang berlebihan juga dapat menyebabkan masalah kesehatan mata lainnya seperti myopia atau rabun dekat. Myopia terjadi karena otot-otot mata yang terlalu tegang dan terus-menerus fokus pada layar gadget dalam jangka waktu yang lama. Hal ini menyebabkan pembesaran mata dan menyebabkan masalah penglihatan jangka pendek.

    Penggunaan gadget juga dapat menyebabkan insomnia atau susah tidur. Hal ini terjadi karena cahaya yang dihasilkan oleh layar gadget dapat menyebabkan peningkatan produksi hormon melatonin dan menyebabkan kesulitan tidur.

    Antisipasi Menjaga Kesehatan Mata dari Penggunaan Gadget

    Untuk mengurangi risiko masalah kesehatan mata yang disebabkan oleh gadget, beberapa hal yang dapat dilakukan antara lain:

    Gratis Maskara Hitam Wanita Foto Stok

    • Menjauhkan gadget dari mata sebelum tidur dan menghindari penggunaan gadget dalam jangka waktu yang lama sebelum tidur.
    • Menggunakan tingkatan warna yang lebih gelap pada layar gadget.
    • Menghindari penggunaan gadget di tempat yang gelap.
    • Menjaga pola tidur yang teratur dan mengambil waktu istirahat yang cukup.

    Untuk menghindari masalah serta menjaga kesehatan mata yang disebabkan oleh gadget, ada beberapa hal yang dapat dilakukan, antara lain:

    • Menjauhkan gadget dari mata selama 20 menit setiap 2 jam.
    • Menyesuaikan tingkat kecerahan layar sesuai dengan kondisi cahaya di sekitar.
    • Menggunakan kacamata anti radiasi untuk melindungi mata dari sinar biru yang dihasilkan oleh layar gadget.
    • Menjaga jarak pandang yang cukup jauh antara mata dan layar gadget.

    Sebagai kesimpulan, penggunaan gadget yang berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan mata yang serius. Oleh karena itu, perlu diingat untuk mengontrol dan mengatur waktu penggunaan gadget agar tetap dalam batas normal dan tidak menimbulkan masalah kesehatan yang serius. Jangan lupa untuk istirahat dan berjalan-jalan sesekali untuk meregangkan mata dan tubuh.

    Ikuti tulisan menarik Tafhajils Iqnesdha lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.