x

6 Fitur Penting Microsoft Word untuk Memudahkan Pekerjaan

Iklan

Sulaiman nur Rahman

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 Mei 2020

Jumat, 27 Januari 2023 17:23 WIB

6 Fitur Penting Microsoft Word untuk Memudahkan Pekerjaan

Terdapat beragam fitur di dalam Microsoft Word yang dapat digunakan untuk membuat tampilan dokumen menjadi lebih kompleks. Berikut ini 6 Fitur Penting Microsoft Word untuk Memudahkan Pekerjaan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Terdapat beragam fitur di dalam Microsoft Word yang dapat digunakan untuk membuat tampilan dokumen menjadi lebih kompleks. Dengan menggunakan beberapa jenis fitur ini, tampilan dokumen yang dihasilkan bisa lebih terlihat variatif dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing pengguna. Untuk itu, setiap pengguna wajib mengetahui apa saja fitur penting yang tersedia di dalam aplikasi ini.

6 Fitur Penting dalam Microsoft Word

Microsoftword biasa disebut juga dengan nama Ms.Word. Aplikasi ini sering digunakan untuk membuat dokumen, tulisan, karya ilmiah, maupun jenis-jenis tulisan seperti ini lainnya. Pengguna aplikasi ini tidak hanya berasal dari kalangan pelajar saja, tapi ada banyak juga ahli-ahli profesional yang sering menggunakannya.

Ms.Word memiliki beragam jenis fitur penting yang dapat memudahkan penggunanya dalam membuat dokumen yang sesuai dengan kebutuhannya. Untuk mengetahui apa saja fitur penting yang tersedia di dalam aplikasi ini, berikut kami sampaikan daftar lengkapnya:

1.      Quick Style

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pada dasarnya, quick style adalah fitur yang bisa digunakan untuk menyimpan style tulisan yang sering dipakai ketika membuat dokumen tertentu. Untuk menghemat waktu ketika membuat dokumen, kamu bisa menyimpan style tulisan yang sudah diatur tersebut ke fitur ini. Untuk menggunakan kembali style tulisan itu ke dokumen yang baru, klik menu “Styles” yang ada pada menu “Home”.

2.      Replace

Untuk fitur yang satu ini bisa berguna untuk mengganti beberapa kata yang salah. Dengan adanya fitur replace seperti ini, para pengguna Ms.Word dapat lebih mudah untuk memperbaiki kata-kata yang dianggap salah. Nantinya, para pengguna aplikasi ini bisa mengaktifkan fitur replace melalui menu “Replace” yang ada pada opsi “Home”.

3.      View Side by Side

Fitur view side by side dapat memberikan kesempatan kepada para pengguna Ms.Word untuk membuka dua dokumen dalam waktu yang bersamaan. Biasanya, fitur ini akan digunakan ketika salah satu pengguna ada yang ingin membandingkan dua dokumen dengan isi yang berbeda. Dengan begitu, proses perbandingan ini bisa berlangsung secara lebih mudah dan cepat.

4.      Translate Tool

Fitur ini sudah tersedia pada Ms.Word 2010, sehingga para pengguna aplikasi dalam versi tersebut tidak perlu memperbarui aplikasinya terlebih dahulu. Untuk bisa menerjemahkan seluruh dokumen secara mudah. Cara translate di word juga sangat mudah silakan untuk blok farsa atau kalimat di dalam dokumen tersebut dan pilih menu “Translate”. Kemudian pilih salah satu bahasa yang sesuai kebutuhan, dan fitur ini akan bekerja secara otomatis.

5.      Equation Toolbar

Tak jarang dari beberapa pengguna aplikasi ini yang menggunakan fitur equation toolbar untuk menuliskan rumus maupun menyelesaikan pekerjaan hitungan. Sebab, fungsi utama dari fitur ini sendiri adalah untuk membantu para pengguna dalam menyelesaikan soal-soal perhitungan yang cukup rumit. Jadi, keberadaan fitur ini sangat membantu banyak pengguna.

6.      Inspect Document

Keamanan dan privasi dari dokumen penting harus dijaga dengan baik. Dalam hal ini, para pengguna Microsoft word bisa menggunakan fitur inspect document yang ada di dalamnya. Fitur ini dapat berguna untuk mengamankan beberapa bagian tertentu yang ada di dalam dokumen. Dengan begitu, keamanan dan privasi dari dokumen tersebut bisa lebih terjaga dengan baik.

Itu adalah 6 fitur penting di dalam Microsoft Word yang sering digunakan oleh para penggunanya. Beberapa fitur tersebut memiliki fungsinya masing-masing, sehingga kamu bisa menggunakannya sesuai dengan fungsinya tersebut. Proses penulisan dokumen melalui aplikasi ini bisa berlangsung secara lebih cepat dengan menggunakan fitur-fitur tersebut.

Ikuti tulisan menarik Sulaiman nur Rahman lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler