x

Gambar oleh \x3ca href\x3d\x22https://pixabay.com/id/users/pexels-2286921/?utm_source\x3dlink-attribution\x26amp;utm_medium\x3dreferral\x26amp;utm_campaign\x3dimage\x26amp;utm_content\x3d1867751\x22\x3ePexels\x3c/a\x3e dari \x3ca href\x3d\x22https://pixabay.com/id//?utm_source\x3dlink-attribution\x26amp;utm_medium\x3dreferral\x26amp;utm_campaign\x3dimage\x26amp;utm_content\x3d1867751\x22\x3ePixabay\x3c/a\x3e

Iklan

03_Anisah Purwaningsih_XII AKL 1

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 5 Februari 2023

Minggu, 5 Februari 2023 19:17 WIB

Generasi Muda Indonesia Bijak Berkomunikasi di Media Sosial

BIJAK DALAM BERKOMUNIKASI DI MEDIA SOSIAL BAGI GENERASI MUDA DI INDONESIA

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

BIJAK DALAM BERKOMUNIKASI DI MEDIA SOSIAL

BAGI GENERASI MUDA DI INDONESIA 

Perkembangan dunia digital dan media sosial yang semakin canggih membuat kita harus pandai dalam berselancar di dunia maya. Oleh sebab itu, kita memerlukan pendidikan berkomunikasi dalam media sosial bagi generasi muda. Hal ini digunakan untuk menghindari kejahatan atau pelanggaran hukum dalam dunia maya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pelaku dan Pemerhati Media Sosial berpendapat bahwa "Kita antisipasi ke depannya akan makin banyak pengguna social media dan internet, di mana paling banyak penggunanya anak muda. Oleh karena itu, perlu adanya pendidikan berkomunikasi di dunia maya," 

Menurut saya, kasus-kasus seperti penculikan karena berkenalan di jejaring media sosial seperti yang terjadi beberapa waktu lalu, dapat dicegah dengan adanya pelajaran formal sejak dini, mengenai keamanan dan cara berkomunikasi yang baik di dunia maya.

Generasi muda seperti sekarang ini banyak yang menyalahgunakan media sosial dalam membuka diri melalui situs online, foto bahkan video tentang dirinya, memamerkan tubuhnya demi mendapat kan uang di sisi lain di salah gunakan sebagai alat penyebaran hoax yang sudah terjadi dimana mana, media sosial digunakan sebagai alat penipuan juga contohnya membeli barang di online seperti Iphone dijual dengan harga murah tetapi kenyataannya yang dijual bukan Iphone, dan digunakan sebagai alat aktivitas seks berupa berhubungan intim, melakukan panggilan video (video call), mengirim foto tanpa pakaian kepada para pelanggan atau pengguna jasa mereka dan selain itu juga media sosial bisa menyebabkan aksi kejahatan lainnya seperti saat ini, sudah sering ditemukan kasus penculikan, penganiayaan, pemerkosaan, perampokan, pemaksaan dan perundungan (pembullyan). 

Di kota-kota besar di Indonesia, sejak tingkat sekolah dasar (SD) memang sudah mulai diperkenalkan pendidikan IT. Namun, saya menilai pendidikan ini tidak cukup untuk anak-anak. "Sekarang yang dibutuhkan bukan hanya IT, namun juga bagaimana berkomunikasi di dunia digital, antara lain soal pengetahuan mengenai privasi. Jangan membagikan foto pribadi dan alamat pribadi di dunia maya, apalagi oleh pengguna anak sejak di bawah umur,"  

Nisa berujar, saat ini dunia maya sangat berpengaruh di kehidupan sehari-hari. Sehingga menurutnya, perlu menjadi pelajaran wajib sejak anak-anak, bagaimana mengenal cara-cara menjaga diri di dunia maya.

"Pendidikan ini bukan hanya untuk menghindari bahaya, tetapi juga untuk bagaimana berkomunikasi yang baik di dunia maya. Misalnya mengirim SMS yang baik ke guru," 

 

Ikuti tulisan menarik 03_Anisah Purwaningsih_XII AKL 1 lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler