x

Sejumlah perwira militer Iran berfoto di depan pesawat jet tempur yang sedang terparkir di pangkalan militer bawah tanah Iran (sumber: AFP)

Iklan

Teguh V. Andrew

Pengabar Berita Internasional. Dikurasi dan ditulis oleh Jurnalis Warga Teguh V. Andrew
Bergabung Sejak: 22 September 2022

Rabu, 8 Februari 2023 15:32 WIB

Halau Serangan Amerika Serikat, Iran Bangun Pangkalan Militer Bawah Tanah

Tentara Iran pada Selasa (7/2)mengungkapkan ke publik pangkalan militer bawah tanah pertama untuk jet-jet tempur. Sebuah media lokal Iran mengklaim, pangkalan ini dirancang untuk menahan serangan yang berpotensi dilancarkan oleh Amerika Serikat melalui bom-bom penghancur bunker.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pangkalan bawah tanah bernama Oghab 44—yang berarti Elang dalam Bahasa Persia— memiliki kemampuan untuk mengakomodasi semua jenis jet tempur dan pembom, di samping pesawat nirawak (drone), seperti dilaporkan kantor berita Iran, IRNA yang juga merilis foto dan video dari dalam pangkalan bawah tanah itu.

 

Lokasi pangkalan militer bawah tanah itu tidak diungkap. Namun menurut IRNA, lokasi pangkalan militer itu berada ratusan meter di bawah gunung-gunung sehingga mampu menahan serangan bom dari Amerika Serikat.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Pada Mei tahun lalu, tentara Iran juga mengungkapkan ke publik pangkalan Angkatan udara untuk pesawat nirawak (drone). Pangkalan ini berada di Kawasan pegunungan Zagros yang berada di sebelah Barat Iran.  

 

Pengungkapan ke publik pangkalan bawah tanah pertama ini sendiri dilakukan satu hari sebelum peringatan Hari Angkatan Udara. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari peringatan 44 tahun Revolusi Iran 1979 yang digelar Sabtu mendatang.

 

Kantor Berita IRNA pada Selasa (7/2) mempublikasikan foto dua petinggi militer Iran , Mayor Jenderal Mohammad Bagheri dan Mayor Jenderal Abdolrahim Mousavi yang sedang berada di pangkalan militer bawah tanah itu.

 

Media serupa juga menyebut Oghab 44  ini hanya merupakan salah satu pangkalan militer dari beberapa fasilitas militer yang dibangun di beberapa wilayah dalam beberapa tahun terakhir. Pembangunan fasilitas-fasilitas militer ini bertujuan untuk melakukan serangan balik terhadap serangan-serangan yang mungkin terjadi, seperti potensi serangan dari Amerika Serikat dan Israel.

 

Militer Iran sendiri memiliki sejumlah jet tempur. Sebagian besar adalah MiG dan Sukhoi buatan Russia yang berasal dari era Soviet. Selain itu terdapat jet tempur buatan China F-7 dan beberapa jet tempur buatan Amerika Serikat, seperti F-4 dan F-5. (TvA/AFP/RFI)

 

Ikuti tulisan menarik Teguh V. Andrew lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler