x

Gambar konsep buatan seniman terhadap kapal selam nuklir kelas Dreadnought (sumber foto : Kementerian Pertahanan Inggris)\xd

Iklan

Teguh V. Andrew

Pengabar Berita Internasional. Dikurasi dan ditulis oleh Jurnalis Warga Teguh V. Andrew
Bergabung Sejak: 22 September 2022

Sabtu, 11 Februari 2023 17:57 WIB

Dalih Menjaga Keamanan Nasional, Inggris Mulai Pembuatan Kapal Selam Nuklir Baru

Inggris telah memulai pembuatan kapal selam bersenjata misil balistik ketiga bernama Dreadnought di perusahaan produsen kapal selam BAE System yang berbasis di Barrow-in-Furness, Cumbria, Inggris. Upacara pemotongan baja yang dihelat pada Kamis (9/2) menandai tonggak penting dalam program kapal selam nuklir

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kementerian Pertahanan Inggris menjelaskan pembangunan kapal perang penerus HMS Warspite ini adalah proyek paling kompleks yang pernah dikerjakan negara itu. Proyek ini juga akan menyediakan lapangan pekerjaan bagi 13.500 orang di Barat Laut Inggris.

 

“Tonggak ini adalah sebuah Langkah maju yang penting bagi program Dreadnought, yang mendukung  ribuan pekerja profesional dan magang di seluruh Inggris serta melindungi negeri ini dan para sekutunya selama dekade-dekade mendatang, kata Menteri Negara untuk Pengadaan Alat Pertahanan, Ales Chalk.   

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Kelas Dreadnought pada Angkatan Laut Inggris  terdiri atas empat kapal selam nuklir, yang terdiri atas Dreadnought, Valiant, Warspite, dan King George VI. Kelas Dreadnought akan menggantikan armada kelas Vanguard yang terdiri atas empat kapal selam dengan spesifikasi sebagai penangkal nuklir strategis bagi Inggris.

 

Keempat kapal selam di kelas Dreadnought akan memiliki panjang 153,6 meter (504 kaki) dan 26,4 mil (42,4 km) pipa pendukung kapal selam (pipework). Keempat kapal selam ini akan mulai digunakan pada awal 2030-an untuk melindungi kepentingan-kepentingan vital Inggris dan para sekutunya.

 

“Penangkal nuklir negara kami melindungi setiap warga negara Inggris dari segala macam ancaman ekstrem, setiap menit dan setiap hari. Pengerjaan proyek Dreadnought ini juga sangat penting untuk menjaga keamanan nasional kita (Inggris)” , pungkas Chalk. (TvA/sumber: thedefensepost)

Ikuti tulisan menarik Teguh V. Andrew lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler